MAR 13, 2019

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip

Sebelum berangkat, ada baiknya lo mengecek sejumlah komponen motor agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman. Apa sajakah itu? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Ada banyak pilihan kendaraan yang bisa lo gunakan ketika traveling. Jika ingin mendapat pengalaman seru dan berbeda, lo bisa memiih motor sebagai kendaraan untuk melakukan road trip. Sebelum berangkat, ada baiknya lo mengecek sejumlah komponen motor agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman. Apa sajakah itu? Berikut adalah 6 komponen motor yang perlu diperiksa sebelum berangkat.

1. Oli

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip. Photo Credit: autoqueries.com

Sebelum berangkat, pengendara baiknya mengecek kondisi oli dan mesin motor terlebih dahulu. Dua komponen tersebut akan menunjang kenyamanan lo selama road trip. Oli akan membuat mesin motor lo tetap mulus serta terbebas dari gangguan. Tak hanya itu, oli juga berfungsi mendinginkan dan merekatkan komponen mesin agar tidak mengalami gangguan akibat gesekan.

Pengendara umumnya mengganti oli setiap jarak tempuh 2.000 sampai 3.000 kilometer sesuai kondisi berkendara harian. Apabila motor sering mengalami macet atau melewati daerah perbukitan, lo baiknya mengganti oli setiap 2.000 kilometer. Dengan demikian, mesin motor lo akan tetap terjaga dengan baik.

Jika hendak menempuh perjalanan jauh saat road trip, lo memerlukan oli untuk menjaga mesin tetap dingin. Kondisi oli yang masih baru sangat direkomendasikan ketika lo akan memulai roadtripping. Pengendara bisa mengalami hal buruk di perjalanan jika kondisi oli buruk akibat lama tak diganti, misalnya seperti kerusakan mesin karena terlalu panas dan sering mengalami gesekan.

2. Ban

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip. Photo Credit: wheelsonedge.com

Perangkat motor lainnya yang perlu diperiksa pengendara sebelum berangkat road trip adalah ban. Pertama-tama, lo dianjurkan mengecek tekanan angin pada ban motor. Jika ban berada dalam kondisi kempis, tambahkanlah angin ke dalamnya untuk meminimalisir risiko kebocoran saat dipakai.

Agar terhindar dari kebocoran, lo juga dianjurkan mengecek benda asing yang mungkin menempel di celah permukaan ban. Contoh benda yang sering menempel di ban di antaranya adalah kerikil dan logam. Benda-benda tersebut bisa saja membuat ban mengalami kebocoran di tengah perjalanan.

Selain itu, pengendara juga perlu memeriksa kondisi permukaan ban. Lo bisa mengganti ban yang permukaannya halus dengan yang baru untuk mengurangi risiko selip di perjalanan. Jika ban memiliki kondisi halus, pengereman yang dilakukan pengendara motor pun akan berakhir sia-sia.

3. Mesin

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip 

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip. Photo Credit: tulsaharley.com

Mesin merupakan salah satu komponen utama yang wajib diperiksa jelang road trip. Lo harus mengecek keadaan mesin mengingat fungsinya sebagai penggerak utama pada motor. Dengan memeriksa mesin, lo bisa mengurangi risiko perjalanan terhambat akibat mesin terkena gangguan.

Pengendara baiknya tak lupa menyervis motor jika sudah menempuh jarak sekitar 2.000 hingga 2.500 kilometer. Agar momen road trip berjalan lancar, lo dianjurkan memakai motor saat jarak tempuh setelah satu masa servisnya masih sedikit. Selain itu, pengendara juga sebaiknya memakai motor untuk road trip usai diservis.

Kondisi mesin yang baik tentu akan membuat perjalanan lo berlangsung aman. Lo pun bisa mengunjungi berbagai tempat yang dikehendaki secara nyaman. Jadi, jangan lupa memeriksa mesin sebelum bepergian ya bro!

4. Rantai

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip. Photo Credit: motoprove.com

Kenyamanan road trip dengan motor juga bergantung pada keadaan rantai yang dipakai saat berkendara. Jika telah lama tidak disetel, rantai biasanya akan mudah kendur. Oleh sebab itu, lo perlu mengencangkannya lagi untuk mencegah kemungkinan rantai terlepas atau loss di tengah perjalanan.

Pengendara tentu akan kerepotan jika rantai motor mereka terlepas di perjalanan. Pasalnya, lo harus menepi untuk masang rantai kembali pada gear. Hal ini bakal terasa lebih merepotkan bila terjadi di tengah hutan atau daerah yang tidak memiliki bengkel.

Oleh sebab itu, sempatkanlah waktu untuk mengganti rantai bila kondisinya sudah kendur. Jika tetap ingin memakai rantai kendur, maka lo harus siap menanggung risiko rantai terputus. Sebelum berangkat, lo juga disarankan memberi pelumas pada rantai ban agar tetap awet.

5. Rem

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip. Photo Credit: estatemagazine.com

Periksalah kondisi rem sepeda motor sebelum memulai road trip ke suatu tempat. Hal ini dimaksudkan agar keselamatan pengendara tetap terjaga selama road trip. Kondisi rem yang baik tentu akan melindungi lo dari berbagai kemungkinan buruk di perjalanan.

Lo membutuhkan rem dengan kondisi baik agar mampu mengatur kecepatan motor di saat-saat yang diperlukan, misalnya ketika melalui turunan atau tikungan. Jika kendaraan lain berhenti tiba-tiba, setiap pengendara tentu akan mengandalkan rem untuk memberhentikan motor mereka secara mendadak. Setuu ‘kan bro?

Apabila nekat mengendarai motor dengan kondisi rem tidak bagus, lo harus siap menanggung risiko mengalami kecelakaan di perjalanan. Oleh sebab itu, jangan lupa mengecek keadaan rem sebelum berangkat, terutama jika motor yang dipakai berjenis matic. Mengapa demikian? Kendaraan matic diketahui tak memiliki sistem rem mesin seperti motor lainnya.

6. Lampu

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip

6 Komponen Motor yang Wajib Lo Periksa saat Hendak Road Trip. Photo Credit: pexels.com

Traveller perlu mengecek fungsi lampu motor sebelum berangkat, mulai dari lampu rem, lampu sein, dan lampu utama. Kondisi lampu sein yang mati dapat membahayakan karena pengendara lain tak tahu kapan motor lo akan berbelok. Begitupun dengan lampu rem mati yang mampu membuat pengendara di belakang tak tahu kapan motor lo berhenti atau berjalan pelan.

Pada waktu siang hari, lo juga harus tetap ingat untuk menyalakan lampu utama agar tidak mendapat tilang dari pihak kepolisian. Jadi, luangkanlah waktu untuk mengecek lampu motor sebelum berangkat road trip ya bro! Selamat roadtripping!

Demikian 6 komponen motor yang perlu dicek sebelum berangkat road trip. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang ingin roadtripping dalam waktu dekat. Tetap berhati-hati ya bro!

Source

Feature Image - vagabondesss.com


Please login to comment
9 COMMENTS
Amir Mahfudzi
March 17, 2019 at 9:55 AM

Nice info


Zaenal Mudtaqin
April 2, 2019 at 10:11 PM

Harus sebelum berangkat


Kristian Mustafa
April 3, 2019 at 8:36 AM

Info yang sangat penting sebelum on the road


Eksan B
April 3, 2019 at 12:53 PM

Bahan bakar.. Wkw


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 7, 2019 at 11:14 AM

Safety first


Juang Pratama
April 26, 2019 at 6:17 AM

nice article


M Imron Rosyadi
April 26, 2019 at 7:46 AM

Keselamatan yg utama


Reyhan agustian
May 2, 2019 at 12:57 PM

Area rawan boss


dephy
May 26, 2019 at 12:35 AM

RIDE AMAN