MAR 19, 2019

5 Hal yang Akan Lo Dapatkan Ketika Berkunjung ke Gua Waitomo yang Eksotis di Selandia Baru!

Ingin melihat keindahan alam yang ada di Selandia Baru? Coba deh untuk berkunjung ke Gua Waitomo, karena lo akan melihat sebuah keajaiban alam yang memukau ketika masuk ke dalamnya. Enggak percaya? Langsung simak saja beberapa fakta-fakta menariknya di bawah ini!


Gua Waitomo merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak di Selandia Baru dengan panorama atau pemandangan alamnya yang mampu membuat lo terpana. Seakan-akan lo akan dibawah ke sebuah ruang yang belum pernah lo datangi sebelumnya. Seperti berada di luar angkasa deh bro. Tak heran apabila Gua Waitomo sering menjadi tujuan bagi para traveller dari berbagai negara.

Keindahan yang ada di Gua Waitomo sendiri ternyata sudah ditemukan lebih dari 120 tahun lamanya, ketika lo melihat ke langit-langit gua ini maka lo akan sadar akan keindahannya. Karena lo akan melihat deretan batu kapur yang indah beserta dengan cahaya yang dipancarkan dari kunang-kunang yang mendiami gua ini.

Gua yang terletak di kawasan Waitomo, bagian utara dari Selandia Baru ini memang merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak menarik wisatawan di Selandia Baru. Pengalaman yang sulit untuk lo lupakan akan menghampiri apabila lo berada di dalam gua ini. Tentu terdapat beberapa fakta menarik seputar gua yang unik ini, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak fakta-fakta tersebut di bawah ini!

Indahnya Gua Waitomo – Termasuk Gua Purba

Suasana di Dalam Gua Waitomo. Credit: waitomo.com

Ini merupakan fakta menarik pertama yang patut untuk lo ketahui seputar Gua Waitomo, yaap gua dengan keindahannya yang beragam ini ternyata merupakan gua yang sudah berumur. Bahkan umurnya pun sudah mencapai jutaan tahun.

Karena gua ini pun diperkirakan sudah ada semenjak 30 juta tahun yang lalu, dimana gua ini mengalami beberapa kali perubahan. Perubahan tersebut pun dikarenakan oleh kondisi cuaca serta air yang pernah masuk ke dalamnya membuat gua ini seperti apa yang bisa lo lihat hari ini.

Banyak yang berkata kalau kawasan Gua Waitomo dahulu juga pernah menjadi tempat untuk mencari fossil hewan-hewan laut purba. Namun hari ini lebih difokuskan kepada wisata alam berupa keindahan cahaya dari para kunang-kunang tersebut.

Indahnya Gua Waitomo – Dekorasi Gua yang Unik

Suasana di Dalam Gua Waitomo. Credit: lonelyplanet.com

Mungkin itu menjadi sebuah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan Gua Waitomo ini. Yaap, gua yang memilki dekorasi unik ini pun memiliki beragam pemandangan bebatuan yang sangat indah. Mulau dari dekorasi bebatuan Stalaktit, Stalagmit dan bebatuan lainnya bisa lo lihat di dalam gua ini.

Belum lagi dengan kristal-kristtal dari bebatuan kapur di gua ini pun menjadi daya tarik lainnya yang membuat siapun akan terkesima ketika melihatnya. Dan uniknya, segala keindahan yang bisa lo dapatkan di dalam gua ini pun berasal dari alam.

Tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk bisa membentuk keindahan yang ada di dalam gua ini. Kemungkinan dibutuhkan waktu sekitar ratusan tahun untuk bisa membuat alam melakukan mahakaryanya. Untuk itu, jagalah kelestariannya ketika masuk ke dalam Gua Waitomo yaa!

Indahnya Gua Waitomo – Ditemukan oleh Kepala Suku Setempat

Suasana di Gua Waitomo. Credit:: expedia.co.uk

Fakta berikutnya yang perlu untuk lo ketahui seputar Gua Waitomo ialah dengan penemuan pertamanya yang ditemukan oleh seorang kepala Suku Maori pada tahun 1800. Kepala suku tersebut bernama Tane Tinorau.

Tepat pada tahun 1887, Tinorau pun mengajak Frederick mace yang merupakan seorang penjelajah serta petualang terkanal pada masanya untuk melihat serta mengeksplorasi gua ini. Dengan menggunakan kapal kecil mereka menelurusi segala sudut dari gua ini.

Pada akhirnya sang kepala suku dengan penjelajah asal Inggirs tersebut menemukan pintu masuk ke dalam gua ini dan tepat di tahun 1889, gua ini pun dibuka secara umum untuk para turis atau wisatawan untuk bisa menikmati keindahan yang ada. Konon katanya, pegawai yang kerja hingga hari ini di kawasan Gua Waitomo merupakan keturunan dari tan Tinorau dan sang istri Huti.

Indahnya Gua Waitomo – Rumah Bagi Para Kunang-Kunang

Suasana di Dalam Gua Waitomo. Credit: thepointsguy.com

Lampu kelap-kelip yang ada di dalam gunung ini pun bukan berasal dari lampu, melainkan sinar dari tubuh para kunang-kunang yang bertengger di langit-langit dari gua ini. Maka tak heran apabila gua ini juga sering disebut sebagai Gua Kunang-Kunang atau The Glow Worms Cave.

Dengan suasana gua yang gelap dan cahaya dari kunang-kunang tersebut membuat gua ini pun semakin spesial, pemandangan dari bebatuan serta langit-langit yang terlihat seperti lampu pun menjadi sebuah pandangan yang akan lo dapatkan ketika masuk ke dalam gua ini.

Sungai yang mengalir di dalam gua ini pun seakan menjadi media untuk lo melewati segala keindahan yang ada di dalamnya. Tak heran apabila ini meruapkan salah satu gua terindah yang ada di dunia. Jadi, ketika lo ingin berlibur ke Selandia Baru, jangan lupa untuk datang ke Gua Waitomo yaa.

Indahnya Gua Waitomo – Hal yang Bisa Lo Lakukan

Aktivitas di Gua Waitomo. Credit: waitomo.com

Keindahan yang ada di dalam gua ini pun memang bisa membuat siapapun merasa ingin sekali untuk kembali serta merasakan keindahannya yang ada. Karena memang lo bisa melakukan beragam hal ketika berada sekitar 45 menit di dalamnya.

Melihat keindahan deretan bebatuan yang unik serta melihat aktivitas dari para kunang-kunang tentunya menjadi hal paling umum ketika berada di sana. Ternyata terdapat pilihan aktivitas lainnya loh yang bisa lo lakukan.

Seperti blackwater rafting atau tour keliling gua. Untuk aktivitas tour keliling gua tersebut akan meliputi aktivitas memanjat, menggunakan flying fox serta aktivitas-aktivitas memacu adrenalin lainnya. Tentunya akan cocok bagi lo yang memiliki jiwa petualang yang cukup tinggi.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gua Waitomo di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestarian dari setiap tempat wisata yang lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: caveworld.co.nz

 

 


 

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!