MAR 14, 2019

Mengenal Taman Nasional Greenland Timur Laut, Sebuah Keajaiban Alam di Bagian Utara Bumi!

Ingin tahu mengenai keajaiban di bagian utara bumi? Yaap, Taman Nasional Greenland Timur Laut merupakan tempatnya, penasaran mengenai informasi lebih lanjutnya? Simak saja artikel di bawah ini dan temukan sendiri jawabannya!


Berbicara mengenai taman nasional yang terluas dan terbesar di dunia, apakah lo sudah tahu kalau Greenland merupakan destinasi yang tepat? Yaap, sebagai pulau yang terletak di Samudera Atlantik, Greenland sendiri memang merupakan kawasan yang penuh dengan keindahan alam yang memukau, Taman Nasional Greenland Timur Laut merupakan salah satu buktinya. Di kawasan tersebut lo bisa memiliki sebuah kesempatan untuk melihat betapa indahnya alam semesta ini.

Selain indah, Taman Nasional Greenland Timur Laut juga merupakan taman nasional terluas di dunia loh bro, bayangkan saja luas wilayahnya bisa menyentuh 972.001 km2. Didirikan oleh Kerajaan Denmark pada tahun 1974, lo bisa melihat beragam keindahan alam berupa pemandangan yang memukau hingga kehidupan fauna nan unik di dalamnya.

Buat lo para traveller yang ingin mengelilingi dunia, ini merupakan destinasi yang tepat buat lo, memang untuk bisa menginjakkan kaki di kawasan ini memerlukan dana yang tidak sedikit, sehingga tak ada salahnya untuk menabung terlebih dahulu. Karena ketika lo berada di sana, lo akan mendapatkan beberapa keunikannya loh. Penasaran? Lihat saja beberapa fakta menarik seputar Taman Nasional Greenland Timur Laut di bawah ini, semoga bisa bermanfaat yaa!

Taman Nasional Greenland Timur Laut – Rumah Bagi Banyak Jenis Fauna

Hewan di Taman Nasional Greenland Timur Laut. Credit: .wildfoottravel.com

Yaap, salah satu alasan kuat mengapa, kawasan ini dijadikan Taman Nasional karena terdapat banyak sekali jenis fauna yang hidup di sana. Bahkan bisa dikatakan, lebih banyak populasi hewan ketimbang manusia. Dan tentunya mereka hidup di habitat aslinya.

Oleh karena itu, tidak sembarangan orang yang memiliki akses untuk bisa melihat bagaimana para hewan-hewan tersebut hidup. Hanya orang-orang yang berkepentingan, karena memang hewan-hewan tersebut sangat dilindungi oleh Kerajaan Denmark.

Sebenarnya lo bisa-bisa saja melihat para hewan-hewan tersebut hidup di taman nasional ini, namun diperlukan izin dari pihak berwajib, serta tidak bisa datang secara pribadi, harus mengikuti sebuah ekspedisi atau jasa tour khusus taman nasional ini. Tentunya ketika lo berada di taman ini, apapun yang lo lakukan akan selalu dipantau.

Taman Nasional Greenland Timur Laut – Ittoqqortoormiit

Suasana di Ittoqqortoormiit. Credit: visitgreenland.com

Yaap, memang akan menemukan kesulitan untuk bisa membaca nama kota ini, jangankan membacanya bro, menulis namanya saja harus benar-benar teliti, karena memang bukan merupakan hal yang biasa bagi orang Indonesia untuk menyebutkan ejaan dari nama kota ini.

Ittoqqortoormiit merupakan sebuah kota kecil yang terletak tak jauh dari Taman Nasional Greenland Timur Laut. Yaap, selain dari hewan-hewannya lo bisa kok menemukan populasi manusia di kawasan ini. Nmaun memang ini merupakan kota paling terisolasi yang ada di Greenland. Mungkin dikarenakan oleh dari faktor alam serta jalan yang sulit hingga cuaca yang cukup ekstrim.

Kota kecil ini hanya memiliki populasi sekitar 450 orang, Ittoqqortoormiit sendiri juga merupakan kota dengan iklim cuaca yang sangat dingin, bayangkan saja sekitar 9 bulan dalam satu tahunnya, kota ini selalu tertutupi oleh es. Dan orang-orang yang tinggal di kota ini kebanyakan bekerja sebagai pemburu.

Untuk memenuhi kebutuhan keseharian, orang-orang di kota Ittoqqortoormiit biasanya memancing ikan atau memburu binatang. Pokoknya benar-benar seperti berada di jaman es deh bro ketika lo berada di sana. Berkunjung ke kota ini pun juga memerlukan perjuangan yang tidak mudah, alat transportasi yang bisa lo gunakan ialah mobil salju ataupun kereta anjing. Karena memang medan yang akan lo tempuh merupakan bentang es yang sangat luas. Kecuali pada musim panas yang pendek, lo bisa menggunakan kapal kecil untuk menuju ke kota ini.

Taman Nasional Greenland Timur Laut – Aktivitas yang Bisa Lo Lakukan

Suasana di Taman Nasional Greenland Timur Laut. Credit: visitgreenland.com

Selain dari melihat hewan-hewan yang ada di kawasan taman nasional ini, lo juga bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya yang bisa membuat liburan lo lebih berwarna. Bukan hanya itu saja, lo juga bisa mendapatkan sebuah pengalaman yang sangat berarti di dalam kehidupan.

Pernah berpikiran ingin berpetualang di alam bebas yang terbalut dengan es serta suhu udara yang sangat dingin, taman nasional ini merupakan tujuan yang tepat untuk lo kunjungi. Karena letaknya hanya sekitar 740 km dari Kutub Utara, tentunya lo akan mendapatkatn keinginan yang lo mau tersebut.

Aktivitas-aktvitas menarik seperti menaiki kereta anjing di bentangan alam luas berwarna putih, melihat budaya asli masyarakat setempat yang unik dan melihat aksi dari ikan paus pun bisa lo lakukan di sana. Pokoknya lo benar-benar akan menjadi seorang petualang ketika berada di taman nasional ini bro. Hanya diri lo sendiri dengan alam yang akan membuat sebuah cerita.

Taman Nasional Greenland Timur Laut – Cara Menuju ke Taman Nasional Ini

Suasana di Taman Nasional Greenland Timur Laut. Credit: geologypage.com/

Tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Greenland Timur Laut? Pada dasarnya lo harus tiba terlebih dahulu di kawasan Greenland dan semua transportasinya menggunakan pesawat. Paling mudah lo bisa memulai perjalanan lo dari Iceland tepatnya di Bandara Reykjavik.

Dari bandara tersebut perjalanan lo akan mengarah ke Kangerlussuaq yang berada di bagian barat atau Narsarsuaq di bagian selatan dari Greenland. Perlu diketahui pula, tidak adanya jalan yang bisa menghubungkan lo dengan kota-kota lainnya di Greenland, sehingga lo harus menggunakan pesawat kecil ataupun helikopter.

Kota Ittoqqortoormiit merupakan destinasi terdekat untuk lo bisa melakukan petualangan lo di Taman Nasional Greenland Timur Laut. Kurang lebih dari Kangerlussuaq akan memakan waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan helikopter.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Taman Nasional Greenland Timur Laut di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Terulah berpetualang dan bersemangatlah! Karena masih banyak kawasan di dalam dunia ini yang patut untuk lo taklukan dan jangan lupa untuk selalu membuka pemikiran lo seluas-luasnya yaa!

Source

 

 

 

Featured Image: grida.no


Please login to comment
1 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 15, 2019 at 11:31 PM

Greenland ya? Jauh