MAR 13, 2019

4 Fakta Menarik Seputar Kosciuszko yang Merupakan Gunung Tertinggi di Australia!

Ketika berada di Australia atau ingin berlibur ke sana, jangan lupa untuk menghampiri Gunung Kosciuszko bro. Selain sebagai gunung tertinggi di Australia, ternyata terdapat beberapa fakta menariknya yang patut untuk lo ketahui!


Buat lo para pendaki, apakah tertarik untuk menaklukan gunung tertinggi yang ada di Australia? Yaap sebagai negara tetangga yang terkenal dengan hewan kanggurunya ini ternyata juga memilki gunung yang cukup tinggi serta menantang loh bro. Bukan hanya itu, keindahan alam yang ada di puncak dari gunung tersebut juga patut untuk diacungi jempol.

Gunung yang dimaksud ialah Kosciuszko, gunung yang terletak di Provinsi New South Wales ini memiliki ketinggian sekitar 2228 meter di atas permukaan laut. Ketika berada di kawasan wisata ala mini, lo bisa mendapatkan sebuah pengalaman mendaki yang sulit untuk lo lupakan. Tak heran apabila banyak dari para pendaki dari berbagai penjuru di dunia yang ingin menaklukan gunung ini.

Bila dibandingkan dengan gunung-gunung yang ada di Indonesia memang kalah tingginya yaa, namun jangan salah sangka bro, medan yang akan lo tempuh ketika melakukan pendakian di gunung ini pun cukup sulit, sehingga diperlukannya pengalaman yang cukup tinggi.

Hal tersebut dikarenakan dari suhu udara yang berbeda dan cuacanya yang cukup ekstrem. Tak heran apabila lo patut memilki peralatan serta pengalaman. Nah, penasaran mengenai gunung ini lebih lanjuta, simak saja beberapa fakta menariknya di bawah ini bro. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Fakta Menarik Seputar Gunung Kosciuszko – Asal-Usul Nama Gunung Ini

4 Fakta Menarik Seputar Kosciuszko yang Merupakan Gunung Tertinggi di Australia!

Suasana di Gunung Kosciuszko. Credit: bob-kerr.com

Memang ketika pertama kali mendengar nama dari gunung ini, kesan pertama yang seringkali muncul ialah unik. Yaap, terletak di Australia yang merupakan negara berbahasa Inggris ini memiliki gunung dengan nama yang bergaya Eropa Tengah.

Hal ini pun bukan tanpa alasan, karena gunung ini pun pertama kali ditemukan pada tahun 1840 oleh penjelajah Pawel Edmund Strzelecki yang berasal dari Polandia. Nama Kosciuzko pun berasal dari pahlawan nasional Polandia-Lituania-Belarus-Amerika yang bernama Tadeusz Kosciuzko.

Uniknya lagi, nama dari gunung ini telah mengalami perubahan ejaan loh bro. Jika sekarang dieja Kosciuszko, ternyata dahulunya gunung ini dieja Kosciusko. Unik sekali yaa namanya, terkadang sebagai orang Indonesia akan menemukan sedikit kesulitan untuk melafalkan nama gunung ini.

Fakta Menarik Seputar Gunung Kosciuzko – Dikelilingi Gunung Unik Lainnya

4 Fakta Menarik Seputar Kosciuszko yang Merupakan Gunung Tertinggi di Australia!

Suasana di Puncak Gunung Kosciuszko. Credit: jindyinn.com.au

Keunikan lainnya yang perlu lo ketahui seputar gunung ini ialah dengan lokasinya yang terbilang cukup berbeda dengan gunung-gunung lainnya yang ada di Australia. Kalau lo sedang berada di Kota Sydney, jarak yang akan lo tempuh untuk bisa menginjakkan kaki di gunung ini ialah sekitar 240 mil atau 390 km.

Yaap, gunung yang indah serta memilki daya tarik bagi para pendaki ini dikelilingi oleh gunung-gunung lainnya yang ada di Australia. Gunung-gunung tersebut ialah gunug Twynam, North Ramshead dan Townsend. Tentunya lo akan mendapatkan sebuah pemandangan yang sangat indah ketika berada di puncak dari Gunung Kosciuszko.

Sehingga lo bisa mendapatkan sebuah paket yang cukup memukau ketika melakukan pendakian di gunung ini. Karena memang Australia juga terkenal dengan pemandangan alam yang indah, sehingga jangan lupa untuk mengabadikan momen lo ketika berada di atas sana yaa.

Fakta Menarik Seputar Gunung Kosciuszko – Medan yang Cukup Berat

4 Fakta Menarik Seputar Kosciuszko yang Merupakan Gunung Tertinggi di Australia!

Suasana di Gunung Kosciuszko. Credit: trover.com

Tak disangka ternyat gunung tertinggi yang ada di Australia ini juga memiliki medan yang berat loh, tak heran apabila peralatan serta pengalaman lo yang tinggi sangat direkomendasikan sebelum mendaki gunung ini. Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu yaa sebelum memutuskan untuk naik.

Yaap, berbicara mengenai medan yang akan lo lalui di gunung ini, tentunya lo akan menemukan sebuah rintangan, mulai dari jalannya terjal, bebatuan yang sangat menumpuk, hingga lo harus melewati hutan belantara terlebih dahulu sebelum memulai pendakian ke puncaknya.

Ooo iyaa, ketika musim dingin, kondisi cuaca yang ada di gunung ini pun sangatlah dingin, serta selalu dilanda hujan dan es yang sangat tebal. Tentunya memiliki iklim yang sangat berbeda sekali dengan pegunungan yang ada di Indonesia pada umumnya.

Fakta Menarik Seputar Gunung Kosciuszko – Waktu yang Tepat untuk Mendaki

4 Fakta Menarik Seputar Kosciuszko yang Merupakan Gunung Tertinggi di Australia!

Suasana di Gunung Kosciuszko Ketika Musim Dingin. Credit: 7summitsproject.com

Selain dari kondisi medan yang perlu untuk lo ketahui, untuk mendaki gunung ini, lo juga patut untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pendakian. Karena memang suhu udara serta cuaca di gunung ini pun menjadi hal yang perlu untuk lo perhatikan.

Suhu udara di Gunung Kosciuszko pada bulan Juni bisa menyentuh -6 derajat celcius, sebenarnya bisa-bisa saja untuk lo melakukan pendakian pada waktu tersebut, namun memang lo akan mendapatkan sebuah suasana berada di pegunungan es.

Nah, pada saat Bulan Januari, suhu udara di Gunung Kosciuszko akan sedikit memanas yaitu sekitar 21 derajat celcius. Pemandangan yang akan lo dapatkan pun juga cukup berbeda di antara kedua waktu tersebut. Sehingga tergantung lo nih bro, mau memilih waktu yang mana.

Ooo iyaa, selain itu, hal yang perlu untuk lo perhatikan ketika melakukan pendakian di sana ialah dengan kondisi cuaca yang bisa tiba-tiba berubah, sehingga sebelum mendaki, selalu memeriksa kondisi cuaca terbaru yaa bro.

***

Selain dari fakta-fakta yang ada di atas, masih ada fakta menarik lainnya, seperti terdapat banyak pilihan hewan atau tanaman endemik di sana. Gunung Kosciuszko juga merupakan kawasan terdingin yang ada di Australia loh bro, sehingga jangan lupa untuk menggunakan jaket tebal serta penghangat lainnya yaa!

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Kosciuszko di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Jangan berhenti berpetualang serta taklukan rintangan alam sebanyak mungkin di dalam kehidupan lo! Semangat selalu bro!

Source

 

 

Featured Image: vacayholics.com

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 14, 2019 at 2:32 AM

Nice info