Terdapat 4 Fakta Seputar Menara Miring Pisa yang Akan Menjawab Semua Pertanyaan Lo!

Selain dari keindahan pemandangan alamnya, Italia juga memilki beragam gedung tua yang unik. Salah satunya ialah Menara Miring Pisa. Kehadiran menara ini pun sering menimbulkan banyak pertanyaan dari berbagai kalangan. Penasaran mengenai fakta-faktanya, langsung saja simak beberapa informasi di bawah ini!

Terdapat 4 Fakta Seputar Menara Miring Pisa yang Akan Menjawab Semua Pertanyaan Lo!

Mengelilingi dunia merupakan sebuah mimpi bagi setiap orang, apalagi buat lo para traveller bukan? Memang terkadang lo akan terhambat di faktor finansial, namun taka da salahnya untuk merencanakan dari jauh-jauh hari agar mimpi lo tersebut bisa tergapai. Nah, salah satu negara yang patut untuk lo kunjungi ialah Italia. Mengapa? Karena terdapat sebuah bangunan bersejarah yang masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia yaitu Menara Pisa.

Siapa yang tidak kenal menara satu ini, menara yang terkenal dengan kemiringannya ini terletak di Kota Pisa yang merupakan salah satu kota tertua yang ada di dunia. Kota ini juga mampu menawarkan sebuah budaya yang sudah berlangsung selama berabad-abad. Bangunan tua lainnya juga bisa lo temukan di kota ini.

Namun, Menara Pisa sendiri menyimpan sebuah cerita serta keunikannya tersendiri yang langka sekali bisa lo dapatkan. Percaya atau tidak, menara ini merupakan menara lonceng katedral. Mengenai menara ini tentunya terdapat banyak fakta-fakta yang belum pernah diketahui oleh orang banyak. Oleh sebab itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai fakta-fakta tersebut. Silakan simak beberapa informasi seputar Menara Pisa di bawah ini, semoga bisa bermanfaat serta berguna yaa!

Fakta-Fakta Menarik Seputar Menara Pisa – Pembangunan Dimulai 1173

Terdapat 4 Fakta Seputar Menara Miring Pisa yang Akan Menjawab Semua Pertanyaan Lo!

Suasana di Menara Pisa. Credit: .curbed.com

Menara Miring Pisa ini biasa juga disebut Torre pendent di Pisa bagi masyarakat Italia dan pertama kali dimulai pembangunannya pada tahun 1173. Sudah cukup lama juga yaa berarti menara ini bro, selain lama ternyata pada awalnya menara ini diciptakan berdiri secara vertikal loh.

Namun mengapa bisa miring seperti sekarang? Tenang saja bro, jawabannya ada di poin berikutnya yaa. Yaap, menara yang terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli ini memang sudah menjadi daya tarik pariwisata di Italia sejak lama.

Wajar apabila Kota Pisa sendiri sering dipenuhi oleh para pelancong yang penasaran mengenai menara ini. Ketinggian dari menara ini pun bisa mencapai 55,86 meter dari permukaan tanah tertinggi. Kelebaran dinding di bawahnya pun bisa mencapai 4,09 meter dan di puncaknya sendiri selebar 2,48 meter. Serta bobotnya pun mencapai 14.500 ton.

Fakta-Fakta Menarik Seputar Menara Pisa – Kok Bisa Miring?

Terdapat 4 Fakta Seputar Menara Miring Pisa yang Akan Menjawab Semua Pertanyaan Lo!

Suasana di Menara Pisa. Credit: timetravelturtle.com

Berbicara mengenai menara ini tentunya pertanyaan yang sering timbul ialah bagaimana menara ini bisa miring? Yaap, hal tersebut pun mulai tak lama setelah pembangunannya yang dimulai pada tahun 1173. Kemiringannya sendiri dikarenakan oleh sebagian tanah pondasinya amblas.

Karena miring, maka pembangunannya sempat diberhentikan cukup lama. Walaupun miring, namun bangunan tiga tingkat ini tetap kokoh berdiri hingga hampir seabad kemudian, tepatnya pada tahun 1272, pembangunannya pun kembali dilanjutkan.

Untuk pembangunannya tersebut tidak lancar seratus persen, tapi sempat mandek juga pada tingkat ketujuh. Pembangunan menara yang terdiri dari lantai dasar dan lantai 1-7 ini barulah benar-benar selesai pada tahun 1372. Meski menara ini telah berdiri miring sejak lebih dari 800 tahun yang lalu, nyatanya bangunan tersebut tetap kokoh hingga kini.

Fakta-Fakta Menarik Seputar Menara Pisa – Tetap Kokoh Walau Diterjang Cobaan

Terdapat 4 Fakta Seputar Menara Miring Pisa yang Akan Menjawab Semua Pertanyaan Lo!

Suasana di Menara Pisa. Credit: edition.cnn.com

Sama halnya dengan pembangunannya, selama berdiri kokoh selama berabad-abad, ternyata Menara Pisa sendiri juga mendapatkan beragam cobaan loh bro. Namun uniknya hingga hari ini tidak ada perubahan dari menara yang miring ini.

Sejak tahun 1280, sedikitnya ada empat gempa bumi besar yang melanda kawasan Menara Pisa. Namun hingga kini, menara setinggi 55,86 ini tetap kokoh berdiri dan bahkan tidak rusak. Hal tersebut pun juga meninggalkan pertanyaan yang cukup banyak baik di kalangan masyarakat maupun para peneliti.

Oleh sebab itu, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti, mereka pun mempelajari berbagai informasi seismologi, geoteknik dan struktur yang terkait dengan Menara Pisa. Kemudian para peneliti tersebut menyimpulkan kalau ketahanan dari menara ini terkait dengan fenomena yang dikenal sebagai interaksi struktur tanah dinamis atau dynamic soil-structure interaction.

Fakta-Fakta Menarik Seputar Menara Pisa – Menurut Para Peneliti

Terdapat 4 Fakta Seputar Menara Miring Pisa yang Akan Menjawab Semua Pertanyaan Lo!

Indahnya Menara Pisa. Credit: theculturetrip.com

Pertanyaan pun tak muncul hanya dari kalangan masyarakat saja namun peneliti pun juga sangat penasaran mengenai struktur dari bangunan ini. Menurut Profesor Gorge Mylonakis, dari Departemen Teknik Sipil University of Bristol, Inggris, yang tergabung dalam tim riset yang diundang oleh Profesor Camillo Nuti dari Roma Tre University pun mengatakan bahhwa ketahanan Menara Pisa disebabkan adanya kombinasi yang unik diantara ketinggian dan kekauan menara tersebut dengan kelembekan tanah pondasinya.

Karena ketinggian dan kekuan dari Menara Pisa yang besar dikombinasikan dengan kelembekan tanah pondasinya menyebabkan karakteristik getaran struktur termodifikasi sedemiian rupa sehingga menara pun tidak beresonansi dengan gerakan tanah ketika gempa.

Hal tersebut pun yang menjadikannya menara yang sangat kokoh hingga hari ini. Kombinasi yang unik tersebutlah yang membuat menara lonceng ini pantas memegang rekor dunia dalam efek interaksi struktur tanah dinamis.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Menara Pisa di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo serta jawaban dari setiap pertanyaan lo mengenai menara ini yaa. Memang menara yang masuk ke dalam keajaiban dunia ini sangat unik serta menyimpan banyak pertanyaan. Oo iyaa, ketika lo sudah tiba di lokasi menara ini, jangan lupa untuk mengabadikannya yaa, karena kapan lagi lo bisa melihat menara miring selain di Kota Pisa. Have a nice day!

Source

 

 

Featured Image: beritagar.id

 

Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Info yg bermanfaat
Terimakasih infonya
Artikel yg menarik... Nice info..m
Itu kalau rubuh bisa dibuat lagi gak ya?
Keajaiban dunia kah?
Nice Info
terima kasih infonya, sangat membantu
Nice info gan..
Pooh.. begitu