4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat!

Keindahan alam di Danau Maninjau sendiri ternyata menyimpan sebuah fakta menarik yang patut untuk lo ketahui. Enggak percaya? Lihat saja beberapa informasinya di bawah ini!

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat!

 Ketika lo berkunjung ke Sumatera Barat jangan lupa untuk berkunjung ke sebuah danau yang sangat indah serta juga memiliki panorama alam atau pemandangannya yang mempu membuat hati lo tenang. Danau tersebut ialah Maninjau. Suasananya yang masih asri dengan hamparan hijau yang luas pun menjadi sebuah bentangan alam yang akan lo dapatkan di sana.

Danau Maninjau sendiri merupakan danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang dan sekitar 36 kilometer dari Bukittinggi. Danau ini juga merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut.

Selain dari keindahan serta udara yang sejuk, danau ini pun juga bisa memberikan sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan. Nah, percaya atau tidak danau ini juga memiliki beberapa fakta menarik yang perlu untuk lo ketahui. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat serta berguna buat lo!

Fakta Menarik Seputar Danau Maninjau – Danau Terluas Urutan 11 di Indonesia

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat!

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat! Credit: travellink-indonesia.com

Sebagaimana yang sudah diketahui kalau danau ini merupakan danau vulkanik yang sangat indah, bukan hanya itu saja namun danau ini juga membentang seluas 100 km persegi dengan kedalaman rata-rata 105 meter. Dengan luasnya tersebut, Danau Maninjau juga merupakan danau terluas ke 11 di Indonesia.

Danau ini terbentuk akibat erupsi vulkanik dari Gunung Sitinjau yang terjadi kurang lebih 52.000 tahun yang lalu. Kaldera yang terbentuk sedemikian luas kemudian berkembang manjadi sebuah danau. Hal tersebut pun juga terjadi pada pembentukan Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Batur di Bali.

Bisa dikatakan pula kalau Danau Maninjau ini merupakan danau alami yang cocok untuk menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ada di Sumatera Barat. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin sekali untuk melihat keindahannya secara langsung.

Fakta Menarik Seputar Danau Maninjau – Legenda Dibalik Keindahannya

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat!

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat! Credit: selalucintaindonesia.wordpress.com

Selain dari keindahan alamnya, Danau Maninjau juga memilki sebuah legenda yang selalu menjadi bahan cerita para masyarakat sekitarnya. Konon katanya legenda yang ada di danau ini pun menceritakan mengenai asal muasalnya.

Legenda tersebut pun lebih dikenal dengan sebutan ‘Bujang Sembilan’ yang menceritakan kisah 10 bersaudara kakak beradik yang terdiri dari 9 orang bujan dan seorang gadis. Singkat cerita sang gadis pun menjalin kasih dengan pemuda yang bernama Sigiran.

Namun ujung dari kisah cinta ini pun berujung dengan munculnya fitnah dari kesembilan bujang. Mereka pun menuduh hubungan yang terjadi antara keduanya telah melampaui batas norma masyarakat. Karena tuduhan tersebut, sang gadis beserta kekasihnya bersumpah untuk melompat ke kawah Gunung Tinjau untuk membutikan kesucian diri mereka.

Sebelum melompat, mereka berkata dengan lantang, jika mereka bersalah maka gunung tersebut tidak akan meletus namun bila mereka tidak bersalah maka gunung tersebut akan meletus. Kisah ini pun berakhir dengan meletusnya Gunung Sitinjau sehingga membuktikan keduanya tidak bersalah.

Fakta Menarik Seputar Danau Maninjau – Spot Terbaik untuk Mengamati Danau Maninjau

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat!

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat! Credit: everytimevacation.blogspot.com

Selain dari legenda serta keindahan alamnya, terdapat sebuah spot terbaik untuk lo bisa menikmati keindahannya secara maksimal. Bukan hanya itu saja, namun lo juga bisa menjadikannya sebagai spot fotografi yang bisa membuat lo mendapatkan hasil gambar yang indah.

Memang daya tarik dari danau ini terletak pada keindahan panorama alamnya yang bisa dilihat dari kejauhan. Oleh sebab itu, tidak lengkap jika membahas Danau Maninjau ini sendiri tanpa melihat serta membahas mengenai spot-spot idealnya.

Spot terbaik untuk bisa mengamati atau menikmati keindahan yang ada pada Danau Maninjau ialah dari tengah kawasan yang disebut kelok 44, yaitu dari sekitar kelok 23 hingga kelok 30. Nah, daerah-daerah  tersebut akan memberikan pemandangan bentangan danau yang dihiasi dengan hamparan sawah nan subur terlihat sangat indah dan dapat memberikan ketenangan hati bagi mereka yang menyaksikannya.

Fakta Menarik Seputar Danau Maninjau – Suasananya yang Sangat Asri

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat!

4 Fakta Serta Legenda Dibalik Keindahan Alam yang Ada di Danau Maninjau, Sumatera Barat! Credit: flickr.com

Berada di kawasan Danau Maninjau berarti lo akan mendapatkan sebuah suasana yang sangat asri serta alami. Tak heran apabila lo berada di danau ini secara tidak langsung akan mendekatkan diri lo kepada alam. Bukan hanya sebuah danau saja yang bisa lo nikmati, namun coba untuk melihat lingkungan sekitarnya yang mampu membuat danau ini begitu indah.

Pepohonannya pun menjadi sebuah hal yang bisa membuat hidup lo lebih tenang, bukan hanya itu saja namun buat lo yang ingin jauh dari hiruk pikuk perkotaan dengan panorama alam nan eksotis, ini merupakan destinasi yang tepat untuk lo kunjungi.

Rasa tenang pun akan lo rasakan, bukan hanya raga lo saja,namun lo juga bisa mendapatkan ketenangan batin loh. Menginaplah di salah satu resor yang menawarkan panorama mempesona kea rah Danau Maninjau. Ketika pagi hari lo bisa berenang di airnya yang jernih dan bersih. Duduk-duduk di tepi danau juga bisa menjadi hal yang bisa lo lakukan ketika berada di tempat wisata alam ini yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Danau Maninjau di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu bersemangat dan jaga kebersihan dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Have a nice day!

Source

 

 

Featured Image: /kumparan.com

Wilderness Beginner danau solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Maninjau
Keren nih