MAR 25, 2019

5 Taman Laut Indonesia yang Eksotis dan Masih Jarang Dikunjungi Petualang!

Ternyata Indonesia punya deretan taman laut yang super kece dan keren, lho. Lima taman laut yang dibahas kali ini rasanya mesti banget masuk ke dalam daftar perjalanan lo. Kenapa begitu? Sila simak bahasan kali ini ya!


Sudah jadi rahasia umum jika Indonesia adalah negara kepulauan yang besar. Oleh karena itu, tidak heran jika Indonesia memiliki berbagai spot petualangan di titik-titik terpencil yang sangat eksotis dan masih jarang diketahui dan dikunjungi banyak petualang.

Salah satu jenis spot petualangan yang dimaksud adalah Taman Laut. Taman Laut atau Taman Nasional Laut adalah spot petualangan sekaligus biasanya jadi wilayah konservatif. Di sana, berbagai keindahan alam berada.

Mulai dari terumbu karang, koral, serta berbagai biota laut lainnya hidup dengan harmoni di berbagai taman laut yang tersebar di beberapa titik di Indonesia. Untuk datang ke sana, biasanya ada izin tertentu sehingga para petualang tahu persis tempat yang ia datangi adalah wilayah konservatif.

Sehingga para petualang tidak bisa berlaku sembarang. Perlu lo ketahui juga nih bro – salah satu taman laut yang dekat dengan Jakarta dan sudah cukup terkenal dan populer adalah taman laut di Kepulauan Seribu.

Tapi selain itu, ternyata ada 5 taman laut lagi yang masih jarang dikunjungi banyak petualang karena namanya jarang muncul ke permukaan. Tidak apa sih – yang jelas, diketahui segala keindahan alam bawah laut di sana tetap lestari.

Eits, penasaran juga dengan lima taman laut tersebut? Tenang bro, sila simak bahasan ini untuk mengetahui untaian mutiara yaitu taman laut di Indonesia yang keindahannya luar biasa eksotis dan boleh jadi masuk ke dalam daftar perjalanan atau petualangan lo nih!

Taman Nasional Laut – Taka Bonerate

5 Taman Laut Indonesia yang Eksotis dan Masih Jarang Dikunjungi Petualang! credit: cintanegeri.com

Berlokasi di ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan – gugusan atoll di spot petualangan atau taman laut ini merupakan terbesar ketiga yang ada di dunia. Dibalik gugusan tersebut, hidup dengan penuh harmoni – 295 jenis ikan karang, 261 terumbu karang dan masih banyak lainnya.

Taman Nasional Laut Taka Bonerate juga masuk ke dalam wilayah konservatif yang artinya – lo tidak bisa sembarang mengambil apapun yang ada di sana untuk dibawa pulang ya. Kelestarian di sana benar-benar dijaga dengan baik.

Buat lo yang ingin ke sana, pastikan lo menempuh jalur udara dari Bandara Internasional Sultan Hasanudding di Makasar – menuju Bandara H Aroeppala Selayar. Waktu penerbangannya cukup singkat kok, hanya 30 menit saja.

Lalu jika sudah mendarat di Bandara H Aroeppala Selayar, sila lanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar Benteng yang juga cukup singkat – mungkin hanya sekitar 15 menit saja bro. Oh iya, buat lo yang akan ke sini, musim terbaik adalah di rentang waktu April – Juni dan Oktober – Desember.

Taman Laut Rubiah – Sabang, Aceh

5 Taman Laut Indonesia yang Eksotis dan Masih Jarang Dikunjungi Petualang! credit: klikhotel.com

Berlokasi di Sabang, Aceh – tepatnya di barat laut Pulau Weh, ada sebuah pulau dengan luas kawasan kurang lebih 2.600 hektar yang dahulu pulau tersebut menjadi benteng para pasukan kolonialis yang datang di Indonesia.

Pulau tersebut bernama Pulau Rubiah yang di sana juga terletak sebuah taman laut yang sama dikenal dengan nama Taman Laut Rubiah. Di sana, berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang serta kerang raksasa jadi daya tarik utama para petualang.

Taman laut yang satu ini mempunyai arus atau ombak laut yang cukup tenang. Oleh karena itu, cukup aman dan visibility nya bagus untuk lo snorkelling atau diving. Untuk bisa ke sana, dari kota Banda Aceh lo mesti menuju Pelabuhan Ulee Lheue, kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Balohan yang ada di Pulau Weh.

Lalu, dari Pelabuhan Balohan tersebut, lo mesti melanjutkan perjalanan darat untuk sampai ke Pnatai Iboih. Dari pantai tersebut, sila naik kapal laut untuk mencapai Pulau Rubiah!

Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih

5 Taman Laut Indonesia yang Eksotis dan Masih Jarang Dikunjungi Petualang! credit: ksmtour.com

Kalau taman laut atau taman nasional laut yang satu ini rasanya sudah cukup terkenal di kalangan petualang. Sempat viral karena kemunculan kawanan ikan hiu paus di sini cukup lama – Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih sempat menarik perhatian yang masif.

Selain biota laut besar tersebut – masih banyak hal-hal menarik yang ada di taman laut ini. Seperti gua alam, sumber air panas di Pulau Misowaar, gua dalam air di Tanjung Mangguar serta spot-spot snorkelling dan diving yang super eksotis.

Buat sampai ke sini, lo bisa melakukan perjalanan udara ke Biak, lalu lanjutkan lagi dengan pesawat kecil ke Manokwari atau Nabire. Dari sana – lo bisa melanjutkan perjalanan dengan jalur air menggunakan longboat atau motorboat.

Taman Laut Selat Pantar

5 Taman Laut Indonesia yang Eksotis dan Masih Jarang Dikunjungi Petualang! credit: backpackerjakarta.com

Eits, masih asing dengan nama yang satu ini? Tentu bro – taman laut yang satu ini memang jarang sekali namanya muncul ke permukaan. Berada di Kabupaten Alor – Nusa Tenggara Timur, Taman Laut Selat Pantar mempunyai 26 titik penyelaman yang menjanjikan keindahan alam bawah laut yang luar biasa!

Pasalnya, taman laut ini meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate dan Pulau Pura.

Untuk sampai ke taman laut ini – lo bisa menuju Kupang terlebih dahulu lewat jalur udara, kemudian melanjutkan perjalanan laut dengan menggunakan kapal feri menuju Lanrantuka. Setelah sampai, lo bisa menaiki kapal kecil menuju Pelabuhan Kalabahi untuk masuk ke kawasan Kepulauan Alor.

Taman Nasional Kepulauan Togean

5 Taman Laut Indonesia yang Eksotis dan Masih Jarang Dikunjungi Petualang! credit: triptrus.com

Berlokasi di perairan Teluk Tomini di Sulawesi Tengah, Taman Nasional Laut Kepulauan Togean adalah salah satu yang paling eksotis di antara yang lain. Di taman laut yang satu ini, banyak sekali biota laut serta terumbu karang yang dilindungi.

Oleh karena itu, karena termasuk wilayah konservatif – lo sebagai petualang tidak bisa berlaku sembarang di sini, lho. Oh iya, cukup mudah lho untuk sampai ke sini. Buat lo yang berada di luar Sulawesi, pastikan lo mendarat di Bandara Sultan Jalaludin.

Dari sana, lo bisa naik apa saja termasuk transportasi umum karena Kepulauan Togean bisa dijangkau dari enam kabupaten yang berada di sekitar pesisir Teluk Tomini.

Wah bagaimana bro? Super eksotis bukan? Rasanya lima taman laut di atas mesti masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo nih. Tapi ingat ya, karena termasuk wilayah konservatif, lo tidak bisa sembarang melakukan hal-hal yang lo suka!

Oh iya, jika dekat tempat tinggal lo ada taman laut yang juga keindahannya boleh diadu dengan lima taman laut di atas, sila bagikan informasinya di kolom komentar di bawah ini ya. Biar petualang lainnya juga tahu akan informasi tersebut!

 

Source

Feature Image - limakaki.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
March 25, 2019 at 12:31 PM

No share lah biar ga rusak


Eksan B
March 27, 2019 at 11:42 PM

Biar gini aja bro.. Biar anak.alay tidak tahu.. Agar alam tetep lestari