MAR 6, 2019

5 Tips Menikmati Liburan di Bali saat Nyepi, Sudah Tahu Semua?

Apa saja hal yang perlu dilakukan wisatawan saat berlibur ke Bali pada Hari Raya Nyepi? Temukan jawabannya dalam paparan artikel di bawah ya bro!


Pemeluk agama Hindu akan merayakan Hari Raya Nyepi pada hari Kamis besok, tepatnya pada tanggal 7 Maret 2019.  Jika berniat mengunjungi Bali saat Nyepi, lo baiknya mengenal sejumlah aturan penting agar tidak menganggu kenyamanan umat Hindu yang tengah beribadah. Setuju ‘kan bro?

Perayaan Nyepi diketahui berlangsung selama 24 jam yang dimulai dari pukul 06.00 Wita. Kala itu, ada empat pantangan yang harus ditaati umat Hindu. Empat aturan tersebut adalah amati lelungan (tidak bepergian), amati lelanguan (tidak bersenang-senang), amati karya (tidak bekerja), dan amati geni (tidak menyalakan api).

Apa saja hal yang perlu dilakukan wisatawan ketika berlibur ke Bali pada Hari Raya Nyepi? Berikut adalah 5 tips menikmati liburan di Pulau Dewata saat Nyepi. Silakan disimak ya bro!

1. Hanya Mengaktifkan Lampu Kamar Hotel

Ada sejumlah aturan yang perlu ditaati setiap hotel ketika Hari Raya Nyepi tiba, salah satunya berkaitan dengan lampu. Untuk menghormati perayaan Nyepi, pihak hotel harus mematikan seluruh lampu di bagian luar. Tujuannya agar tak ada sedikitpun cahaya yang keluar.

Hal ini juga berlaku untuk setiap lampu balkon yang ada di hotel. Jika lo merupakan salah satu pengunjung hotel, padamkan lampu balkon yang ada dalam kamar mereka. Dengan begitu, lo takkan menganggu perayaan Nyepi di sana.

Apabila tetap ingin menyalakan lampu di kamar, lo perlu menutup jendela dengan tirai serapat mungkin. Pastikan tidak ada cahaya yang keluar dari kamar lo selama perayaan nyepi berlangsung. Jangan lupa menerapkan tips ini ya bro!

2. Berdiam Diri di Penginapan serta Tak Buat Kericuhan

Pada saat perayaan Nyepi, setiap orang dilarang untuk berlalu-lalang di luar rumah. Turis dan wisatawan juga tak diperkenankan beraktivitas di luar penginapan. Pokoknya, lo wajib menjaga ketenangan saat mengunjungi Bali pada Hari Raya Nyepi.

Banyak wisatawan mungkin mudah merasa bosan ketika berdiam diri di kamar hotel. Untuk membunuh rasa bosan, lo bisa menjajal beragam fasilitas hotel atau mengitari area hotel. Contoh aktivitas menarik yang bisa dicoba wisatawan di hotel adalah berenang, menjajal kelas yoga, dan jogging.

Apabila tak ingin ke mana-mana, wisatawan bisa meluangkan waktu bersantai di kamar hotel. Meski begitu, lo tetap harus mengatur volume suara agar tidak terdengar bising hingga ke luar. Aturlah suara televisi agar tidak mengganggu ketenangan lingkungan sekitar. Oke, bro?

3. Mencari Pertolongan kepada Petugas Hotel Bila Sakit

Wisatawan bisa saja mengalami sakit ketika berlibur ke Bali, terutama pada perayaan Nyepi. Jika hal itu terjadi, tetaplah bersikap tenang dan langsung hubungi petugas hotel. Mereka nantinya mencarikan ambulan yang bakal mengantarkan lo ke rumah sakit terdekat.

Pada Hari Raya Nyepi, setiap kendaraan diketahui tak diperbolehkan berlalu-lalang di jalan. Meski begitu, aturan ini tak berlaku bagi satu jenis kendaraan, yakni ambulan. Pasalnya, kendaraan tersebut akan dibutuhkan jika situasi darurat terjadi.

Sesampainya di rumah sakit, lo bisa berkonsultasi ke dokter mengenai sakit serta keluhan yang terasa di tubuh. Simaklah saran yang dianjurkan para dokter demi kesembuhan diri lo. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi obat jika diperlukan.

4. Menunjukkan Sikap Sopan selama Rangkaian Upacara Adat Berlangsung

Sebelum Hari Nyepi, masyarakat Bali biasanya mengadakan rangkaian upacara adat. Saat upacara tersebut berlangsung, wisatawan baiknya menjaga sikap dan bertingkah sopan di hadapan masyarakat. Tunjukkanlah rasa hormat kepada mereka dengan tidak berperilaku aneh saat upacara adat tersebut digelar.

Ada banyak cara untuk menunjukkan sikap hormat kepada warga lokal selama upacara ini berlangsung. Contohnya seperti tidak berjalan di depan rombongan umat. Lo juga bisa menghargai upacara adat dengan tidak melangkahi sesajen yang baru saja diberikan.

Jika mengunjungi Bali saat Nyepi, wisatawan dianjurkan tak lupa menghormati tradisi warga lokal. Upayakan aktivitas liburan lo tidak menganggu kenyamanan penduduk yang tengah menjalani tradisi secara khidmat. Jadi, tetap hargai tradisi liburan mereka ya bro!

5. Membawa Makanan dan Bekal Lain Sebelum Nyepi

Salah satu hal penting yang perlu disiapkan wisatawan sebelum Hari Raya Nyepi adalah makanan. Ketika Nyepi, lo bakal kesulitan mencari makanan karena semua toko dipastikan tutup. Jadi, persiapkan banyak makanan sebelum hari Nyepi tiba ya bro.

Menjelang hari Nyepi, wisatawan dianjurkan membawa makanan dan bekal sebanyak-banyaknya. Upayakan makanan tersebut cukup untuk persediaan pagi, siang, dan malam hari. Jangan lupa juga menyiapkan obat-obatan untuk berjaga-jaga jika terjadi situasi tak terduga.

Demikian 5 tips menikmati masa liburan di Bali ketika Hari Raya Nyepi tiba. Semoga informasi ini bisa menjadi panduan bermanfaat buat wisatawan yang tengah berlibur ke Bali saat Nyepi. Selamat menikmati masa liburan di sana ya bro!

Source

Feature Image - khalifahdemo.makassar.store


Please login to comment
3 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
March 13, 2019 at 3:00 PM

Menghargai sesama


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 17, 2019 at 10:17 PM

Menghargai sesama itu wajib


Dyastantya Ekmawanto
March 19, 2019 at 6:21 PM

Siap logistik dan tetap harus menghargai adat