MAR 10, 2019

5 Jenis Burung yang Patut Diwaspadai Wisatawan Selama Traveling

Meski sering terlihat ramah dan tak berbahaya, sejumlah burung diketahui mampu membahayakan manusia di sekitarnya. Apa sajakah burung yang masuk dalam kategori berbahaya? Cek jawabannya di bawah ya bro!


Ada banyak jenis hewan yang mungkin dijumpai wisatawan saat liburan, salah satu contohnya adalah  burung. Lo bisa saja melihat hewan ini beterbangan di berbagai tempat, mulai dari hutan, padang rumput, atau pantai. Berbicara tentang burung, beberapa jenis dari hewan ini ternyata tergolong dalam kategori berbahaya.

Meski sering terlihat ramah dan tak berbahaya, sejumlah burung diketahui mampu membahayakan manusia di sekitarnya. Wisatawan bisa saja terluka akibat mendapat serangan menakutkan dari burung-burung tersebut. Seram sekali, bukan?

Apa sajakah burung yang masuk dalam kategori berbahaya? Berikut ini adalah 5 jenis burung berbahaya yang patut diwaspadai selama traveling. Silakan disimak ya bro!

1. Burung Unta

5 Jenis Burung yang Patut Diwaspadai Wisatawan Selama Traveling. Photo Credit: kelownacapnews.com

Banyak dari lo tentu sudah mengenal burung raksasa ini ‘kan? Burung terbesar di bumi ini diketahui berasal dari wilayah Afrika. Traveller bisa dengan mudah menemukan burung unta di mana saja karena mereka berada di seluruh benua. Burung unta biasanya berkeliaran di daerah padang rumput, padang pasir, dan sabana.

Jika sudah menginjak usia dewasa, burung ini bisa memiliki bobot mencapai 150 kilogram dengan tinggi sekitar 1,8 meter. Meski burung unta tidak bisa terbang, mereka kabarnya mampu berlari dengan kecepatan maksimum 69 kilometer per jam. Hal tersebut membuat hewan ini dijuluki sebagai burung tercepat di dunia.

Apabila tertarik mendekati burung unta, ada baiknya lo kembali mempertimbangkan hal tersebut. Pasalnya, lo harus siap menanggung risiko terkena tendangannya yang amat berbahaya. Tendangan burung unta dikatakan mampu melukai hingga menewaskan manusia dewasa. Jaga jarak aman jika ingin melihatnya secara langsung ya bro!

2. Kasuari Selatan

5 Jenis Burung yang Patut Diwaspadai Wisatawan Selama Traveling. Photo Credit: hiveminer.com

Hewan ini juga sering disebut-sebut sebagai burung paling mematikan di dunia. Kasuari Selatan kabarnya mampu mengeluarkan serangan mematikan yang bisa melukai manusia. Dengan demikian, burung ini patut diwaspadai oleh setiap traveller.

Kasuari Selatan memiliki ukuran tubung yang terbilang besar. Ia sendiri dinobatkan sebagai burung terbesar kedua di dunia setelah burung unta. Oleh sebab itu, lo sebaiknya menjaga posisi aman bila hendak menyaksikan burung ini secara langsung.

Burung ini memiliki bobot tubuh berkisar dari 75 sampai 80 kilogram. Tinggi badannya bisa mencapai 1,5 meter. Mirip dengan burung unta, kasuari selatan juga kerap menjadkan kakinya sebagai senjata untuk melukai musuh. Jadi, harap berhati-hati jika berjumpa dengan hewan ini ya bro!

3. Murai Australia

5 Jenis Burung yang Patut Diwaspadai Wisatawan Selama Traveling. Photo Credit: backyardbuddies.org

Sesuai dengan namanya, burung ini banyak ditemukan di sebagian besar daerah Australia. Jika mendekati Murai, lo sebaiknya memerhatikan gerak-geriknya secara jeli karena hewan ini berpotensi membahayakan manusia di sekitarnya.

Murai Australia diketahui memiliki tubuh berukuran sedang. Burung ini tinggal di ladang, padang rumput, dan taman. Saat musim semi tiba, burung ini akan menampilkan tingkah cukup agresif karena tengah memasuki masa bersarang.

Sikap agresif tersebut ditunjukkan Murai agar sarang mereka terhindar dari berbagai ancaman buruk. Apabila burung ini telah menganggap lo sebagai ancaman, maka mereka tak akan segan-segan melukai lo tanpa ragu. Pokoknya, jauhi burung ini bila mereka tengah menikmati periode bersarang.

4. European Herring Gull

5 Jenis Burung yang Patut Diwaspadai Wisatawan Selama Traveling. Photo Credit: oceana.org

Burung camar besar ini bisa lo jumpai di setiap wilayah Eropa Barat. Mengapa Herring Eropa Gull dikatakan besar? Hal tersebut mengacu pada ukuran tubuhnya yang bisa tumbuh panjang hingga  66 cm.

Lalu, mengapa Herring Eropa Gull patut diwaspadai para traveller? Hewan ini kabarnya sering mencuri makanan dari manusia. Tak hanya itu, mereka juga dikatakan bisa menyerang atau melukai manusia.

Lebar sayap Herring Eropa Gull berkisar dari 125 hingga 155 cm. Hal tersebut membuat serangan burung ini cukup membahayakan manusia di sekitarnya. Lo bisa saja mengalami cedera serius apabila terkena sambaran burung liar ini.

5. Angsa Bisu

5 Jenis Burung yang Patut Diwaspadai Wisatawan Selama Traveling. Photo Credit: creaturecontrol.net

Jika diperhatikan dari kejauhan, angsa bisu mungkin nampak lucu dan menggemaskan bagi sebagian orang. Rupanya yang begitu indah juga seringkali menggoda siapapun untuk mendekatinya tanpa perlu pikir panjang. Sayangnya, hewan ini tidak seakrab yang lo pikirkan bro.

Angsa bisu diketahui memiliki sifat sangat agresif sehingga berpotensi melukai manusia di sekitarnya. Jika tidak berhati-hati terhadapnya, lo bisa saja mendapat serangan tak terduga yang mungkin bisa berakibat buruk. Jadi, jauhi kontak fisik secara langsung dengan hewan ini ya bro!

Sifat agresif tersebut tidaklah muncul tanpa alasan. Sama seperti Murai Australia, burung ini bersikap kasar bila berada pada periode bersarang di musim semi. Dengan demikian, lo sebaiknya tidak berdekatan dengan burung ini saat musim semi tiba. Oke bro?

Demikian 5 deretan burung yang patut diwaspadai traveller selama bepergian. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang tengah merencanakan liburan ke suatu tempat. Jangan lupa untuk berhati-hati bila berjumpa dengan burung-burung di atas ya bro!

Source

Feature Image - hiveminer.com


Please login to comment
5 COMMENTS
HendraNusu
March 10, 2019 at 9:21 PM

Akhirnya saya mengetahui


Asmita Parhama
March 10, 2019 at 9:39 PM

Menakutkan


Eksan B
March 10, 2019 at 11:10 PM

Infoo yang sangat bermanfaat


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 11, 2019 at 7:18 PM

Murai Australia gimana suaranya ya? Kalo diadu sama murai kalimantan bagus mana ya?


Amir Mahfudzi
March 15, 2019 at 4:20 PM

Nice info..