Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini!

Bukan merupakan rahasia lagi apabila terdapat sebuah tembok raksasa di China bukan? Yaap, tembok ini juga memiliki beberapa fakta menariknya yang patut untuk lo ketahui. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini!

Berbicara mengenai keajaiban dunia, tentunya lo tidak akan pernah lupa dengan beberapa pilihan kawasan yang memiliki sebuah keunikan yang mampu membuat siapapun terpukau. Nah, tepat berada di negara Republik Rakyat China atau biasa juga disebut Tiongkok, terdapat sebuah tembok raksasa yang ikonik serta menjadi simbol bagi masyarakt Tiongkok itu sendiri, tembok tersebut ialah Tembok Besar China.

Tembok ini pun menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali wisatawan yang ingin datang ke negara dengan penduduk paling banyak di dunia. Uniknya lagi tembok ini pun memiliki banyak nama loh, ada yang lebih mengenal tembok ini dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li, bukan hanya itu saja nih bro, ternyata tembok ini juga merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia.

Ketika pada tahun 1987, bangunan ini pun dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO karena memang keunikan serta dimana lagi lo bisa menemukan tembok sepanjang ini selain tembok ini. Nah, cerita atau fakta menarik dari tembok yang terletak di kawasan Pegunungan Tiongkok Utara ini tidak berhenti sampai di situ saja. Masih banyak hal lainnya yang perlu untuk lo ketahui, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Fakta Dibalik Kemegahan Tembok Besar China – Panjang dan Tinggi dari Tembok Ini

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini!

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini! Credit: .iexplore.com

Tentu akan banyak muncul pertanyaan mengenai seberapa panjang sih Tembok Besar China ini, karena memang hal tersebutlah yang menjadi daya tariknya. Yaap, tembok yang sangat besar ini memang memiliki ukuran yang cukup besar beserta panjangnya yang sangat-sangat berbeda dengan tembok-tembok besar pada umumnya.

Yaap, Tembok Besar China ini sendiri memiliki panjang keseluruhan sekitar 5.500 mil atau setara dengan 8.851 km. Untuk dindingnya sendiri memiliki panjang 3.900 mil. Tentunya ini merupakan sebuah tembok yang sangat luas bukan?

Untuk bisa menyusuri keseluruhan dari kawasan Tembok Besar China ini sendiri akan memakan waktu berbulan-bulan loh, sehingga memang sangat jarang sekali orang yang bisa atau memiliki niat untuk benar-benar menjangkau seluruh kawasan dari tembok ini.

Selain dari luasnya, tembok ini juga cukup tinggi loh bro. Karena pada titik yang paling luas, Tembo Besar China memiliki lebar sekitar 9.144 meter dan tinggi sekitar 12 kaki atau setara dengan 3,65 meter. Namun titik tertinggi dari tembok ini ialah sekitar 26 kaki atau setara dengan 7,92 meter.

Fakta Dibalik Kemegahan Tembok Besar China – Kurun Waktu Pembangunan

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini!

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini! Credit: steemit.com

Dengan wilayah beserta panjang tembok yang luar biasa luas serta panjang ini tentunya masih menggunakan tenaga kerja manusia. Karena memang perlu untuk diketahui pula kalau tembok besar ini pun dibangun pada awal abad ke 8 SM.

Semua pembangunan dari tembok ini pun benar-benar menggunakan tenaga manusia serta alat yang belum secanggih sekarang. Sehingga untuk kurun waktu yang telah dihabiskan untuk membangun tembok ini pun memakan waktu lebih dari 2 ribu tahun.

Untuk pembangunan dari tembok ini pun dilakukan secara bertahap, sehingga bilamana dipertahikan, tembok ini benar-benar merupakan mahakarya bagi umat manusia. Seluruh detail yang ada di tembok ini pun sangatlah indah loh.

Fakta Dibalik Kemegahan Tembok Besar China – Memiliki Banyak Nama

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini!

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini! Credit: travelandleisure.com

Selain luas serta dibangun pada awal abad ke – 8 SM, ternyata tembok besar ini pun juga memiliki nama lain yang cukup banyak loh. Tak heran apabila lo akan menemuakn warga Tiongkok yang bisa menyebutkan tembok ini dengan nama yang berbeda-beda.

Hal tersebut dikarenakan oleh seringnya berganti nama dari tahun ke tahun. Nama-nama dari tembok besar ini antara lain ialah “Barrier”, “Fortress”, “Rampant”, “Purple Frontier”, “Earth Dragon” sampai pada abad ke 19 tembok ini pun memiliki nama resmi “The Great Wall of China”.

Walaupun begitu, lo tidak akan susah kok untuk menemukan cara untuk bisa berkunjung ke tembok ini apabila sudah berada di Tiongkok. Sehingga tak ada salahnya selain melihat keindahan budaya dari Tiongkok, jangan lupa pula untuk mampir ke tembok yang sangat megah ini.

Fakta Dibalik Kemegahan Tembok Besar China – Hoax Seputar Tembok Ini

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini!

Tembok Besar China : 4 Fakta Menarik yang Perlu Untuk Lo Ketahui Mengenai Keajaiban Dunia Nan Megah Ini! Credit: /brewminate.com

Hoax atau berita yang tidak benar pun juga pernah menyerang tembok ini loh bro, yaap banyak informasi yang melalang buana di kehidupan warga Tiongkok walaupun di dunia yang sebenarnya salah.

Salah satunya ialah dengan beredarnya kabar kalau bahan bangunan dari tembok ini terbuat dari tulang manusia, informasi tersebut pun sangatlah salah. Akibatnya banyak pula orang yang sering menyambungkan tembok ini dengan cerita-cerita yang aneh dan berbau mistis.

Bahan bangunan yang digunakan untuk membuat tembok besar ini pun menggunakan bahan-bahan yang tersedia pada kala itu seperti batu, puing-puing kayu, batu bata, genting tanah liat dan batu kapur. Dikarenakan oleh umurnya yang sudah tua, tak heran apabila lo akan menemukan beberapa titik di dalam tembok ini yang sudah mulai rusak dan sudah mengalami renovasi.

Selain itu terdapat pula sebuah informasi kalau Tembok Besar China bisa terlihat dari bulan, namun hal ini tidak benar. Mitos ini pun sempat beredar dikarenakan terdapat beberapa astronot yang mengklaim kalau mereka melihat tembok ini dari bulan, namun kemudian terungkap kalau yang mereka lihat merupakan sesuatu yang lain.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Tembok Besar China di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berlbur ke Tiongkok yaa. Teruslah berpetualang dan jangan berhenti bereksplorasi bro, karena masih banyak hal di luar sana yang patut untuk lo kunjungi kelak!

Source

 

 

Featured Image: gadventures.com/

 

 

Wilderness Beginner solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Info yang menarik
Nice info
Baru tau gua
Dari kecil sudah pernah dengar tembok cina,namun sampai sekarang belum kesampaian kesana.