MAR 14, 2019

4 Fakta Menarik Ini Perlu Lo Ketahui Seputar Air Terjun Kapas Biru di Jawa Timur!

Ketika lo berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk menghampiri Air Terjun Kapas Biru yaa, karena keindahan yang ada mampu membuat hidup lo lebih berwarna! Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!


Buat lo yang suka dengan pemandangan serta suasana yang menyejukkan di air terjun, tentunya ini merupakan kawasan yang tepat. Terletak di kawasan Jawa Timur, Air Terjun Kapas Biru merupakan sebuah air tejun yang memilki keindahan serta mampu membuat lo jauh dari rasa penat yang lo dapatkan dari kehidupan keseharian lo.

Air terjun yang tepat berada di Pronojiwo, Mulyoarjo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini seringkali juga dijuluki sebagai tempatnya negeri di atas awan. Biasanya para pecinta alam sebelum datang ke air terjun ini, mampir ke puncak B29 yang mampu menawarkan indahnya awan bagaikan awan di antara pegunungan.

Nah, setelah para pecinta alam tersebut selesai menikmati alam yang ada di puncak tersebut, mereka baru menikmati keindahan yang ada di Air Terjun Kapas Biru. Tempat wisata alam di Lumajang ini memang merupakan serpihan surga yang ada di Indonesia, belum lagi dengan kemegahan dengan tebingnya yang cukup tinggi.

Selain dari keindahan serta suasana alam di Air Terjun Kapas Biru, masih terdapat beberapa fakta menarik seputar tempat wisata alam ini yang perlu untuk lo ketahui. Tentunya akan membuat lo lebih tertarik lagi untuk benar-benar datang serta menikmati tawaran dari air terjun ini. Daripada lo semakin penasaran, berikut beberapa informasinya yang perlu untuk lo ketahui!

Keindahan Air Terjun Kapas Biru – Asal Muasal Nama

Suasana di Air Terjun Kapas Biru. Credit: dolandolen.com

Keunikan dari air terjun ini pun tak hanya terdapat dari keindahan alamnya, karena nama dari air terjun ini terkadang juga mengundang banyak perhatian dari setiap orang yang datang ke sana. Karena memang namanya pun bukan hanya sekedar nama, namun memilki asal muasal yang tidak datang begitu saja.

Bagi banyak wisatawan yang sudah datang ke air terjun ini, mereka beranggapan kalau Kapas Biru merupakan sebuah suguhan dari Tuhan untuk para manusia-manusia beruntung, karena memang apabila lo datang ke sana, sebuah keindahan yang sungguh menawan hati serta mampu menjernihkan pemandangan.

Tak heran, apabila kawasan ini pun sering menjadi tempa pelarian untuk menghilangkan rasa penat bagi kebanyakan orang. Ooo iyaa, kembali ke asal-usul namanya, Air Terjun Kapas Biru memilki aliran yang putih dan deras, di bagian-bagian sisinya muncul warna kebiruan yang jika dilihat dari kejauhan dan itu merupakan alasan mengapa air terjun ini memilki nama Kapas Biru.

Keindahan Air Terjun Kapas Biru – Akses yang Cukup Sulit

Suasana di Air Terjun Kapas Biru. Credit: misterbolang.com

Sebelum berkunjung ke air terjun ini, ada sebuah fakta yang perlu untuk lo ketahui, ialah dengan kondisi jalan yang terbilang sulit untuk dijangkau, Sehingga dapat disimpulkan untuk bisa datang ke air terjun ini memang membutuhkan sebuah perjuangan yang cukup tangguh.

Karena memang tak mudah untuk sampai di Air Terjun Kapas Biru, lo bisa menggunakan kendaraan dan melaju ke Kabupaten Lumajang di Jawa TImur. Jika lo berangkat dari Malang, lokasinya berada di dekat Jalan Raya Dampit-Lumajang. Kurang lebih 3 kilometer dari Air Terjun Tumpak Sewu.

Ketika sudah tiba di parkiran kendaraan, lo masih harus berjalan melewati jalur yang menantang dan dikelilingi pepohonan, Suasana di air terjun ini pun cukup sepi dengan dedaunan yang berbisik karena angina menghembus cukup kencang di kawasan wisata ini.

Keindahan Air Terjun Kapas Biru – Suasana yang Asri

Suasana di Air Terjun Kapas Biru. Credit: .pinterest.com

Mungkin lo tidak menemukan sebuah fasilitas yang memukau di kawasan air terjun ini, namun hal itu bukanlah sebuah hal yang mampu mengurangi keindahan yang ada di sana. Karena memang suasana yang sangat asri itu sudah cukup untuk membuat lo nyaman untuk berlama-lama di sana.

Kurang lebih tinggi dari air terjun yang ada di kawasan wisata ini bisa mencapai 20 meter dengan tebing berwarna cantik. Belum lagi dengan derasnya aliran membuat banyak orang yang terpukau akan keindahan yang ada di Air Terjun Kapas BIru ini.

Beberapa pilihan fasilitas yang bisa lo nikmati ketika berada di Kapas Biru antara lain tempat parkir, pondok untuk istirahat, hingga warung makan dan minuman. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari kawasan wisata nan indah ini yaa.

Keindahan Air Terjun Kapas Biru – Dikelilingi Air Terjun Indah

Suasana di Air Terjun Kapas Biru. Credit: /phinemo.com

Ketika lo sudah memutuskan untuk datang ke Air Terjun Kapas BIru, jangan lupa untuk menghampiri tetangganya yaa. Yaap, memang ketika berada di kawasan air terjun ini, lo bisa menghampiri air terjun lainnya yang letaknya tak jauh.

Pilihan air terjun yang bisa lo kunjungi ialah Air Terjun Kabut Pelangi, Goa Tetes atau yang terkenal ialah Niagara Mini Tumpak Sewu. Tentunya diperlukan kondisi fisik yang kuat untuk bisa menghampiri air terjun ini, bukan hanya itu saja, namun mental lo pun juga harus kuat.

Jangan lupa pula untuk membawa perbekalan lo yaa, biarpun terdapat warung makanan atau minuman di kawasan air terjun ini, namun dengan membawa perbakalan lo bisa menghemat loh, serta tak perlu repot-repot lagi mencari makanan atau minuman.

Memang dari beberapa pilihan air terjun yang ada di sekitar kawasan Air Terjun Kapas Biru, bila membicarakan keindahan serta keunikan, air terjun ini lebih indah serta nyaman buat siapapun yang datang ke sana, oo iyaa diharapkan untuk selalu berhati-hati yaa, terkadang jalannya pun licin.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Air Terjun Kapas Biru di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa, yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari kawasan wisata ala mini, karena kalau bukan lo yang memulainya, siapa lagi? Semangat selalu dan jangan berhenti berekplorasi bro!

Source 

 

 

Featured Image: /travelingyuk.com/


Please login to comment
1 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 15, 2019 at 11:32 PM

Nice inpoo