Ini Dia 5 Spot Wisata Alam di Papua yang Memukau dan Patut Untuk Lo Kunjungi!

Papua merupakan pulau yang memiliki beragam keindahan alam yang patut menjadi destinasi wisata lo berikutnya. Bukan hanya itu saja, namun di dalam kawasan pulau ini juga terdapat beberapa kawasan atau tempat wisata alam yang indah. Penasaran? Langsung saja simak beberpa informasinya di bawah ini!

Ini Dia 5 Spot Wisata Alam di Papua yang Memukau dan Patut Untuk Lo Kunjungi!

Terkenal sebagai mutiara dari timur, Papua ternyata merupakan tempat dimana lo bisa melihat atau menikmati banyak sekali tempat wisata alam yang memiliki keindahan alam nan elok. Lo bisa mendapatkan beragam hal, mulai dari keindahan pantai hingga pegunungan. Tak heran apabila banyak dari wisatawan baik dari dalam negeri atau luar negeri yang ingin merasakan secara langsung keindahan alam yang ada di pulau ini.

Papua sendiri juga merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia loh, sebagai pulau yang terletak di kawasan paling timur Indonesia ini juga terkenal dengan daratan dana lam bawah lautnya yang menjadi surga tersendiri bagi penggemar wisata alam.

Budaya atau adat yang ada di Papua sendiri hingga hari ini masih bertahan walaupun di zaman yang serba modern saat ini. Menjelajahi Papua tentunya menjadi sebuah pengalaman yang tak mudah untuk lo lupakan. Bukan hanya Raja Ampatnya saja loh yang bisa lo kunjungi ketika berkunjung ke pulau ini, namun terdapat beberapa pilihan kawasan wisata alamnya lainnya yang patut untuk lo kunjungi.

Daripada lo semakin penasaran terhadap kawasan wisata yang ada di Papua, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini. Semoga bisa menambah tempat tujuan wisata yang akan lo kunjungi di tahun ini yaa.

Wisata Alam di Kawasan Papua – Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Ini Dia 5 Spot Wisata Alam di Papua yang Memukau dan Patut Untuk Lo Kunjungi!

Suasana di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Credit: misterpangalayo.com/

Tempat wisata alam pertama yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di Papua ialah Taman Nasional Teluk Cendrawasih, yaap tentunya taman nasional ini memilki sebuah keindahan serta mampu memberikan sebuah momen liburan yang lebih berwarna.

Taman nasional dengan luas sekitar 1.453.500 ini hampir 90% berupa perairan, tak heran apabila kawasan taman nasional ini menjadi kawasan konservarsi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Kurang lebih terdapat sekitar 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa lo saksikan di alam bawah lautnya.

Biota alam laut yang paling mudah untuk lo saksikan di taman nasional ini berupa kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba. Tentu lo akan melihat keberadaan mereka ketika melakukan penyelaman di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Wisata Alam di Kawasan Papua – Danau Paniai

Ini Dia 5 Spot Wisata Alam di Papua yang Memukau dan Patut Untuk Lo Kunjungi!

Suasana di Danau Paniai. Credit: ksmtour.com

Bukan hanya Danau Sentani saja yang menjadi danau indah yang ada di Papua, namun lo patut untuk mengujungi danau lainnya, salah satunya ialah Danau Paniai. Bahkan danau ini pun pernah menyandang gelar danau terindah ke 157 di dunia pada November 2007.

Untuk bisa mencapai ke danau ini, lo bisa menggunakan kendaraan dari Kota Enarotali atau juga bisa dengan jalur udara yaitu menggunakan pesawat jenis Cessna. Banyak pula wisatawan lokal maupun luar negeri yang mengincar pemandangan danau pada saat matahari terbenam.

Danau Paniai sendiri terletak di pegunungan dan berada sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut, tentunya suasana di danau ini pun sejuk. Uniknya lagi walaupun terletak di kawasan pegunungan namun danau ini memiliki banyak spesies udang dan ikan. Salah satunya ialah Udang Selingkuh, yang merupakan sejenis udang yang merupakan spesies endemik Papua.

Wisata Alam di Kawasan Papua – Gua Kokas

Ini Dia 5 Spot Wisata Alam di Papua yang Memukau dan Patut Untuk Lo Kunjungi!

Suasana di Gua Kokas. Credit: tracesofwar.com

Ini merupakan tempat bersejarah yang terletak di daerah Kokas dan merupakan peninggalan tentara Jepang pada Masa Perang Dunia II. Di dalam hua ini sama sekali tidak ada penerangan dan bentuknya pun masih dijaga seperti ketika ditinggalkan oleh tentara Jepang.

Perjalanan dari Kota Fakfak menuju Gua Kokas membutuhkan waktu sekitar dua jam. Gua yang menjadi tempat persembunyian ini memilki panjang 138 meter dan terdapat 3 bunker berukuran 4 meter untuk pengintaian tentara Jepang.

Kondisi gua yang gelap pun menjadi sebuah alasan kuat mengapa ketika lo masuk ke dalamnya disarankan untuk membawa senter. Terkadang harus berjalan sambil meraba di dinding sekitar gua. Jalan menuju situs ini pun adak sulit dan keadaan gua yang agak ekstrem.

Wisata Alam di Kawasan Papua – Pantawana

Ini Dia 5 Spot Wisata Alam di Papua yang Memukau dan Patut Untuk Lo Kunjungi!

Suasana di Panta Pantawana. Credit: /wartawisata.id

Bukan hanya Raja Ampat saja yang bisa memberikan sebuah suasana pantai yang indah, karena lo bisa merasakan suasana tersebut di Pantai Patawana. Pantai yang berjarak 30 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh selama satu jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Bahkan ekosistem di pantai ini pun tergolong masih terjaga ditambah dengan satwa di sekitar pantai yang bisa berkeliaran dengan bebas, hamparan pasir putih kemerahan, air biru jernih dan sederatan pohon kelapa merupakan pesona utama dari Pantai Patawana.

Lo juga bisa melakukan beberapa aktivitas di pantai ini, seperti snorkeling, diving dan juga surfing. Untuk surfing dan menikmati ombak, lo bisa datang ke pantai ini dari bulan Agustus sampai September. Tentunya kawasan pantai ini pun bisa menjadi tempat wisata yang akan membuat liburan lo lebih berwarna.

Wisata Alam di Kawasan Papua – Fakfak

Ini Dia 5 Spot Wisata Alam di Papua yang Memukau dan Patut Untuk Lo Kunjungi!

Suasana di Fakfak. Credit: triesapanuju.blogspot.com

Fakfak sendiri merupakan kota yang terletak di daerah Papua Barat dan untuk mencapainya lo bisa menggunakan pesawat terbang yang terbang langsung menu bandar udara Fakfak. Buat lo yang suka dengan kuliner yang memiliki cita rasa nan unik, kota ini pun bisa menjadi tujuan yang tepat.

Beberapa pilihan makanan khas yang ada di Fakfak ialah manisan pala dan martabak sagu. Tentunya rasa yang ada dikuliner kota ini menjadi hal yang bisa membuat lo menyadari betapa beragamnya masakan asli Indonesia beseta dengan budaya.

Kota ini juga menyediakan beberapa tujuan tempat wisata alam yang indah, berupa pantai, dataran tinggi hingga air terjun. Tentu ini merupakan kawasan wisata yang tepat untuk lo kunjungi ketika berada di Papua.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar wisata alam di kawasan Papua? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Teruslah bersemangat dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

 

Featured Image: phinemo.com

 

Wilderness Beginner solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Teluk cendrawasih indaaaah. Jadi pengen kesana
Amir Mahfudzi
Papua selalu punya tempat yg luar biasa
Rykma Alodya
Memang papua mempunyai keindahan yang tersembunyi
Agung nugroho
Papua is amazing
Muhammad arifudin
Papua oh Papua
Kristian Mustafa
Memang pantas mendapat julukan negeri Mutiara dari timur