Mengenal Keindahan dari Taman Nasional Batang Gadis yang Terletak di Sumatera Utara!

Berbicara mengenai sebuah hutan lindung yang indah, tentunya lo patut untuk mengujungi Taman Nasional Batang Gadis yang terletak di kawasan Sumatera Utara. Penasaran? Langsung saja cek informasinya di bawah ini!

Mengenal Keindahan dari Taman Nasional Batang Gadis  yang Terletak di Sumatera Utara!

Indonesia memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tak heran apabila terdapat banyak pilihan taman nasional yang patut untuk lo kunjungi, salah satunya ialah Taman Nasional Batang Gadis. Yaap, taman nasional yang terletak di kawasan Sumatera Utara ini menyimpan banyak keindahan yang tergolong masih liar. Sehingga lo bisa mendapatkan sebuah pengalaman untuk lebih dekat dengan alam.

Taman nasional yang tepat terletak di Kabupaten Madailing Natal ini meiliki luas wilayah sekitar 108.000 hektare. Memang ketika lo pertama kali mendengar namanya, pasti akan muncul pertanyaan, apa sih yang dimaksud dengan “batang gadis”. Ternyata nama tersebut diambil dari sungai utama yang mengalir dan membelah Kabupaten Madina yaitu Sungai Batang Gadis.

Kawasan dari taman nasional ini sendiri sebagian besar merupakan hutan lindung loh serta memiliki ketinggian sekitar 300 sampai dengan 2.145 meter di atas permukaan laut dengan titik tertingginya ada di puncak Gunung Sorik Marapi. Taman Nasional Batang Gadis juga memiliki beragam daya tarik wisata alamnya.

Daya tarik tersebutlah yang menjadi sebuah alasan kuat bagi para penjelajah yang ingin atau yang sudah datang ke kawasan taman nasional. Nah, di dalam artikel ini akan memberi tahu kepada lo mengenai spot-spot wisata yang perlu untuk lo kunjungi ketika berada di dalam taman nasional ini. Ooo iyaa, buat lo yang sennang berpetualang dan trekking, tentunya ini merupakan destinasi yang tepat.

Kesan alami berupa gemercik air higga suara satwa liar silih berganti menjadi sebuah suasana yang akan lo temui ketika menginjakkan kaki di sana. Kondisi alamnya yang tenang dan alami ini bisa menyegarkan pikiran lo. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap informasi tempat wisata yang ada di kawasan taman nasional ini, langsung saja cek di bawah ini yaa!

Daya Tarik dari Taman Nasional Batang Gadis – Danau Saba Begu

Mengenal Keindahan dari Taman Nasional Batang Gadis  yang Terletak di Sumatera Utara!

Suasana di Danau Saba Begu. Credit: pariwisatasumut.net/

Taman nasional yang memilki sekitar 47 spesies mamalia, 247 burung dan 240 tumbuhan vaskular ini tentunya memiliki spot wisata alamnya yang indah. Danau Saba Begu termasuk diantaranya. Untuk bisa berada di danau ini, lo harus menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 4 sekitar 45 menit dari kota.

Setelah itu, lo harus melalui jalan setapak sejauh 300 meter untuk bisa melihat danau yang indah ini. Oo iyaa, ketika berada di kawasan Danau Saba Begu ini lo bisa melihat panorama alam yang indah berupa puncak Gunung Sorik Merapi. Tentunya bisa menjadi sebuah spot fotografi yang indah juga loh.

Ketika berkunjung ke Danau Saba Begu lo juga bisa melihat satwa-satwa nan cantik loh. Satwa berupa burung-burung yang selalu mengeluarkan suaranya yang merdu bisa menjadi obat untuk menghilangkan rasa penat lo. Ooo iyaa, lo juga bisa memancing loh di danau ini.

 Daya Tarik dari Taman Nasional Batang Gadis – Sibanggor Julu

Mengenal Keindahan dari Taman Nasional Batang Gadis  yang Terletak di Sumatera Utara!

Suasana di Sibanggor Julu. Credit: brilio.net

Spot berikutnya merupakan kawasan dimana lo bisa melihat beragam keindahan alam di kawasan ini, bukan hanya itu kondisi medannya juga cukup menantang. Sehingga akan sangat cocok sekali buat lo yang memiliki jiwa petualang.

Untuk bisa tiba di kawasan Sinbanggo Julu ini, lo harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit menggunakan kendaraan roda 4 dari Kota Panyabungan. Daya tarik dari spot Sibanggor Julu ini, lo bisa melakukan pendakian di Gunung Sorik Merapi.

Ketika melakukan pendakian tersebut, lo bisa menjumpai Danau Aek Cunik dan Air Terjun 7 Rasa di puncaknya. Tentunya akan memberikan sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan. Di sekitar kawasan ini lo juga bisa menjumpai rumah adat yang unik serta aliran air panas di Sungai Sibanggor.

Daya Tarik dari Taman Nasional Batang Gadis – Pilihan Satwa yang Unik

Mengenal Keindahan dari Taman Nasional Batang Gadis  yang Terletak di Sumatera Utara!

Ilustrasi Harimau Sumatera. Credit: .validnews.id

Ketika lo sudah berada di kawasan taman nasional ini, selain dari keindahan alamnya, lo juga bisa melihat beragam pilihan satwanya yang unik. Tak heran apabila kawasan ini dijadikan taman nasional karena memiliki beragam satwa endemik yang berbeda dengan lainnya loh.

Suasana alam yang mampu membuat hati lo tenang ini akan dilengkapi dengan kehadiran dari Harimau Sumatera, Tapir Asia, Landak Malayan, Kucing Emas Asia, Kucing Macan Tutul, Jawa Pelanduk, Binturong, Beruang Madu, Rusa Sambar dan lain-lain menjadi sebuah keunikan yang bisa lo dapatkan.

Namun memang untuk melihat satwa-satwa ini bukanlah hal yang mudah, kalo diperlukan keberuntungan yang cukup tinggi. Oo iyaa lo juga bisa melihat jenis burung-burung endemik di dalam taman nasional ini, salah satunya ialah Burung Salvadori.

Selain dari pilihan satwanya, berada di kawasan Taman Nasional Batang Gadis, lo juga bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat tumbuhan-tumbuhan hijau yang mampu membuat pikiran lo tenang serta jauh dari rasa penat. Tanaman vaskular pun tergolong banyak di dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis.

***

Setelah mengetahui daya tarik dari Taman Nasional Batang Gadis, tentunya untuk mengetahui cara untuk bisa tiba di lokasinya pun turut penting. Lokasi dari Taman Nasionl Batang Gadis ini terletak di Kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Lo bisa memulai perjalanan lo dari Kota Medan, dengan menggunakan minibus tujuan Kota Panyabungan dengan waktu tempuh sekitar 10 jam. Sementara dari Kota Padang juga bisa menggunakan jalur darat dengan jarak waktu tempuh sekitar 7 jam.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Taman Nasional Batang Gadis di atas? Bukan hanya bisa menikmati keindahannya saja yaa, namun untuk menjaga kelestarian serta kebersihannya juga merupakan faktor penting lainnya yang patut untuk selalu lo lakukan yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti berekplorasi!

Source

 

 

Featured Image: sptn1tnbatanggadis.blogspot.com/

 

 

 

Wilderness Beginner solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Sumatra masih banyak harimau. Kudu hati2
Masni
Air terjun nya yang bikin greget
Muhammad arifudin
Nice nih