APR 10, 2019

Kopi Sidikalang: 5 Hal Menarik Dari Pesaing Kuat Kopi Brazil!

Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi Indonesia yang mampu bersaing di pasar dunia, lho! Bangga deh sama Kopi Sidikalang. Eits, tapi tahu engga kenapa bisa jadi top begitu? Kalau penasaran, sila simak bahasan kali ini!


Para petualang Indonesia yang doyan ngopi sebelum, sesaat atau sesudah melakukan perjalanan, sepertinya patut bangga terhadap Kopi Sidikalang. Mengapa, dari deret biji kopi yang berasal dari Indonesia yang sudah mendunia, terselip Kopi Sidikalang ini.

Mendaki gunung yang tinggi tentu akan bertemu dengan udara dingin, dan teman yang cocok untuk menghangatkan tubuh adalah secangkir kopi panas. Begitu nikmat secangkir kopi tersebut dikarenakan Indonesia – sebagian daerahnya pencetak biji kopi unggul, yang bisa bersaing dengan kopi kelas dunia lainnya.

Sebut saja seperti biji kopi yang berasal dari dataran tinggi Aceh, Gayo; lalu Toraja ataupun Mandailing Sumatera Utara – di antara biji kopi Indonesia yang sudah mendunia tersebut, ada Kopi Sidikalang yang ternyata mampu bersaing juga di pasar internasional.

Artinya, cita rasa dari Kopi Sidikalang ini sendiri diakui oleh banyak petualang dunia, atau pencinta kopi di manapun ia berada, adalah cita rasa yang enak! Tidak jauh berbeda dari Aceh Gayo, Sidikalang sendiri adalah daerah pegunungan yang sejuk.

Eits, makin penasaran ya bagaimana sih sebenarnya Kopi Sidikalang tersebut? Apa benar cita rasanya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang atau pecinta kopi untuk menikmatinya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

Asal Kopi Sidikalang, Saingannya Kopi Brazil

Kopi Sidikalang: 5 Hal Menarik Dari Pesaing Kuat Kopi Brazil! credit: minumkopi.com

Sudah diketahui jika Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi dengan cita rasa yang unik dan mantap. Cita rasa inilah yang membuat Kopi Sidikalang ternyata mampu bersaing dengan salah satu kopi yang sudah terlebih dahulu mendunia: Kopi Brazil.

Mau tahu kenapa bisa begitu? Mari sama-sama kita bongkar rahasia Kopi Sidikalang!

Pertama, Kopi Sidikalang adalah biji kopi hasil dari kebun kopi yang ditanam di dataran tinggi. Sidikalang sendiri adalah nama dari Ibu Kota Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Pegunungan yang sejuk, kontur serta tekstur tanah yang bagus, membuat Kopi Sidikalang mempunyai after taste yang fruity.

Di Sumatera Utara sendiri, sebenarnya terdapat tiga kawasan penghasil kopi terbaik. Tiga kawasan tersebut adalah: Lintongnihuta, Mandailing serta Sidikalang.

Ciri khas yang paling ketara dari kopi-kopi Sumatera Utara termasuk Kopi Sidikalang adalah bertekstur halus dan cita rasa yang bold dan kompleks. Sebagian besar dari hasil biji kopi tersebut diproses dengan metode dry processed. Tapi tidak semua – beberapa juga dengan proses pencucian ringan.

Kabar Buruk: Kopi Sidikalang Tidak Lagi Mewangi

Kopi Sidikalang: 5 Hal Menarik Dari Pesaing Kuat Kopi Brazil! credit: pegipegi.com

Dahulu – Kopi Sidikalang terkenal dengan wanginya yang terasa buah-buahan. Sekarang ini, aroma tersebut sudah berkurang wanginya. Hal tersebut dikarenakan oleh jumlah petani kopi yang dari tahun ke tahun mengalami penurunan.

Banyak dari mereka yang tadinya petani kopi, beralih menjadi petani holtikultura atau petani jeruk. Hal itu berdasarkan oleh harga jual kopi dari petani ke tengkulak yang kurang bagus, kemudian ada hama yang merugikan, serta pengetahuan dan budidaya Kopi Sidikalang yang kurang dalam.

Oleh karena itu, Kopi Sidikalang dengan kualitas nomor satu sekarang ini sedikit lebih sulit ditemukan dibandingkan dengan zaman dahulu. Hal tersebut seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – dikarenakan banyak petani kopi yang beralih ke holtikultura.

Rekomendasi Ngopi di Sidikalang: Poda Coffee & Resto

Kopi Sidikalang: 5 Hal Menarik Dari Pesaing Kuat Kopi Brazil! credit: medan.tribunnews.com

Berpetualang ke Sidikalang tidak resmi jika lo belum ngopi di sana, bro. Nah, kalau mau ngopi, berikut ada satu tempat rekomendasi yang bisa lo datangi, yaitu: Poda Coffee & Resto.

Kedai kopi dengan konsep sederhana ini mampu menarik banyak perhatian para millennial untuk nongkrong di sini, lho. Kalau lo sudah makin penasaran, sila datang ke Jalan Sisingamangaraja No. 181 untuk bisa menyesap kopi yang nikmat tersebut!

Legenda Kopi Sidikalang: Tanpak Sidikalang

Kopi Sidikalang: 5 Hal Menarik Dari Pesaing Kuat Kopi Brazil! credit: blanja.com

Kopi Tanpak Sidikalang adalah sebuah brand atau merk dari Kopi Sidikalang yang dimiliki oleh H. Sabilal Rasyad Maha. Kopi legenda yang sudah berbentuk bubuk ini mempunyai cita rasa yang sangat kuat. Tidak heran, kopi merk ini sering sekali jadi buah tangan para petualang jika datang ke Sidikalang.

Apa yang membuat Kopi Tanpak Sidikalang melegenda? Mungkin, salah satunya adalah bahan bakunya sendiri. Kopi Tanpak Sidikalang berasal dari biji kopi yang masih merah, yang diolah sedimikian rupa menjadi bubuk kopi tersebut.

Kebun Kopi yang Sejuk dan Sendu

Kopi Sidikalang: 5 Hal Menarik Dari Pesaing Kuat Kopi Brazil! credit: kompasiana.com

Eits, ini bukan judul lagu indie ya – seperti yang sudah dijelaskan dan disebutkan sebelumnya, secara geografis Kota Sidikalang berada di barat laut Provinsi Sumatera Utara yang bisa diakses dari Kota Medan selama 4 jam perjalanan darat.

Kota Sidikalang berada di ketinggian 1.066 mdpl sehingga kebun-kebun kopi yang ada, berada di perbukitan hijau dengan suhu udara sejuk serta asri. Hal ini yang menjadikan sub-judul tersebut begitu. Kebun kopi di Sidikalang benar-benar menyejukan serta masih alami kondisinya.

Sepertinya lo akan betah berlama-lama di sini, deh!

Bro bagaimana nih? Jadi penasaran mau ke Sidikalang buat menyesap salah satu kopi legendanya Indonesia? Sila siapkan waktu dan budget petualangan untuk bisa sampai ke sana bro!

Oh iya, jika dari lo mengetahui ada hal atau fakta lain mengenai Kopi Sidikalang dan belum disebutkan di bahasan kali ini, sila lo tambahkan hal tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Agar para petualang juga mengetahui hal-hal tersebut!

 

Source

Feature Image - dairibaru.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 12, 2019 at 9:57 PM

Harus dicoba nih


Dyastantya Ekmawanto
April 16, 2019 at 11:39 AM

Lokal memang lebih nikmat