APR 1, 2019

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama!

Rasanya pasti selalu grogi ya untuk melakukan hal apapun untuk pertama kalinya. Sama seperti petualangan! Tapi, sila simak 4 cara menarik untuk mentransformasi rasa grogi tersebut menjadi energi positif untuk dapat pengalaman petualangan yang luar biasa berkesan!


Rasa senang yang bercampur dengan grogi, nervous – serta sedikit overthinking biasanya membuncah dalam benak ketika lo akan pergi berpetualang. Apalagi, petualangan tersebut adalah perjalanan pertama lo. That journey will change your life forever!

Adrenalin yang terpompa bahkan bisa terdengar dari denyut nadi lo! Bro, tidak perlu nervous atau memikirkan hal-hal aneh yang akan menimpa lo dalam perjalanan pertama tersebut. Tenang saja, anggap segala apapun yang nanti akan lo alami, adalah sebuah kejutan yang menarik.

Rasa-rasa yang sudah disebutkan di atas ternyata juga dialami oleh Reece Barclay. Ia merasakan hal-hal tersebut saat melakukan perjalanan pertamanya ke Bangkok di tahun 2016. Hampir yang ia jumpai adalah hal-hal yang tidak masuk diakal.

Bahkan, di hari pertamanya ia berpetualang di sana – ia mabuk bersama para petualang lainnya yang baru saja ia temui. Cukup cepat untuk akrab, tapi rasanya cara-cara tersebut bisa membuat lo mendapatkan pengalaman yang biasa saja.

Barclay bahan mengatakan jangan melakukan seperti apa yang sudah ia lakukan pada saat ia berpetualang di Bangkok di 2016 lalu tersebut. Ia menegaskan untuk mempelajari semua hal baru yang ditemui secara perlahan.

Oleh karena itu, setidaknya ada empat cara menarik yang bisa membuat petualangan pertama lo lebih mengesankan, setidaknya lebih asyik dan seru daripada yang didapatkan oleh Barclay. Buat lo yang sudah penasaran, sila simak bahasan ini ya!

Supaya tidak kehilangan berbagai hal seru yang bisa saja lo dapati sebagai kejutan menarik di petualangan pertama lo, berikut empat cara menariknya:

Dekati Berbagai Kearifan Lokal: Termasuk Masyarakatnya!

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama!

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama! credit: hollywoodreporter.com

Jika brosur-brosur travel agent yang menunjukan berbagai spot petualangan sudah membuat lo tertarik, tunggu sampai jika lo ketemu dengan masyarakat setempat dari destinasi tersebut. Terkadang, mereka bisa menunjukan atau bahkan mengantarkan lo spot yang super eksotis dan tidak ada di brosur-brosur tersebut!

Nah, hal ini yang dimaksudkan dengan sub-title atau poin pertama di atas. Datang ke sebuah destinasi baru dan hal pertama yang mesti lo lakukan adalah mendekati berbagai kearian lokal – khususnya masyarakat sekitarnya!

Oleh karena itu, biasanya – para petualang yang akan menjalani perjalanan pertamanya, tidak akan menginap di hotel-hotel mewah seperti yang ditawarkan oleh berbagai travel agent diluar sana. Mereka biasanya akan berusaha mencari guest house yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar.

Dengan begitu, interaksi atau komunikasi yang akan lo lakukan dengan mereka, akan lebih mudah, dan tentunya lebih dekat. Sah-sah saja bro mengikuti deretan spot petualangan yang dipajang di brosur-brosur atau paketan traveling. Tapi, mereka – masyarakat sekitar, tahu rahasia-rahasia yang bsia jadi, itu adalah kejutan-kejutan menarik yang sudah menunggu lo!

Oleh karena itu, penting sekali berbaur dengan masyarakat sekitar, bro. Kalau lo bukan turis, tentu lo tidak akan malu untuk duduk berdampingan dengan mereka, berbagi cerita – dan dengan sebaliknya, mereka akan menunjukan lo ‘siapa bintang’ yang sesungguhnya!

Dekat Dengan Masyarakat Sekitar = Teman Baru!

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama!

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama! credit: whiskeyriff.com

Nah, kelanjutan dari poin pertama yang sudah dijelaskan di atas adalah sebuah keuntungan atau manfaat untuk lo. TEMAN BARU! Siapa yang tidak mau punya teman baru, bro? Eits, tapi bukan berarti teman lama dilupakan ya!

Mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar dan segala kearifan lokalnya dan mendapatkan teman baru adalah salah satu manfaat dari banyaknya hal yang bisa lo dapatkan dalam sebuah perjalanan atau petualangan.

Apalagi, perjalanan ini adalah kali pertama yang lo lakukan. Tentu mendapatkan teman baru adalah kejutan menarik yang bisa membuat petualangan lo semakin berkesan. Jadi, tidak ada alasan lagi mengapa lo harus berbaur dengan masyarakat sekitar spot petualangan tersebut, ya!

Berbaur Lalu Mengetahui Budaya Mereka di Sana

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama!

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama! credit: hollywoodreporter.com

Nah, hal ketiga yang bisa lo lakukan agar petualangan pertama lo semakin berkesan adalah mempelajari dan mengetahui budaya atau segala kearifan lokal yang dianut oleh masyarakat setempat! Hal ini adalah sebuah nilai plus yang tidak bisa lo dapatkan di mana-mana selain di spot tersebut dengan mereka itu, bro.

Oleh karena itu, jangan malu-malu untuk mengetahui serta mempelajari kebiasaan atau budaya mereka. Semisalnya, lo main ke Desa Wae Rebo – jangan malu-malu untuk mengganti pakaian lo di sana dan mengenakan pakaian yang sama dengan masyarakat suku di sana.

Tidak hanya mengenakan pakaiannya, lo juga bisa mencoba tidur di rumah adatnya. Bahkan, ikut makan, makanan yang biasa disajikan di sana. Dari hal-hal tersebut, dengan mudah lo akan mengetahui budaya yang unik dan keberagamanan yang luar biasa indahnya!

The Ultimate One: Discover Yourself!

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama!

4 Cara Menarik Buat Dapat Pengalaman Berkesan di Petualangan Pertama! credit: hosting.com

Dari ketiga cara menarik di atas, cara yang keempat ini benar-benar menarik. Tahu kenapa? Karena dari ketiga cara menarik di atas, lo akan mendapati: Siapa diri lo sebenarnya? Tapi, sekarang sudah bisa terjawab nih kalau lo adalah seorang petualang!

Petualang yang berani keluar dari zona nyamannnya, dan beradu resiko dengan berbagai tantangan di luar sana. Bro, dengan sendirinya – sadar atau tidak sadar, dari tiap petualangan dan perjalanan, perlahan lo akan tahu siapa diri lo sebenarnya.

Oleh karena itu, jika ada kata-kata yang menyatakan – panjatlah gunung tertinggi untuk mengetahui siapa diri lo sebenarnya, itu benar adanya. Petualangan, perjalanan akan membuka diri lo yang sebenarnya siapa.

Tapi tentu, tidak secepat lo langsung mengetahui siapa diri lo sebenarnya karena satu petualangan atau satu perjalanan ya. Butuh perlahan dan banyak sekali percobaan yang mesti lo lakukan.

Waduh, jadi enggak sabar untuk memulai petualangan? Terlebih ini akan jadi petualangan dan perjalanan pertama lo? Sila bro! Pastikan saja lo mempunyai waktu luang yang cukup panjang untuk rehat dari segala rutinitas yang membosankan.

Ayo bro, kemas tas punggung lo dengan barang-barang yang mesti lo bawa dan mulailah perjalanan serta petualangan lo secepatnya!

 

Source

Feature Image - stories.avvo.com


Please login to comment
6 COMMENTS
Muhammad arifudin
April 2, 2019 at 1:12 PM

Bener juga sih


Amir Mahfudzi
April 2, 2019 at 6:33 PM

Nice info


Eksan B
April 3, 2019 at 12:32 PM

Siap agendakan


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 3, 2019 at 6:30 PM

Bener jugaaa


Juang Pratama
April 27, 2019 at 5:05 AM

sepertinya perlu dicoba


Arspinparsono
April 29, 2019 at 9:31 AM

Mantap jiwa