MAR 13, 2019

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Bingung akhir pekan ini mau ke mana? Tenang, lo bisa berpetualang layaknya di luar negeri tapi tidak keluar dari Jakarta. Di mana? Tentu Kepulauan Seribu Jakarta, dong. Berikut 7 pulau eksotis yang mesti lo datangi untuk mengisi waktu akhir pekan lo dengan petualangan!


Ada yang pernah tahu kalau jumlah pasti dari gugusan pulau di kawasan Kepulauan Seribu Jakarta, benar-benar mencapai seribu pulau-pulau kecil?

Eits, tenang – dibahasan kali ini, lo tidak diajak untuk menghitung satu persatu pulau yang ada di Kepulauan Seribu tersebut. Kepulauan Seribu, gugusan pulau-pulau kecil di sana mempunyai daya tarik tersendiri lho buat para petualang.

Selain rasa ‘memiliki pulau pribadi’ gugusan pulau di Kepulauan Seribu Jakarta memang eksotis luar biasa. Keindahan alamnya di sana, terutama keindahan alam bawah laut – dengan mudah menghipnotis para petualang yang datang ke sana, agar betah berlama-lama.

Oleh karena itu, tidak heran jika Kepulauan Seribu, di beberapa gugusan pulaunya, selalu terlihat ramai oleh para petualang yang berusaha mendapatkan petualangan di sela-sela waktu akhir pekan mereka. Mereka yang datang, tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, lho – tapi juga dari mancanegara.

Eits, sudah penasaran dengan gugusan pulau-pulau eksotis yang ada di Kepulauan Seribu Jakarta? Berikut tujuh gugusan pulau di sana yang direkomendasikan untuk lo datangi. Dijamin akhir pekan lo akan berbeda dengan waktu-waktu lainnya nih.

Pulau Putri – Menikmati Keindahan

Alam Bawah Laut Tanpa Basah!

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: indowalk.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, gugusan pulau di Kepulauan Seribu Jakarta menyimpan berbagai keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Tidak terkecuali Pulau Putri. Namun, uniknya di sini lo bisa menikmati segala keindahan tersebut tanpa basah-basahan, lho.

Aquarium Tunnel adalah salah satu fasilitas yang disediakan di Pulau Putri. Di sini, lo bisa menyusuri sebuah terowongan yang berada di dasar lautan. Terowongan ini bisa membuat lo menikmati segala keindahan alam bawah laut di sana tanpa basah-basahan!

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: galatrip.id

Selain itu, Glass Bottom Boat juga bisa menjadi cara lain buat lo untuk menikmati keindahan alam bawah laut di Pulau Putri tanpa harus basah atau menyelam. Cara kedua ini mengharuskan lo turun ke bawah lantai perahu yang beralaskan kaca. Dari kaca tersebut, lo bisa tembus melihat keindahan alam bawah laut seperti snorkelling.

Pulau Macan – Eco Resort Idaman Para Petualang!

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: wowshack.com

Pulau Macan adalah salah satu gugusan pulau di Kepulauan Seribu yang berkonsep ‘pulau pribadi’. Hal tersebut dikarenakan oleh luasnya yang hanya satu hektar, sehingga pihak pengelola mesti membatasi jumlah kunjungan para petualang yang ingin ke sini.

Nah, eksklusifitas tersebut juga yang menjadi salah satu daya tarik di sini, disamping memang keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Untuk snorkelling, lo tidak perlu repot-repot mengayuh perahu atau kayak ke spot-spotnya. Di sini, sehabis makan siang pun lo bisa langsung ‘nyebur’ ke spot snorkelling yang dimaksud.

Artinya, memang Pulau Macan dikelilingi oleh berbagai keindahan alam bawah lautn yang menawan. Jika dilihat dari atas, pulau kecil ini memang dikelilingi oleh gugusan terumbu karang serta koral yang indah-indah.

Pulau Kelapa Dua – Melihat Konservasi

Penyu dan Tanam Bakau!

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: iroytravel.com

Petualang sejati adalah petualang yang juga ikut menjaga kelestarian alam sebagai tempat mereka bermain dengan bebas. Seperti di Pulau Kelapa Dua, di sana lo bisa menikmati segala keindahan alam sembari menjaga kelestariannya.

Melihat penangkaran penyu, ikut melepas bayi-bayi penyu atau tukik ke lautan lepas, serta menanam pohon bakau adalah keseruan yang bisa lo dapatkan jika berada di sana. Beberapa hal seru tersebut memang jadi daya tarik utama pulau ini, lho.

Pulau Pelangi – Sensasi Berbeda,

Makan di Restoran Terapung

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: pulauseribu.jakarta.go.id

Tidak jauh dari Dermaga Marina Ancol – jika naik kapal motor cepat, mungkin hanya 90 menit waktu perjalanan, lo sudah bisa sampai ke Pulau Pelangi. Pulau yang didominasi oleh pohon-pohon rindang dan pasir pantai yang putih bersih mempunyai restoran yang mengapung di atas laut, lho.

Pulau Ayer – Kepulauan Seribu Jakarta

Rasa Maladewa

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: backpackerjakarta.com

Mirip dengan Pulau Macan yang mempunyai Eco Resort yang menjadi idaman para petualang, Pulau Ayer terkenal dengan Eco Resortnya yang mirip dengan yang ada di Maladewa atau Maldives. Sensasi menginap di penginapan terapung tersebut memang berbeda, bro.

Dijamin waktu akhir pekan lo akan benar-benar terasa berharga dan rasanya tidak ingin cepat-cepat ke hari Senin karena liburan lo di Pulau Ayer benar-benar memukau dan memesona.

Pulau Tidung – Adu Adrenalin Lo di Jembatan Cinta

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: travel.dream.co.id

Lho, namanya Jembatan Cinta – sudah manis begitu tapi kenapa malah disuruh adu adrenalin, nih? Eits, nama boleh manis, bro – tapi soal petualangan yang memompa jantung, Pulau Tidung yang paling ditunggu-tunggu, nih.

Pulau Tidung mempunyai sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar ke Pulau Tidung Kecil. Nah, dari atas jembatan itulah para petualang ditantang untuk lompat dari atas dan terjun langsung ke bawah lautannya.

Berani coba, bro?

Pulau Perak – Berkemah, Menyatu Dengan Alam

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya

Kepulauan Seribu Jakarta: 7 Pulau Eksotis yang Bisa Jadi Target Lo Selanjutnya. credit: wiyata-island.com

Kalau beberapa pulau di atas bisa lo datangi dan lo bisa menginap enak di Eco Resort dengan fasilitas memadai, di Pulau Perak, visi misi lo sebagai petualang benar-benar diuji, nih. Soalnya, jika ingin bermalam atau menginap di sini, salah satu cara yang asyik adalah berkemah!

Pulau dengan pasir putih serta air laut yang jernih bagai Kristal ini merupakan salah satu daftar pulau yang mesti lo kunjungi saat akan memilih petualangan ke Kepulauan Seribu Jakarta, lho.

Nah, bagaimana? Sudah benar-benar merasa butuh vitamin sea? Kalau iya, ingat-ingat deretan tujuh pulau di atas, dan langsung saja siap-siap untuk berpetualang karena akhir pekan sebentar lagi datang, bro!

 

Source

Feature Image - nusantarakaya.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 14, 2019 at 2:29 AM

Seindah ini dijakarta??