MAR 12, 2019

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Cukup ramai bahasan soal Eco Resort yang ada di Indonesia. Namun, apakah lo sudah tahu apa itu Eco Resort? Apa yang membuat penginapan tersebut cukup berbeda dengan yang lain dan bagaimana perkembangannya di Indonesia? Dari pada bingung sendiri, lebih baik sila simak bahasan kali ini bro!


Eco Resort di Indonesia bukanlah hal baru. Walau kesannya baru meledak baru-baru ini karena beberapa spot petualangan eksotis disokong dengan tempat penginapan yang mempunyai konsep berbeda ini, Eco Resort sudah cukup lama dianut oleh banyak pengelola penginapan di Indonesia.

Sama-sama tempat penginapan, lalu apa yang membuat Eco Resort cukup berbeda dengan penginapan lainnya? Dan, bagaimana perkembangannya di Indonesia? Apakah Indonesia punya deretan Eco Resort yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang?

Dibahasan kali ini, Tim Super Adventure akan menjawab satu persatu pertanyaan di atas. Buat lo yang penasaran juga dengan berbagai jawaban dari pertanyaan di atas, sila seduh kopi dulu, siapkan kudapan, dan pastikan gawai yang lo gunakan untuk membaca jurnal ini mempunyai daya yang penuh, ya.

Untuk menjawab pertanyaan pertama, yaitu apa yang membuat Eco Resort cukup berbeda dengan penginapan lainnya, lo mesti tahu dulu nih – sebenarnya, apa itu Eco Resort.

Apa Itu Eco Resort?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? credit: indonesia.travel

Pulo Cinta, salah satu spot petualangan eksotis di Indonesia, booming karena didukung oleh fasilitas yang tidak biasa, yaitu Eco Resort. Penginapan dengan konsep yang berbeda ini berhasil mengundang banyak petualang untuk berlomba bisa menginap di tempat tersebut.

Eco Resort dari arti namanya sendiri, penginapan ini merupakan bangunan fasilitas petualangan yang mengedepankan visi misi seorang petualang, yaitu lebih dekat dengan alam. Dengan kata lain, Eco Resort adalah tempat penginapan yang ramah lingkungan.

Konsep yang cukup berbeda, bukan? Konsep ramah lingkungan ini juga berangkat dari salah satu paradigma yang cukup tidak mengenakan bagi para pengelola fasilitas petualangan. Paradigma yang ada sebelumnya – menyatakan jika ada spot petualangan yang dibangun tempat penginapan seperti hotel atau apapun bentuknya itu, terkadang malah merusak alam di sekitarnya.

Salah satu bukti nyata akan paradigma di atas adalah rusaknya sebuah lingkungan di Yogyakarta karena dibangunnya sebuah hotel dan mal. Tentu, hal ini malah mengundang komentar negatif terhadap para pengelola penginapan.

Padahal, bisa jadi – selain memang ingin menambah pundi-pundi uang, pembangunan tempat penginapan tersebut nantinya akan menyerap tenaga SDM dari tempat tersebut. Alhasil, mereka yang ada di sana, bisa mendapatkan pekerjaan di tempat penginapan yang telah dibangun.

Tujuan tersebut bagai hilang ditelan bumi karena tuduhan dan bukti nyata seperti kasus hotel dan mal di Yogyakarta itu. Namun, pelan-pelan paradigma soal pengerusakan lingkungan karena pembangunan tempat penginapan berangsur tergeser karena hadirnya konsep Eco Resort.

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? credit: yp.sg

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Eco Resort adalah konsep penginapan yang tidak sama sekali merusak alam dalam pembangunan dan juga perawatan serta pengoperasiannya. Sebut saja contoh nyata, Eco Resort di Pulo Cinta Gorontalo, memenuhi kebutuhan listriknya dengan memasang panel surya.

Tidak hanya soal pasokan listrik, soal pengelolahan limbah pun sudah diperhitungkan saat membangun Eco Resort. Limbah atau sampah yang dihasilkan dari para petualang yang menginap di sana, tidak semata-mata langsung dibuang di dekat spot petualangannya.

Kalau begitu caranya, mungkin laut biru yang jernih di Pulo Cinta Gorontalo sudah tercemar oleh sampah. Tapi nyatanya, tidak. Ada konsep dan cara tersendiri para pengelola Eco Resort mengelola sampah tersebut.

Jadi, rasanya dari penjelasan di atas, sudah cukup jelas kalau Eco Resort – penginapan yang menjunjung tinggi kelestarian alam, cukup berbeda dari pada konsep penginapan yang lain.

Lalu, Bagaimana Perkembangan Eco Resort di Indonesia?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? credit: indonesia-islands.com

Jika bertanya soal perkembangan, tentu yang mesti dilihat terlebih dahulu dari Eco Resort yang ada di Indonesia adalah potensi.

Sebagai negara maritim dan kepulauan yang besar di dunia, potensi untuk pembangunan Eco Resort di berbagai spot petualangan yang eksotis cukup besar. Hal tersebut bisa dilihat dari salah satu artikel Tim Super Adventure yang sudah merangkum setidaknya ada 7 Eco Resort di Indonesia yang jadi pintu gerbang ke Surga Dunia.

Dari situs greeners.co – potensi terbesar dari perkembangan Eco Resort di Indonesia adalah ketersediaannya banyak spot petualangan yang eksotis. Selain itu, Naning Adiwoso, masih dalam situs yang sama, menyatakan jika potensi pembangunan Eco Resort di Indonesia akan terus berkembang karena memberikan efek positif seperti penyerapan tenaga kerja dari penduduk setempat.

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? credit: papuaparadise.com

Oleh karena itu, jika ada pertanyaan bagaimana perkembangan Eco Resort di Indonesia, jawabannya adalah ya, akan terus berkembang. Perkembangan tersebut bisa dilihat juga dari situs IDN TIMES yang menceritakan setidaknya ada Sembilan Eco Resort di Indonesia yang mesti masuk ke dalam daftar petualangan lo.

Puncak jawaban dari pertanyaan kedua ini adalah salah satu kabar berita yang dimuat di situs lapan6online.com – yang menyatakan jika ada salah satu pengembang yang siap menyediakan Eco Resort terbesar di dunia.

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? credit: funtasyisland.com

Funtasy Islands’ setidaknya nama itu yang akan digunakan dalam penyebutan Eco Resort yang digadang-gadang jadi yang paling besar di dunia. Perlu lo ketahui nih, kabarnya – tempat penginapan ramah lingkungan terbesar ini akan dibangun di atas Kepulauan Riau.

Tentu ini kabar yang mengagetkan. Jika memang benar Eco Resort mungkin tidak akan masalah karena harus dijamin pembangunan tersebut tidak akan merusak alam di sekitarnya. Oleh karena itu, tentu pembangunan Eco Resort ini perlu pengawasan yang ketat.

Apakah Indonesia Punya Deretan Eco Resort

yang Jadi Incaran Banyak Petualang?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Traveling Journal: Eco Resort, Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? credit: xplorea.com

Sebenarnya pertanyaan ini sudah dijawab di jawaban pertanyaan sebelumnya. Tim Super Adventure sudah merangkum setidaknya ada 7 Eco Resort yang dinilai menjadi incaran banyak petualang karena spot petualangannya yang super eksotis.

Namun, tidak hanya tujuh, di IDN TIMES – mereka menyatakan setidaknya lagi ada 9 Eco Resort yang jadi tujuan banyak petualang. Tentu, dengan fasilitas atau Eco Resort yang menarik hati dan spot petualangannya yang eksotis, Indonesia punya deretan Eco Resort yang menawan.

Nah, dari berbagai penjelasan di atas, apakah sudah jelas bro? Sudah tahu apa itu Eco Resort dan mengapa tempat penginapan ini cukup berbeda sekali dengan penginapan lainnya secara konsep. Terlebih, di atas juga sudah dijelaskan jika Indonesia dengan berbagai potensinya – menjadi lahan besar untuk perkembangan Eco Resort itu sendiri.

Dan sekarang ini, tentu seperti yang sudah dijelaskan di atas, Indonesia sekarang ini sudah punya beberapa deretan Eco Resort yang eksotis.

Jadi, udah siap untuk berpetualang mengunjungi deretan Eco Resort tersebut, bro?

 

Feature Image - bookretreats.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 16, 2019 at 4:41 AM

Pengen ke ecoresort