Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Masih ragu untuk berpetualang ke Pulau Komodo? Berikut 7 acuannya biar jadi pertimbangan lo supaya tahun 2019 ini mesti datang ke sana!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Walau diawal tahun 2019 ini ada kabar yang tidak begitu menyenangkan soal spot petualangan ini, tapi keberadaanya mengharuskan lo ke sana! Taman Nasional Komodo, berikut 7 alasan menarik yang mesti lo ketahui sebagai acuan keharusan lo datang ke sana.

Selain keberagaman spot petualangan yang super eksotis yang tersebar merata dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia, nusantara ini juga mempunyai keberagaman hayati – flora dan fauna. Nah, beberapa fauna yang sudah terkenal di kalangan petualang, banyak yang endemik Indonesia.

Istilah endemik digunakan ketikan si fauna memang tidak bisa ditemukan di manapun, terkecuali di spot mereka berasal. Sekalinya pun ada, tentu berasal dari daerah di mana mereka diambil. Salah satu hewan endemik yang hanya ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo adalah ‘Naga Komodo’ itu sendiri.

Komodo sendiri sudah mendapatkan predikat sebagai salah satu hewan prasejarah yang akhirnya bisa bertahan hidup hingga zaman ini. Tentu, dengan predikat seperti itu, banyak petualang yang penasaran dengan hewan buas dan liar ini.

Oleh karena itu, banyak sekali petualang – baik yang berasal dari dalam negeri sendiri ataupun mancanegara, datang ke Indonesia, khususnya ke Pulau Komodo untuk menyaksikan hewan ajaib dan menarik ini.

Tapi, sebenarnya – tidak cuma sang Komodo saja yang menjadi daya tarik utama para petualang untuk datang ke sini. Penasaran mengapa? Karena setidaknya ada 7 alasan menarik yang mestinya jadi acuan lo atau pertimbangan lo saat ingin ke sini.

Makin mau tahu apa saja tujuh alasan tersebut? Sila pastikan lo sudah membuat kopi, siapkan kudapan dan simak terus bahasan kali ini!

The New Seven Wonders of the World

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini! credit: internasional.republika.co.id

Gelar dan predikat yang cukup bergengsi, kan untuk ukuran spot petualangan seperti Pulau Komodo? Tentu cukup bangga jadi petualangan Indonesia karena sebelum mendapatkan gelar tersebut, Pulau Komodo mesti bersaing dengan Amazon dan Air Terjun Iguazu.

Landscape yang nyaris sempurna, deretan pantai yang eksotis seperti pantai pink, dan tentu komodo sebagai bintangnya adalah beberapa fakta soal Pulau Komodo yang mesti lo kunjungi. Rekomendasi Pulau Komodo juga disetujui oleh UNESCO sebagai lembaga yang menilai soal spot petualangan yang syarat akan keindahan alam, keberagaman budaya dan lainnya.

Oh iya bro, kalau lo mau ke Pulau Komodo – pastikan lo tengah datang saat musim panas. Hal tersebut dikarenakan oleh visibility dalam air atau di atas sudah dijamin tengah dalam kondisi bersih, sehingga para petualang bisa menikmati spot tersebut dengan sempurna.

Eksplorasi Dengan Cara Island-Hopping

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini! credit: indonesiatrip.id

Eits, waktu petualangan lo tidak hanya akan dihabiskan di Pulau Komodo saja, lho. Ada banyak cara untuk eksplorasi keseluruhan kompleks spot petualangan di sana. Nah, karena terhubung dengan lautan, tentu lo akan melakukan Island Hopping.

Island Hopping adalah salah satu cara petualangan dengan mengunjungi berbagai pulau-pulau kecil yang ada di sekitar sana menggunakan perahu kayu atau perahu bermotor. Selain Pulau Komodo, ada Pulau Padar, Pulau Rinca dan 26 pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Oh iya, beberapa travel agent bahkan menawarkan paket petualangan yang menggiurkan, lho. Selain bisa menggunakan kapal cepat atau kapal bermotor untuk melakukan island hopping – lo juga bisa pilih paket yang menggunakan kapal kayu phinisi!

Lebih Dekat Dengan Naga Komodo!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini! credit: discoverykomodoadventure.com

EITS! TAPI JANGAN TERLALU DEKAT! Walau sudah terbiasa bertemu dengan wisatawan, traveler atau para petualang – namun perlu diingat kalau naga komodo tetaplah hewan liar yang berbahaya. Bahaya dari seekor naga komodo terletak di mulut atau air liurnya.

Air liurnya yang mempunyai bakteri serta racun yang cukup ampuh untuk melumpuhkan mangsanya hanya salam satu gigitan saja. Oleh karena itu – pastikan lo tidak terlalu dekat dengan mereka. Oh iya, buat lo yang ingin ketemu dengan naga komodo paling besar, sila datang ke Pulau Rinca untuk bertemu komodo yang panjangnya mencapai tiga meter.

Mengunjungi Pantai Pink yang Romantis

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini! credit: phinemo.com

Selain mengandung unsur bahaya serta tantangan yang bisa memacu adrenalin seorang petualang, Pulau Komodo juga mempunyai spot petualangan yang romantis. Sebut saja seperti pantai pink yang begitu memesona.

Pantai Pink di kompleks Pulau Komodo benar-benar menarik perhatian masif para petualang, lho. Oh iya, pantai pink ini hanya ada tujuh di dunia dan salah satunya ada di Indonesia. Wuih pasti bangga lah ya!

Berenang Bareng Ikan Pari Manta!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini! credit: sportourism.id

Keindahan alam yang ada di Pulau Lombok tidak hanya yang ada berada di atas saja, bro. Tapi keindahan alam bawah lautnya juga tidak bisa lo lewatkan begitu saja. Selain terumbu karang serta berbagai biota laut yang luar biasa indah, ada momen yang mesti lo dapatkan nih.

Momen tersebut adalah berenang atau menyelam bersama ikan pari manta! Ikan pari manta adalah salah satu biota laut yang dilindungi di Indonesia. Keberadaanya yang tinggal sedikit membuat status ikan pari manta naik menjadi langka!

Melihat Bioluminescence di Garis Pantainya!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini! credit: florestourism.com

Kalau lo sibuk memerhatikan rasi bintang yang jelas sekali terlihat di saat malam hari di Pulau Komodo, jangan sampai lo kelewatan juga untuk melihat garis pantai yang bisa menyala dalam gelap. Eits, ini bukan teknologi yang dibuat dengan sengaja.

Melainkan sejumlah biota laut kecil-kecil yang berkumpul di garis pantai – biasanya – dan bisa menyala dalam gelap. Jika terkena ombak laut, gemerlap cahayanya begitu indah, bro!

Spot Fotogenik di Pulau Padar!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini!

Pulau Komodo dan 7 Alasan Menarik Mengapa Lo Harus ke Sana 2019 Ini! credit: duamedia.net

Ini yang mesti juga lo dapatkan saat akan berpetualang di sana. Spot foto di Pulau Padar ini begitu fotogenik! Keindahan alamnya benar-benar terlihat luar biasa dari sana. Spot tersebut merupakan wilayah perbukitan sehingga jika berfoto di sana, lo bisa melihat deretan atau garis pantai yang indah!

Nah, makin yakin untuk datang ke Pulau Komodo dan berpetualang di sini kan? Tahun 2019 ini mesti banget lo manfaatkan untuk berpetualang ke sini, bro!

 

Source

Feature Image - blog.dwidayatour.co.id

Wilderness Beginner sumbawa pulau komodo nusa tenggara timur solo traveling solo backpacker

6 COMMENTS

SHARE
Amir Mahfudzi
Wihh kerenn
Eksan B
Ya ampyun indahnya...
Rykma Alodya
Hem harus 2019 ya.. Semoga bisa kesini..
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Kodomo kodomo teman baikku. Eh komodo ding ya
Agung nugroho
Garis pantainya bikin pengen
Kristian Mustafa
Luar biasa indah Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa di Pulau ini