MAR 9, 2019

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia

Sejumlah tangga dari berbagai penjuru dunia diketahui menyimpan risiko tinggi bila dinaiki karena terletak di wilayah ekstrem dan berbahaya. Apa sajakah itu? Sila cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Seperti yang lo ketahui, tangga diciptakan untuk memudahkan seseorang mencapai tempat yang dituju secara aman. Uniknya, sejumlah tangga dari berbagai penjuru dunia justru menyimpan risiko tinggi bila dinaiki karena terletak di wilayah ekstrem dan berbahaya. Jika demikian, apakah lo masih berani untuk melewatinya?

Berikut adalah deretan jalur tangga paling menakutkan yang tersebar di berbagai belahan dunia. Silakan disimak ya bro!

1. Tangga Haiku, Hawaii

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia. Photo Credit: migueltoralba.com

Tangga ini diketahui menjadi salah satu destinasi wisata ekstrem paling terkenal di Pulau O’ahu, Hawaii. Banyak wisatawan menjadikan tangga Haiku sebagai sarana untuk menguji adrenalin. Tangga yang berada di wilayah perbukitan ini dijamin bakal membuat siapapun berdegup kencang saat melaluinya.

Pihak kepolisian sebenarnya sudah menetapkan rute tangga ini sebagai wilayah terlarang. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kehadiran polisi yang selalu berjaga di rute tangga paling awal. Meski begitu, banyak orang tetap tertarik memanjat tangga ini untuk mencicipi sensasi mendebarkan.

Jika tertangkap basah memanjat tangga ini, lo bisa dijatuhi hukuman lumayan berat dari pihak yang berwenang. Tangga Haiku didirikan pertama kalinya oleh pihak militer pada tahun 1942. Pembangunan tangga ini awalnya dimaksudkan untuk pemasangan kabel komunikasi.

Mulai tahun 1987, wisatawan kerapkali melintasi rute tangga ini untuk mencapai puncak Ko’olau. Untuk berhasil melalui rute ini, siapapun harus berada dalam kondisi prima agar keselamatan tetap terjaga dengan baik. Hingga sampai saat ini, tangga Haiku masih menjadi salah satu daya tarik terbesar yang dimiliki pulau O’ahu.

2. Vlooyberg Tower, Belgia

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia. Photo Credit: archello.com

Wisatawan juga bisa menemukan tangga cukup ekstrem saat berlibur ke Belgia. Vloolberg Tower bisa lo jumpai di wilayah provinsi Flemish Brabant, dekat dengan kota Tielt-Winge. Tangga ini awalnya merupakan dek observasi kayu, namun diubah menjadi konstruksi logam usai mengalami peristiwa kebakaran.

Pihak yang menciptakan konstruksi logam tangga ini adalah studio teknik bernama Close to Bone. Mereka diceritakan tertarik mendirikan tangga yang dapat “mengapung” di atas pedesaan. Harapan mereka adalah membangun tangga yang terlihat mampu membawa siapapun ke langit.

Tangga ini dikatakan cukup ekstrem lantaran memiliki tinggi sekitar 40 kaki. Jika berhasil mencapai puncaknya, lo bisa mengamati keindahan panorama hutan Hallerbos yang sudah mendunia. Jadi, apakah lo tertarik menaiki tangga ini?

3. Tangga Menuju Benteng Kalavantin Durg, India

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia. Photo Credit: lazerhorse.org

Banyak orang menjuluki Kalavantin sebagai benteng paling berbahaya sedunia. Salah satu alasannya terletak pada curamnya tangga yang mengarahkan wisatawan menuju benteng tersebut. Jika tak berhati-hati melewati tangga tersebut, lo harus siap menanggung risiko berbahaya seperti terjatuh hingga tewas.

Benteng Kalavantin Durg diketahui memiliki wujud berupa gua kecil. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus mendaki tangga dalam kurun waktu sekitar 3 jam. Kemudian, lo bisa melanjutkan perjalanan dengan menuruni tangga ke bawah secara perlahan. Kondisi tangga yang basah akibat kabut membuat wisatawan harus berhati-hati saat menuruninya.

Tangga kuno menuju Kalavantin kabarnya terbuat dari batu yang ada di sekitar Mumbai. Bila tertarik melintasi tangga ini, wisatawan wajib mengenakan alat pengaman khusus agar tetap menempel pada batu serta terhindar dari risiko jatuh. Aturam memakai alat keamanan juga dibuat karena tangga ini tak disertai dengan pagar.

4. El Caminito del Rey, Spanyol

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia. Photo Credit: cloudfront.net

Jalur ekstrem ini kabarnya didirikan pada awal abad ke-20. Pada mulanya, banyak orang menjadikan jalur ini sebagai area pengantaran barang di antara dua pembangkit listrik yang berlokasi pinggir ngarai El Chorro. Saat ini, El Caminito del Rey masih sering dikunjungi para pencandu adrenalin yang haus akan tantangan.

Raja Alfonso XIII dikatakan hadir pada acara peresmian rute ini. Hal tersebut kemudian menginspirasi lahirnya nama “El Caminito del Rey” yang ditujukan untuk jalur ini sendiri. Sayangnya, kondisi jalur ini kabarnya terus memburuk lantaran dibuat menggunakan bahan termurah pada masanya. Rute ini pun akhirnya menyandang gelar “Death Walk”.

Jalur ini kabarnya ditutup pada tahun 2000 usai menjadi saksi bisu atas peristiwa tragis yang menewaskan sejumlah wisatawan. Anehnya, tempat ini tetap didatangi beberapa wisatawan yang hobi mendaki serta menjajal hal ekstrem. Bertambah jumlah pengunjung El Caminito membuat tempat ini kembali dibuka pada musim semi di tahun 2015. Saat dibuka, rute ini sudah direkonstruksi agar tidak membahayakan keselamatan wisatawan.

5. Tangga Spiral, China

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia

Deretan 5 Jalur Tangga Paling Menakutkan dari Berbagai Penjuru Dunia. Photo Credit: pinterest.com/buscopan20mg

China juga memiliki tangga ekstrem yang didesain dengan bentuk spiral. Tinggi tangga ini dikatakan mencapai hampir 300 kaki. Wisatawan biasanya menaiki tangga ini untuk mencapai puncak Gunung Taihang.

Tangga ini kabarnya terdiri atas 30 lantai. Jika tertarik naik hingga ke puncak, lo wajib menandatangani dokumen khusus yang berkaitan tentang kesadaran pengunjung terhadap bahaya tangga terlebih dahulu. Pengunjung juga harus menyetujui keterangan yang menyatakan dirinya sehat.

Batas maksimal orang yang menaiki tangga ini adalah 60 orang. Aturan ini dibuat karena proses pendakian terbilang cukup sulit. Selain itu, batas tersebut ditetapkan lantaran hembusan angin di bagian puncak seringkali menggetarkan bangunan. Apakah lo ingin mendaki tangga ini suatu saat nanti?

Demikian 5 tangga paling menakutkan dari berbagai penjuru dunia. Semoga informasi di atas menambah wawasan lo seputar destinasi wisata ekstrem. Apabila lo termasuk orang yang gemar mencari tantangan ekstrem, tempat-tempat di atas tentu patut dikunjungi pada masa liburan.

Source

Feature Image - migueltoralba.com


Please login to comment
5 COMMENTS
Zul Asfi Rusman
March 10, 2019 at 9:26 AM

Ada ada saja


Hendy Nugroho
March 10, 2019 at 10:26 AM

Memacu adrenaline


HendraNusu
March 10, 2019 at 9:23 PM

Sangat menakutkan


Asmita Parhama
March 10, 2019 at 9:39 PM

Harus berhati hati


Asep Arifin
March 12, 2019 at 8:31 AM

Masih pengen hidup