APR 9, 2019

4 Fakta Mengenai Tempat Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona, Amerika Serikat!

Gurun Arizona selain menyimpan suhunya yang panas, ternyata juga merupakan tempat penyimpanan pesawat yang paling besar di dunia. Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!


Berbicara mengenai Amerika Serikat pasti tak akan lepas dari kemajuan teknologi yang dimiliki negara ini. Teknologinya pun bermacam-macam, namun memang yang paling terkenal ialah dengan peralatan perang yang mereka miliki. Tak terkecuali pesawat tempurnya, namun apakah lo sudah tahu kalau tepat berada di Gurun Arizona terdapat sebuah kawasan penyimpan akhir pesawat udara? Yaap, di gurun yang sangat luas tersebut terdapat sebuah tempat parkir bagi para pesawat-pesawat tempur milik Amerika.

Jumlah dari pesawat udara yang mangkrak pun tidak lah sedikit, lebih dari 1.000 pesawat loh. Oo iyaa, Arizona sendiri merupakan negara bagian Amerika Serikat yang terletak di barat daya. Memang negara bagian ini terkenal dengan gurunnya yang sangat panas beserta dengan musim dinginnya yang tidak terlalu dingin.

Kembali lagi membahas mengenai tempat penyimpanan akhir pesawat udara nih bro, ternyata kawasan ini merupakan fasilitas penyimpanan dan pelestarian pesawat udara terbesar yang ada di dunia. Tak heran, apabila tempat penyimpanan ini sering mendatangkan pertanyaan atau rasa ingin tahu dari dunia luar.

Oleh sebab itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai kawasan atau tempat penyimpanan pesawat yang berada di Gurun Arizona. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna yaa!

Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona – Menyimpan Lebih Dari 1.000 Pesawat

4 Fakta Mengenai Tempat Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona, Amerika Serikat! Credit: arizonasonoranewsservice.com

Tempat penyimpanan pesawat ini juga memiliki nama loh bro, yaitu Davis-Monthan Air Force Base atau yang biasa juga disebut The Boneyard atau Aerospace Maintenance and Regeneration Group 309. Memang kawasan ini sangat dijaga ketat oleh Marinir Amerika Serikat.

Sehingga tidak sembarangan orang yang bisa masuk ke dalam kawasan ini, karena memang untuk keamanan serta kelestarian dari pesawat-pesawatnya. Ooo iyaa, di dalam tempat penyimpanan ini terdapat sekitar 4.400 pesawat.

Jenis pesawatnya pun bermacam-macam, mulai dari pesawat kargo besar, pesawat bom hingga jet tempur supersonic F-14 Tomcat. Bila dilihat melalui gambar-gambarnya, terlihat pesawat-pesawat ini berjejer rapih bagaikan parkiran mobil di mall. Ternyata juga terdapat beberapa pilhan pesawat sipil yang terpakir di kawasan ini loh bro.

Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona – Didirikan Pada Tahun 1946

4 Fakta Mengenai Tempat Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona, Amerika Serikat! Credit: americanathebeautiful.org

Tempat penyimpanan pesawat yang ada di Gurun Arizona ini ternyata sudah berdiri sejak lama, tak heran apabila terdapat banyak sekali pesawat yang memang terparkir di kawasan ini. Bukan hanya pesawat muda, namun terlihat pula pesawat-pesawat dari jaman perang dunia kedua.

Aerospace Maintenance and Regeneration Group 309 didirikan pada tahun 1946, yang awal mulanya sebagai Army Air Force Unit 4105 untuk basis pesawat B-29 dan C-47. Sebenarnya pada awalnya kegunaan dari tempat penyimpanan ini ialah untuk menyimpan pesawat kelebihan Departemen Pertahanan dan Coast Guard.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, kawasan ini telah ditunjuk menjadi tempat tinggal pesawat yang berada di luat status aktif semua cabang pemerintah Amerika Serikat.  Tak heran apabila jumalh pesawat yang ada di dalam kawasan penyimpanan ini sangatlah banyak.

Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona – Mengapa Gurun Arizona?

4 Fakta Mengenai Tempat Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona, Amerika Serikat! Credit: /commons.wikimedia.org

Banyak spekulasi mengenai pemilihan Gurun Arizona sebagai tempat penyimpanan pesawat, namun hal yang sebenarnnya ialah dikarenakan oleh faktor cuaca. Yaap, bukan hanya isapan jempol belaka,namun memang pemilihan Gurun Arizona sebagai tempat dimana Davis-Monthan Air Force Base Tucson berdiri memang dikarenakan oleh cuaca.

Lebih tepatnya karena kelembaban udara dan curah hujan yang rendah menjadi alasan utama mengapa gurun ini menjadi tempat penyimpanan. Ternyata bukan hanya itu saja, faktor lainnya ialah dari kondisi tanah alkalin dan ketinggiannya yang bisa mencapai 780 meter.

Hal tersebut pun secara tidak langsung membantu perawatan dari pesawat-pesawat yang terparkir. Mengurangi karat dan korosi pun menjadi hal utama yang mampu membantu para petugas untuk tetap menjaga kondisi dari pesawat yang ada.

Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona – 4 Kategori Penyimpanan

4 Fakta Mengenai Tempat Penyimpanan Pesawat di Gurun Arizona, Amerika Serikat! Credit: .azcentral.com

Penyimpanan yang ada di dalam kawasan gurun ini pun tidak sembarangan, karena terdapat empat kategori. Tak heran apabila pesawat yang ada di dalam kawasan Davis-Monthan Air Force Base Tuscon selalu memiliki kondisi yang prima.

Kategori-kategori untuk penyimpanan pesawatnya itu sendiri yakni jangka panjang (merupakan pesawat yang tetap utuh dan masih bisa digunakan untuk masa yang akan datang), bagian reklamasi (pesawat disimpan dan digunakan untuk suku cadang), bagian terus terbang (pesawat yang tetap utuh untuk tetap bisa terbang) dan kelebihan dari Departemen Pertahanan (pesawat untuk diperjual-belikan)

Setiap tahunnya pesawat yang ada di dalam kawasan penyimpanan ini pun akan keluar untuk kembali ke dinas. Biasanya pesawat tersebut dicat terlebih dahulu lalu dijual ke negara lain atau didaur ulang. Seringkali juga dibangun kembali sebgai kargo sipil, transportasi dan pesawat utilitas.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar penyimpanan pesawat yang ada di Gurun Arizona? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta pengetahuan baru mengenai gurun-gurun di luar sana. Karena selain dari keindahannya, ternyata gurun juga bisa digunakan sebagai tempat yang berguna loh.

Tetaplah semangat dan jangan berhenti mengeksplorasi dunia ini bro, karena masih banyak hal apapun di luar sana yang belum pernah lo ketahui. Memiliki jiwa anti puas terhadap apapun juga menjadi bekal positif agar lo bisa menjadi seorang petualang sejati. Have a nice day!

Source

 

 

Featured Image: cnet.com

 

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 9, 2019 at 6:01 PM

Kalo di indonesia lgsg hits dan viral


Agung nugroho
April 11, 2019 at 11:22 PM

Langsung kotor juga

Replying to comment above


Amir Mahfudzi
April 12, 2019 at 8:11 AM

Langsung jadi spot wisata

Replying to comment above