MAR 14, 2019

5 Kiat Aman Mendaki Gunung di Waktu Malam Hari

Apa saja hal-hal yang perlu disiapkan jika berniat mendaki gunung di waktu malam?Lalu, barang-barang apa saja yang wajib dibawa ketika mendaki? Temukan jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!


Sejumlah orang diketahui lebih tertarik melakukan pendakian pada waktu malam hari ketimbang siang hari. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari meminimalisir risiko dehidrasi serta untuk membuat pikiran lebih terfokus pada puncak. Pendakian di waktu malam hari juga cocok dilakukan bagi orang yang memiliki fobia terhadap tanjakan.

Sebelum memulai pendakian di waktu malam, ada baiknya lo mengetahui beberapa hal penting agar perjalanan lo tidak membahayakan. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 tips mendaki gunung pada waktu malam hari. Silakan disimak ya bro!

1. Memulai Pendakian Bersama Teman atau Kelompok

5 Kiat Aman Mendaki Gunung di Waktu Malam Hari. Photo Credit: seedusseldorfcheaply.com

Ada sejumlah hal yang perlu lo perhatikan jika ingin naik gunung di malam hari, salah satunya adalah membawa rekan pendakian. Apabila nekat melakukan pendakian secara sendiri, lo mungkin akan merasa kesulitan ketika melalui medan di waktu malam. Oleh sebab itu, mendaki bersama teman atau kelompok lain dapat mengurangi risiko buruk yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Dengan membawa tim, pendaki dapat mencapai puncak gunung secara lebih mudah dan aman. Lo bisa bekerjasama dengan rekan pendaki lain ketika menghadapi berbagai rintangan yang menghadang di perjalanan. Pendakian secara berkelompok juga sangat tepat dilakukan bagi pendaki pemula atau pendaki yang mudah takut terhadap keadaan gelap atau hal-hal mistis.

Di malam hari, pendaki berkesempatan melihat atau mendengar sesuatu yang jarang dijumpai pada waktu siang hari. Hal tersebut bisa saja membuat mental sebagian pendaki menurun selama perjalanan. Oleh sebab itu, lo sebaiknya melakukan pendakian secara berkelompok agar dapat lebih mudah dan cepat mengambil tindakan ketika berhadapan dengan hal-hal sulit.

2. Menaruh Peralatan di Tempat Biasa yang Mudah Dijangkau

5 Kiat Aman Mendaki Gunung di Waktu Malam Hari. Photo Credit: thoughtco.com

Mendaki gunung pada waktu malam hari tentu membutuhkan persiapan yang matang. Sebelum berangkat, pastikan lo telah membawa semua peralatan yang dibutuhkan dalam ransel. Kehadiran barang-barang tersebut tentu akan menunjang kenyamanan dan keselamatan lo selama mendaki. Setuju ‘kan, bro?

Pendakian di waktu malam hari akan membatasi gerak setiap pendaki. Untuk itu, lo sebaiknya meletakkan barang bawaan di tempat biasa. Hal ini dimaksudkan agar pendaki mampu menemukan barang-barang tersebut secara mudah ketika memerlukannya di perjalanan.

Selain itu, lo dianjurkan menyiapkan pendakian secara matang agar mampu meminimalisir risiko buruk yang mungkin terjadi. Menyusun rencana pendakian akan membuat perjalanan lo menjadi lebih mudah dan terarah. Jangan lupa juga untuk tetap waspada selama pendakian berlangsung ya bro!

3. Menyiapkan Senter dan Alat Penerangan Lain

5 Kiat Aman Mendaki Gunung di Waktu Malam Hari. Photo Credit: 68north.com

Salah satu tantangan yang bakal dihadapi setiap pendaki gunung dimalam hari adalah keadaan gelap. Untuk mengantisipasi keadaan ini, lo wajib membawa alat penerangan seperti senter, korek api, headlamp, dan lain-lain. Dengan membawa alat-alat ini, pendaki dapat lebih mudah melalui medan yang begitu gelap.

Sebelum berangkat mendaki, lo sebaiknya mengecek kondisi alat penerangan yang dibawa. Pastikan alat-alat tersebut dapat berfungsi dengan baik serta memiliki daya cukup hingga sampai ke puncak. Hal ini tentu akan membuat perjalanan lo terasa lebih nyaman.

Selama proses pendakian berlangsung, lo disarankan tak boros menggunakan alat penerangan. Pasalnya, tak seorangpun dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menaklukkan puncak. Untuk berjaga-jaga, pendaki sebaiknya juga membawa alat penerangan cadangan agar siap menghadapi situasi darurat jika senter atau headlamp tak berfungsi.

4. Tidak Melakukan Pendakian secara Tergesa-gesa

5 Kiat Aman Mendaki Gunung di Waktu Malam Hari. Photo Credit: outdoorlifenorway.com

Mengingat kondisi medan sangat gelap ketika malam, lo sebaiknya melakukan pendakian secara santai dan tidak terburu-buru. Pendaki disarankan menikmati perjalanan tanpa tergesa-gesa agar terhindar dari berbagai kemungkinan buruk. Dengan demikian, lo bisa mencapai puncak tanpa mengalami gangguan berarti.

Jika bersikukuh melalui medan pendakian secara terburu-buru, maka lo harus siap menanggung risiko buruk selama perjalanan. Contohnya seperti salah melalui jalur pendakian atau mengalami kecelakaan akibat mendaki terlalu cepat. Hal-hal seperti ini tentu akan membuat perjalanan lo semakin sulit.

Oleh sebab itu, jalani proses pendakian secara santai pada waktu malam hari. Pendaki bisa memanfaatkan waktu santai ini untuk membaca situasi pada jalur yang sedang dilewati. Dengan begitu, lo dapat mencegah beragam situasi buruk yang mungkin terjadi di tengah-tengah perjalanan.

5. Memahami Seluk-Beluk Jalur yang Ingin Dilalui

5 Kiat Aman Mendaki Gunung di Waktu Malam Hari. Photo Credit: reddit.com

Hal penting lainnya yang perlu lo ketahui sebelum mendaki gunung di malam hari adalah informasi seputar kondisi medan pendakian. Sebelum berangkat, pendaki perlu menggali informasi seluas-luasnya tentang jalur atau medan pendakian yang hendak dilewati. Dengan menelusuri informasi ini, lo dapat memutuskan apakah pendakian yang akan dilakukan aman atau berbahaya.

Pendakian pada waktu malam hari bisa sangat berbahaya jika lo tidak mengetahui seluk-beluk infomasi tentang jalur atau mendak yang akan dilewati. Sama halnya ketika lo mengajak teman atau kelompok yang juga tak memahami situasi pendakian secara jelas. Jika mengalami situasi ini, lo sebaiknya membatalkan pendakian demi alasan keamanan dan keselamatan diri.

Apabila tetap ingin memulai  pendakian malam tanpa mempelajari keadaan medan terlebih dahulu, lo harus siap menanggung risiko salah jalur. Oleh sebab itu, jangan lupa mencari informasi tentang jalur pendakian sebelum berangkat agar perjalanan berlangsung aman. Oke bro?

Demikian 5 tips aman mendaki gunung di malam hari. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang ingin mendaki dalam waktu dekat. Tetap berhati-hati dan waspada di perjalanan ya bro!

Source

Feature Image - q-beam.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 16, 2019 at 4:35 AM

Nice inpoh


Eksan B
March 21, 2019 at 6:14 AM

Dan jgn egois...