MAR 21, 2019

6 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Keseharian Lo!

Penggunaan sampah plastik di dalam kehidupan keseharian memang masih sangat tinggi serta merugikan lingkungan sekitar lo. Ingin tahu cara paling ampuh untuk mengurangi sampah ini? Simak saja beberapa cara ampuhnya di bawah ini!


Belum lama ini terjadi sebuah tragedi yang cukup membuat malu umat manusia. Makhuk hidup yang seharusnya lebih peka terhadap menjaga kelestarian semesta ini malah membawa malapetaka. Yaap, sebab tepat terjadi di Filipina, seekor paus terdampar dengan kondisi yang cukup mengenaskan. Kurang lebih sekitar 40 kg sampah plastik terdapat di dalam tubuh hewan tersebut. Bukankah ini merupakan hal-hal yang seharusnya tidak terjadi?

Kasus-kasus seperti ini pun sudah sering terjadi, bahkan di Indonesia sendiri juga pernah terjadi. Sekitar tahun 2018, tepatnya di Wakatobi terjadi hal yang serupa. Dan masalah utamanya ialah sampah plastik, karena memang ini merupakan jenis sampah yang sangat sulit sekali untuk didaur ulang. Namun, penggunaan plastik untuk kehidupan sehari-hari pun masih sangat tinggi.

Apakah kita sebagai manusia bisa menghindari atau menghilangkan kebiasaan menggunakan plastik? Tentu saja bisa bro, tinggal bagaimana lo mau melakukannya atau tidak? Sebab diperkirakan satu orang bisa menggunakan 700 kantong plastik setiap tahunnya. Dan tidak ada kata terlambat untuk melakukan sebuah perubahan.

Caranya cukup mudah dan sederhana loh. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap beberapa cara-cara agar lo bisa terlepas dari penggunaan plastik, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa. Semoga bisa berguna dan bermanfaat!

Cara Mengurangi Sampah Plastik – Membawa Tas Belanja Sendiri

Penampakan Dari Tas Belanja. Credit: sg.carousell.com

Tentu di dalam keseharian, lo tidak akan mungkin bisa menghindari melakukan aktivitas belanja bukan? Yaap, belanja untuk keperluan makan sehari-hari, baju dan kebutuhan lainnya. Namun sayangnya memang penggunaan plastik pun masih sangat tinggi. Karena memang plastik itu bisa memudahkan lo untuk melakukan belanja, namun dampaknya pun sangat negatif.

Untuk itu diharapkan mulai hari ini, lo sudah bisa melakukan langkah ini bro. Caranya cukup mudah kok, ketika sedang melakukan pembayaran, lo tinggal bilang kepada petugas untuk tidak memasukkan barang belanjaan ke dalam plastik. Melainkan lo membawa sendiri tas belanja dan memasukkan barang belanjaan lo ke tas tersebut.

Cara Mengurangi Sampah Plastik – Membawa Botol Air Minum Sendiri

Penggunaan Botol Minum Sendiri. Credit: switchbacktravel.com

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun dengan lo melakukan kebiasaan ini akan membuat dampak yang cukup signifikan terhadap lingkungan loh. Karena lo bisa mencegah timbunan botol plastik minuman yang menjadi masalah utama rusaknya lingkungan.

Karena memang selain dari plastik belanjaan, sampah dari botol plastik pun sangat tinggi dalam proses rusaknya alam. Bahkan berbicara mengenai paus yang terdampar, terlihat beberapa sampah botol plastik di dalam tubuh hewan besar itu.

Cara Mengurangi Sampah Plastik – Membungkus Makanan? Pake Kotak Bekal Saja

Ilustrasi Kotak Bekal. Credit: bukalapak.com

Ketika lo sedan di kantor atau kampus, tentunya membeli makanan di warung makan merupakan hal yang biasa lo lakukan. Biasanya kalau lo ingin membungkus makanan lo, biasanya penggunaan plastik pun masih tinggi, belum lagi kalau lauknya pun tidak bisa dimasukkan ke dalam satu tempat.

Untuk itu cara paling mudah untuk mengurangi plastik ketika ingin membungkus makanan lo ialah dengan membawa kota bekal lo. Selain leih bersih, tentunya sangat aman untuk lingkungan. Serahkan kota bekal kosong lo kepada sang penjual untuk diisi dengan pilihan menu makanan kesukaan lo.

Cara Mengurangi Sampah Plastik – Stop Penggunaan Sedotan, Garpu dan Sendok Plastik

Ilustrasi Penggunaan Sedotan Plastik. Credit: usatoday.com

Ini merupakan penyumbang sampah plastik yang paling banyak, bayangkan saja di dalam dunia ini akan banyak sekali manusia yang menggunakan sedotan atau sendok erta garpu untuk makan maupun minum. Dengan menggunakan alat-alat tersebut yang masih terbuat dari plastik tentunya bisa memperburuk kondisi lingkungan.

Oleh sebab itu, bawalah sendiri peralatan makan seperti sendolk dan garpu. Dan jangan lupa untuk berkata tidak terhadap para penjual yang masih menawarkan alat-alat berbahan plastik tersebut. Ooo iyaa, sekarang sudah mudah kok untuk mendapatkan sedotan yang reusable bro.

Cara Mengurangi Sampah Plastik – Gunakanlah Botol atau Jar

Ilustrasi Jar. Credit: ebay.com

Yaap, ini merupakan cara berikutnya yang bisa membuat lo mengurangi penggunaan plastik di dalam kehidupan keseharian lo. Tentunya penyimpanan dari bahan-bahan makanan atau bumbu dapur pun bisa sudah mulai lo pindahkan ke dalam botol atau jar.

Atau ketika lo sedang melakukan pendakian dan ingin membawa gula merah atau rempah-rempah penambah stamina lainnya, tentu bisa menggunakan jar. Agar bisa mengurangi tumpukan sampah plastik. Tentu menjaga kebersihan dari tempat pendakian lo juga merupakan hal yang penting untuk lo lakukan.

Cara Mengurangi Sampah Plastik – Pendakian yang Ramah Lingkungan

Ilustrasi Pendakian. Credit: greentravelerguides.com

Memang melakukan pendakian merupakan hal yang sangat indah serta seru sekali untuk dilakukan. Namun untuk selalu ingat yaa bro, bukan hanya kebersihan saja yang menjadi prioritas utama, namun apakah pendakian yang lo lakukan ramah terhadap lingkungan sekitar?

Yaap, cara mudahnya ialah untuk menghilangkan kebiasaan penggunanan plastik berlebih. Jika ingin makan mie instan, bungkus dari mie tersebut sebaiknya tak perlu lo bawa serta gunakan trash bag yang ramah lingkungan yaa. Dengan begitu, lo akan menguragi serta membantu untuk selalu menjaga kelestarian dari lingkungan sekitar loh.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar cara untuk menggunakan sampah plastik di kehidupan kesharian lo? Tentunya dengan berkurangnya sampah plastik, maka semesta pun akan semakin nyaman baik untuk manusia atau makhluk hidup lainnya yang hidup bersampingan. Utamakan lingkungan agar hidup kita lebih layak!

Source

 

 

Featured Image: inhabitat.com

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Agung nugroho
March 25, 2019 at 10:12 AM

Nice info


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 31, 2019 at 10:15 PM

Nice info broh


Kristian Mustafa
April 5, 2019 at 3:15 PM

Mulai dari yang mudah yaitu,ga usah pake kantong plastik bila belanja 1 atw 2 jenis barang di Minimarket atw swalayan bro.