10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai!

Beberapa barang di bawah ini dahulunya masuk ke dalam grey area - bahkan dilarang untuk masuk ke dalam kabin pesawat. Namun, atas izin pihak maskapai, 10 barang bawaan ini boleh masuk ke dalam kabin, lho!

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai!

Ternyata ada beberapa barang yang bisa lo bawa ke kabin pesawat atas izin maskapai, lho. Eits, bukan bawa barang yang aneh-aneh ya!

Beberapa waktu lalu, para petualang Indonesia yang kerap menggunakan jasa transportasi pesawat terbang, dikagetkan dengan regulasi baru. Regulasi tersebut adalah kenaikan harga bagasi pesawat. Selain itu, ditambah juga aturan pembatasan beban barang bawaan yang boleh dibawa ke kabin.

Sebelumnya, barang bawaan yang bisa dibawa ke kabin dibatasi tidak lebih dari 20 kilogram untuk bebannya dan dimensinya tidak lebih dari koper berukuran besar. Namun, sekarang ini – pembatasan 7 kilogram barang bawaan saja sempat diprotes banyak petualang ke beberapa maskapai yang menerapkan hal tersebut.

Sebagian petualang menuding jika regulasi tersebut hanyalah cara maskapai untuk mendapatkan keuntungan dari bagasi berbayar. Jelas, kalau barang bawaan lo yang akan dibawa ke kabin mempunyai beban lebih dari 7 kilogram – mau tidak mau lo mesti menggunakan jasa bagasi berbayar dan tentu hal tersebut membuat lo mengeluarkan budget lebih.

Terlepas dari hal-hal di atas, pembatasan beban barang bawaan tersebut ternyata juga untuk keselamatan para penumpang pesawat, lho. Resiko para penumpang kejatuhan tas besar saat berada di dalam kabin semakin kecil.

Tapi ternyata, ada beberapa barang yang boleh dibawa ke kabin atas izin maskapai, lho. Tinggal hubungi pihak maskapai sebelum penerbangan dan meminta izin untuk membawa barang tersebut masuk ke dalam kabin bersamaan dengan diri lo.

Berdasarkan beberapa data dari Skyscanner dan CNN Travel, berikut berbagai barang bawaan yang bisa lo bawa sampai kabin pesawat.

Abu Jenazah

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai!

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai! credit: bbc.com

Percaya atau tidak – abu jenazah bisa diperbolehkan dan diizinkan oleh pihak maskapai untuk lo bawa sendiri sampai di dalam kabin pesawat. Biasanya, abu jenazah ditaruh di dalam guci atau kendi. Daripada disimpan di bagasi pesawat yang rentan pecah karena ditaruhnya asal, lo bisa menghubungi pihak maskapai untuk meminta membawa sendiri abu jenazah tersebut, lho.

Uang Tunai dan Perhiasan

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai!

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai! credit: ecr.co.za

Jika lo kedapatan membawa uang tunai dan perhiasan dalam jumlah besar – maskapai memperbolehkan atau mengizinkan diri lo untuk membawa masuk barang tersebut sampai di dalam kabin. Tentu dengan alasan lebih aman, dan lo bisa bertanggung jawab dengan jumlah uang tunai dan perhiasan yang dibawa tersebut.

Drone dan Peralatan Kamera Besar

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai!

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai! credit: dronenerds.com

Tidak jauh dari alasan si abu jenazah sebelumnya – walau disimpan di dalam kotak khusus – drone dan beberapa peralatan kamera besar diperbolehkan lo bawa ke kabin karena jika di bagasi pesawat rentan pecah dan sebagainya.

Untuk menghindari resiko tersebut – maka beberapa maskapai memperbolehkan barang bawaan tersebut masuk ke dalam kabin.

Peralatan Penunjang Kesehatan

Peralatan penunjang kesehatan juga diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat. Contoh peralatannya adalah tongkat penyangga, kursi roda, dan beberapa alat medis lainnya – diperbolehkan oleh pihak maskapai untuk disimpan di kabin pesawat.

Obat Resep Dokter

Jelas ya bro – obat resep dokter, dan bukan obat-obatan terlarang, yang bisa lo bawa sampai ke dalam kabin pesawat. Tentu, berdasarkan alasan kesehatan para penumpang, pihak maskapai memperbolehkan obat dengan resep dokter dibawa ke dalam kabin pesawat.

Cairan Lebih Dari 100 ml

Sempat berada di grey area – keputusan untuk membawa cairan lebih dari 100 ml akhirnya diperbolehkan oleh pihak maskapai dengan alasan khusus. Jika alasan tersebut tidak masuk akal – bisa jadi pihak maskapai akan merekomendasikannya untuk disimpan di bagasi pesawat.

Makanan Bayi Berbentuk Cairan

Lebih dari 100 ml

Jika kedapatan membawa bayi atau balita – makanannya yang berbentuk cairan dan lebih dari 100 ml diperbolehkan untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Tentu alasannya adalah untuk membuat balita tersebut tenang selama dalam penerbangan.

Jika ia lapar dan makanannya disimpan di bagasi pesawat – wah bisa repot kalau nangis terus bro!

Makanan Berkuah dan Berbau Tajam

Barang bawaan yang satu ini juga masuk ke dalam grey area. Namun, ada keputusan dari pihak maskapai jika alasannya rasional – lo diperbolehkan untuk membawa barang ini ke kabin pesawat. Namun, jika lo tidak mempunyai izin, jangan kaget jika langsung direkomendasikan untuk disimpan di dalam bagasi pesawat ya!

Peralatan Musik atau Benda Seni Berharga

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai!

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai! credit: worldradio.ch

Biola yang sudah berumur puluhan tahun dan mempunyai nilai seni yang tinggi – juga diperbolehkan oleh pihak maskapai untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Tentu, rentan rusak jika disimpan di dalam bagasi pesawat. Oleh karena itu, pihak maskapai memperbolehkan si empunya yang membawa dan bertanggung jawa atas barang bawaannya tersebut.

Peralatan Elektronik Kapasitas

Baterai Lebih Dari 27 ribu Mah

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai!

10 Barang yang Boleh Masuk Kabin Pesawat Atas Izin Pihak Maskapai! credit: noblerate.com

Masuk juga ke dalam grey area – barang bawaan ini sempat dilarang untuk masuk ke dalam kabin pesawat dengan alasan keamanan. Ditakutkan, daya listrik yang besar tersebut akan mengganggu penerbangan lo.

Oleh karena itu, sebelumnya – pihak maskapai akan merekomendasikan barang tersebut untuk disimpan di bagasi pesawat. Namun, jika ada alasan khusus yang rasional – pihak maskapai memperbolehkan atau mengizinkan barang tersebut masuk ke dalam kabin pesawat.

Nah, itulah deretan barang bawaan yang bisa masuk ke dalam kabin pesawat atas izin pihak maskapai tentunya bro! Jika lo nekat menyelundupkan salah satu barang bawaan tersebut tanpa izin, jangan salahkan pihak maskapai jika lo menerima sanksi ya!

 

Source

Feature Image - journal.sociolla.com

Beginner solo traveling solo backpacker

3 COMMENTS

SHARE
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Nice inpooh bree
Agung nugroho
Info yg bermanfaat
Agung Sutrisno
Pembatasan beban barang bawaan tersebut untuk keselamatan para penumpang pesawat meski mungkin ada alasan selain hal ini.