Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism

Istilah Sustainable Tourism akhir-akhir ini kerap sekali digunakan para petualang. Eits, apakah lo sudah tahu artinya apa dan mengapa hal tersebut jadi isu petualangan yang berkembang? Sila simak bahasan kali ini ya!

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism

Akhir-akhir ini, istilah-istilah terkait dengan petualangan muncul ke permukaan. Sebelumnya ada Digital Nomad ada Eco Resort dan sekarang yang sebenarnya sudah lama ada di permukaan tapi belum tersentuh untuk dibahas: Sustainable Tourism.

Indonesia, sebuah negara tropis yang berdiri di bawah garis khatulistiwa, sudah menjadi rahasia umum kalau negara ini menjadi salah satu negara incaran para petualang. Pasalnya, Indonesia mempunyai segudang spot petualangan yang luar biasa indahnya.

Keindahan alam yang menjadi daya tarik utama tiap spot petualangan mesti sekali dijaga. Karena jika tidak, mungkin spot-spot petualangan yang eksotis tersebut hanya bertahan 5-10 tahun lagi. Oleh karena itu, muncul lah sebuah konsep: Sustainable Tourism.

Apa Sih Sustainable Tourism?

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism. credit: atravellerfootsteps.com

Cukup sering istilah ini digunakan oleh banyak petualang. Tapi, jangan-jangan mereka tidak tahu apa artinya? Eits, lo sendiri tahu ga nih bro, apa itu Sustainable Tourism? Kalau belum tahu, tenang – dibahasan kali ini, akan dijelaskan apa itu Sustainable Tourism.

Berdasarkan situs ensiklopedia ternama – Wikipedia, menyatakan jika Sustainable Tourism adalah sebuah konsep mengunjungi tempat, di mana si pengunjung, turis atau petualang tersebut – berusaha untuk memberikan efek positif untuk lingkungan di mana ia datangi.

Tidak hanya lingkungan saja, efek positif tersebut diharapkan menyebar ke komunitas, ekonomi, budaya dan sebagainya. Tentu, definisi barusan masih saja sangat luas. Oleh karena itu, mari dibahas satu persatu.

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism. credit: sustainability-leaders.com

Pertama, Sustainable Tourism untuk sektor lingkungan – sudah jelas jika adanya ungkapan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki di tiap spot petualangan yang lo datangi. Maksudnya, lo mesti menjaga spot petualangan tersebut dari kotornya sampah, dan lainnya.

Nah, Sustainable Tourism di sini juga maksudnya ke sana. Untuk menjaga agar spot petualangan tersebut bertahan atau sustain – tentu lo mesti jaga spot tersebut dari kerusakan. Selain membuang sampah pada tempatnya, tentu masih ada berbagai obligasi yang harus lo patuhi di tiap-tiap spot petualangan.

Efek positif ke komunitas, ekonomi dan budaya – tentu kurang lebih sama dengan penjelasan di atas. Jika di sektor ekonomi, lo bisa membeli cinderamata khas dari spot petualangan tersebut. Tentu, hal tersebut membantu pengrajin dan penjual untuk mendapatkan keuntungan dari pembelian cinderamata tersebut.

Menjadi Isu Global di Kalangan Petualang

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism. credit: medium.com

Percaya atau tidak, Sustainable Tourism – beberapa tahun belakangan ini menjadi isu global yang sangat dipertimbangkan dan dibahas oleh para pelaku industri pariwisata, termasuk Indonesia. Seperti yang dimuat di CNN Indonesia – bahwa dampak negatif dari pariwisata yang masif mulai membuat banyak orang sadar pentingnya berwisata dengan penuh tanggung jawab.

Aspek dari Sustainable Tourism ternyata banyak sekali, lho. Namun setidaknya, ada tiga poin utama yang mesti diperhatikan:

  1. Soal Lingkungan – kelestarian alam, kualitas dan keamanan konsumsi air, serta konservasi energy
  2. Pemberdayaan Komunitas – Pertahankan atraksi kebudayaan yang jadi daya tarik utama para petualang
  3. Menguatkan Ekonomi – Keterlibatan publik, peluang kerja bagi warga setempat.

 

Tiga poin di atas setidaknya adalah beberapa poin yan sekarang ini sudah menjadi salah satu target utama Kementerian Pariwisata untuk diurus mengingat Indonesia harus segera menerapkan konsep Sustainable Tourism.

Bisa Jadi Penghasil Devisa Negara Utama

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism. credit: travelsmart.com.ng

Salah satu alasan mengapa Sustainable Tourism mesti diterapkan di Indonesia, salah satunya adalah ekspektasi menjadi penghasil devisa negara yang utama. Berdasarkan situs berita satu, dimuat ekspektasi pariwisata di Indonesia akan menyumbangkan dana besar untuk devisa negara pada tahun 2030.

Tentu, waktu yang panjang tersebut akan sia-sia jika Sustainable Tourism tidak benar-benar diterapkan di Indonesia. Rektor Universitas Pelita Harapan, Jonathan L. Parapak masih dalam situs yang sama, menyatakan jika pariwista Indonesia bukan sekadar ‘masyarakat untuk pariwisata’ tetapi juga ‘pariwisata untuk masyarakat’.

Artinya, segala efek positif dari sisi traveling, petualangan dan turisme ini benar-benar langsung sampai ke masyarakat. Dari sana, bisa dilihat apakah konsep Sustainable Tourism ini benar-benar ampuh bekerja atau tidak.

Mengapa Sustainable Tourism

Jadi Sebuah Konsep Super Penting?

Ada jawaban unik dan dinilai cukup membuktikan jika konsep Sustainable Tourism ini penting. Charlie Merchant dari Charlie on Travel – menjawab bahwa konsep tersebut membuktikan jika petualang atau traveler itu peduli dengan tempat atau spot serta destinasi petualangan yang mereka kunjungi.

Kesadaran adalah salah satu kunci agar konsep ini benar-benar berhasil dan bisa memberikan efek yang positif untuk segala aspek yang terkait dengan petualangan.

Sebuah Solusi Untuk Sustainable Tourism

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism

Sebuah Isu Petualangan: Mengenal Apa Itu Sustainable Tourism. credit: eternalarrival.com

Di situs sustainabletourism.net – di sana cukup lengkap sekali tentang definisi Sustainable Tourism, Isu yang berkembang, efek turismenya, efek ke manusia, efek ke alam bebas serta lingkungan, efek ke tingkatan air bersih dan bahkan efek untuk musim dan cuaca.

Kelengkapan dasar-dasar Sustainable Tourism di situs tersebut mengerucut ke sebuah solusi untuk konsep ini. Selain mengandalkan kesadaran penuh dan tinggi, masih ada beberapa hal lagi yang bisa menunjang konsep ini.

Salah satunya adalah edukasi. Benar sih sudah sadar, namun jika tidak diajarkan bagaimana melakukannya dengan benar, bisa jadi hasilnya akan sama saja. Kemudian, edukasi ini tidak bisa dilakukan hanya satu – dua pihak saja, lho. Harus semua pihak yang terkait untuk mendapatkan edukasi soal kesadaran konsep Sustainable Tourism.

Dari hal-hal tersebut – nantinya diprediksi akan menghasilkan sebuah keseimbangan, antara alam dan manusia yang berusaha selalu mendapatkan pengalaman dari petualanganya yang berkesan.

Sudah panjang lebar begini – bagaimana nih bro? Sudah paham dengan isu Sustainable Tourism? Sebagai petualang sejati dan hebat, tentu lo peduli dengan alam dan sekitarnya kan? Oleh karena itu, tetap gaungkan penjagaan kelestarian alam di manapun lo berada ya!

 

Feature Image - greenmatters.com

In Depth Beginner Extreme solo traveling solo backpacker

5 COMMENTS

SHARE
Sangat mengedukasi
Info yang bermanfaat
Nice info
Artikel yang menarik
Sangat bermanfaat. Jadi kita harus memberi efek positif ke suatu tempat yg kita tuju