MAR 21, 2019

3 Jalur Alternatif Seru Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro!

Tidak perlu bingung memikirkan bagaimana caranya untuk sampai ke Gili Labak! Di bahasan kali ini lo akan diajak ke tiga jalur alternatif seru untuk bisa sampai ke surga eksotis di Madura tersebut. Penasaran? Sila simak bahasan kali ini ya!


Katanya, malu bertanya sesat di jalan – apalagi kalau perjalanannya jauh, bisa jadi enggak sampai spot petualangan tujuan, nih!

Kali ini lo memang akan diajak untuk ikut sebuah perjalanannya yang cukup jauh. Berada di lautan kawasan Pulau Madura, ada sebuah potongan surga yang mesti masuk ke dalam daftar perjalanan lo dan lo mesti juga datang ke sana tahun ini.

Spot petualangan eksotis tersebut bernama Gili Labak. Gili secara harfiah ada pulau kecil, dan Labak adalah nama dari pulau kecil ini. Walau kecil, Gili Labak tetap dihuni beberapa kepala keluarga. Mereka yang ada di sana, rata-rata menjaga dan mengelola resort yang ada.

3 Jalur Alternatif Seru Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro!

3 Jalur Alternatif Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro! credit: piknikasik.com

Gili Labak di empat tahun terakhir ini cukup mencuat namanya di kalangan para petualang, sebagai salah satu spot petualangan wajib dikunjungi di tahun ini. Pesonanya yang mencuri perhatian masif para petualang, tidak luput dari segala keindahan alam yang ditawarkan di sana.

Pasir putih yang menghampar mengelilingi pulau kecil tersebut dan air laut yang jernih, bersih serta kebiru-biruan ini membuat siapapun yang memandangnya, ingin berlama-lama tinggal di sana. Oleh karena itu, para petualang yang ingin menikmati pantai tropis, Gili Labak adalah salah satu yang direkomendasikan.

Eits, sudah penasaran ingin ke sana? Memangnya sudah tahu cara dan jalan menuju ke Gili Labak? Tenang bro, dibahasan kali ini – lo tidak akan tersesat untuk pergi ke sana, dan bahkan – Tim Super Adventure kasih tiga jalur alternatif untuk sampai ke Gili Labak.

Jalur Surabaya – Sumenep

3 Jalur Alternatif Seru Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro!

3 Jalur Alternatif Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro! credit: pegipegi.com

Kalau lo masih berada di Jakarta, tentu – lo mesti terbang dulu ke Surabaya, baik terbang dari Bandara Internasional Soekarno Hatta atau Halim, yang pasti menuju Bandar Udara Juanda Surabaya. Nah, jika sudah berada di kota pahlawan ini, salah satu jalur untuk menuju Gili Labak adalah lewat Sumenep.

Kota Sumenep bisa lo sambangi dari Surabaya. Caranya adalah terbang dengan maskapai Wings Air dari Bandar Udara Juanda Surabaya – dengan tujuan Bandar Udara Trunojoyo di Sumenep. Tenang, penerbangan lo tidak memakan banyak waktu. Hanya 35 menit saja.

Setelah sampai di Bandar Udara Trunojoyo Kota Sumenep, lo bisa melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan umum seperti Bus AKAS dari Terminal Purbaya dengan tujuan akhir Sumenep. Begitu sampai, tentu lo dihadapkan ke sebuah dermaga kayu.

Dari dermaga kayu tersebut, pastikan lo sudah mempunyai tiket kapal laut kecil yang akan mengantarkan lo menyebrang ke Gili Labak tersebut. Oh iya, pastikan – waktu jadwal pulang lo nanti juga sama dengan kapal laut yang akan menjemput.

Namun, karena Gili Labak sekarang ini sudah cukup terkenal dan sudah banyak petualang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri atau mancanegara yang datang ke sana – penyebrangan menggunakan kapal laut kecil tersebut sudah beroperasi tiap hari.

Jalur Pelabuhan Kalianget

3 Jalur Alternatif Seru Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro!

3 Jalur Alternatif Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro! credit: piknikasik.com

Pelabuhan Kalianget adalah jalur utama para petualang yang ingin menyebrang ke Gili Labak. Jika lo sudah berada di Kota Sumenep – jarak yang lo tempuh untuk sampai ke pelabuhan tersebut kurang lebih hanya 12 kilometer saja.

Dari Pelabuhan Kalianget lo bisa pilih beberapa jenis kapal yang akan mengantarkan sampai Gili Labak. Kalau mau cepat, paling mudah adalah menyebrang dengan kapal cepat. Namun, antar-jemput dengan kapal cepat ini belum reguler.

Oleh karena itu, lo mesti memastikan berapa lama lo berada di Gili Labak untuk proses penjemputan pulang. Hal ini jelas berkaitan dengan ongkos atau biaya antar-jemput tersebut. Karena belum ada tariff yang pasti, lo mesti tawar-menawar harga untuk jasa penyedia transportasi tersebut.

Jalur Desa Kombang

3 Jalur Alternatif Seru Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro!

3 Jalur Alternatif Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro! credit: dolanyok.com

Tidak begitu jauh dari Pelabuhan Kalianget – jalur Desa Kombang merupakan salah satu jalur alternatif yang bisa lo lewati jika ingin sampai ke Gili Labak. Kalau dari Kota Sumenep, tentu lebih jauh daripada ke Pelabuhan Kalianget.

Namun begitu – banyak petualang yang ternyata memilih jalur ini, lho. Pasalnya, penyebrangan yang relatif lebih singkat dan harganya yang murah terkait dengan jasa transportasinya! Jadi tidak heran jika jalur ini sering jadi pilihan utama para petualang.

Yang Perlu Lo Ketahui Untuk

Penyebrangan Ke Gili Labak

3 Jalur Alternatif Seru Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro!

3 Jalur Alternatif Menuju Gili Labak - Surga Eksotis di Madura, Bro! credit: ngetripyuk.id

Sementara ini – belum ada yang benar-benar reguler membuka jasa transportasi penyebrangan dari Sumenep atau pelabuhan dan dermaga lainnya ke Gili Labak. Oleh karena itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, pastikan berapa lama lo berada di sana agar bisa dijemput tepat waktu.

Soal budget, atau biaya penyebrangan – tarif yang ada di sana berkisar antara Rp 900 ribu sampai Rp 2 juta per satu kapal. Oleh karena itu, jika menurut lo dengan tarif seperti itu memberatkan, ada beberapa cara untuk meringankannya.

Salah satunya adalah jangan pergi ke Gili Labak sendiri (asal lo sanggup bayar jasa penyebrangan itu sih tidak apa-apa ya). Oleh karena itu, pastikan jika ingin datang ke sana, lo bersama kelompok-kelompok kecil, seperti 8-10 orang dalam satu kelompok.

Dengan begitu, pembagian biaya penyebrangan akan semakin murah dan terjangkau. Semisal, harga jasa penyebrangannya benar Rp 2 juta dan kalau lo ber-10 orang, tinggal dibagi dan satu orang hanya membayar Rp 200 ribu-an saja.

Cukup terjangkau, bukan? Eits, sudah tertarik sekali untuk datang ke Gili Labak? Pastikan dulu lo sudah punya waktu luang dan budget petualangan serta perjalanan sudah siap, baru berangkat deh bro!

 

Source

Feature Image - ngetripyuk.id


Please login to comment
2 COMMENTS
Amir Mahfudzi
March 21, 2019 at 4:34 PM

Lumayan juga biaya kesananya


Isrinatul Malikhah
April 5, 2019 at 12:43 PM

Wow keren banget