APR 10, 2019

7 Spot Petualangan Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia!

Kopi Luwak dari Indonesia memang terkenal juara di mancanegara. Tapi, apa lo tahu dari daerah mana saja penghasil kopi luwak terbaik di Indonesia? Kalau mau tahu, sila simak bahasan kali ini ya!


Siapa sih yang tidak tahu Kopi Luwak? Minuman kopi yang konon harganya selangit ini ternyata salah satu produsen terbaiknya adalah Indonesia! Wah benar bangga deh jadi petualang dari Indonesia! Tidak hanya spot petualangannya yang juara, tapi juga variasi kopinya!

Tapi, apa benar ada petualang atau orang yang mau membayar mahal dari kopi yang sebelumnya bercampur dengan kotoran luwak? Ternyata banyak, bro! Kopi Luwak dinilai mempunyai estetika serta cita rasa yang kuat, sehingga banyak yang tertarik untuk mencoba kopi ini.

Bahkan, di negara-negara seperti Amerika Serikat sampai Jepang – sudah mengklasifikasikan Kopi Luwak sebagai salah satu minuman yang mempunyai harga tinggi. Nah, kebanyakan – kopi-kopi jenis ini didapatkan dari Indonesia.

Di Indonesia sendiri – ternyata ada beberapa spot petualangan yang memproduksi Kopi Luwak dengan jumlah yang besar, lho. Penasaran di mana saja? Sila simak bahasan kali ini yang akan mengantarkan lo ke tujuh destinasi sebagai produsen besar untuk Kopi Luwak!

Dataran Tinggi Gayo

7 Spot Petualangan Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia! credit: tokopedia.com

Aceh, Sumatera Utara – tepatnya di dataran tinggi Gayo, adalah salah satu spot petualangan yang sudah terkenal mendunia sebagai salah satu spot penghasil kopi enak. Tidak heran, jika kopi Aceh Gayo ini juga dibanderol dengan harga yang tinggi di pasar dunia.

Dengan jumlah kawasan kebun kopi yang mencapai 95 ribu hektar – dataran tinggi Gayo tidak hanya terkenal dari kopi ‘normal’nya saja, nih – tapi juga Kopi Luwaknya. Terdapat beberapa penangkaran Luwak di sana yang berfungsi juga sebagai penghasil kopi luwak yang besar.

Pada dasarnya – buat lo yang belum tahu, kopi luwak adalah biji kopi biasa yang dimakan oleh binatang luwak, kemudian – fesesnya yang terdapat biji kopi tersebut diambil, dipisahkan dari kotoran yang menempel. Proses ini ternyata ‘pematangan atau pemasakan’ secara alami untuk biji kopi tersebut.

Dinilai, dengan proses alami tersebut – Kopi Luwak mempunyai cita rasa yang kuat. Nah, karena hasil produksinya tidak seperti hasil-hasil kopi biasa pada umumnya – jadilah harga tinggi disematkan di Kopi Luwak tersebut.

Sidikalang, Sumatera Utara

7 Spot Petualangan Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia! credit: gotravelly.com

Masih dari dataran tinggi Sumatera Utara – kali ini kawasan Sidikalang, sebelumnya yang terkenal dengan signature kopinya yaitu Kopi Sidikalang – juga ternyata terkenal dengan hasil Kopi Luwaknya, lho!

Biji kopi sidikalang sendiri yang sudah mempunyai kualitas terbaik – diolah lagi diperut luwak sehingga mempunyai cita rasa yang berlipat ganda. Ditambah, hasil produksi di sini cukup melimpah. Oleh karena itu, lumayan ditunggu juga lho kopi luwak dari wilayah Sidikaalng ini.

Lampung

7 Spot Petualangan Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia! credit: bernas.id

Masih dari wilayah Sumatera, Kota Lampung juga cukup terkenal di pasar dunia soal kopinya karena mempunyai cita rasa yang kuat. Oleh karena itu kopi lampung dan Kopi Luwaknya ditunggu oleh mereka pecinta kopi dari seluruh dunia.

Hasil terbaik kopi lampung dan Kopi Luwaknya di sini berasal dari Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus. Nah, ada salah satu desa yang diklaim menjadi salah satu spot penghasil kopi luwak terbaik, yaitu Desa Karangrejo.

Priangan, Jawa Barat

Sejak dua abad yang lalu – sekitar masih diduduki oleh para kolonialis – wilayah Priangan, Jawa Barat adalah salah satu wilayah yang terkenal menghasilkan kopi-kopi dengan kualitas terbaik. Salah satu yang cukup terkenal adalah java preanger.

Selain kopi jenis itu, Kopi Luwak di sini juga sudah terkenal, lho. Kopi luwak di sini mempunyai cita rasa yang mirip dengan java preanger namun lebih kental dan lebih terasa. Untuk para pecinta kopi, Kopi Luwak dari Priangan ini mempunyai cita rasa yang bold.

Ambarawa, Jawa Tengah

7 Spot Petualangan Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia! credit: backpackerjakarta.com

Pindah ke Jawa Tengah, salah satu daerah di sini yang terkenal sebagai penghasil kopi dan Kopi Luwak terbaik adalah daerah Ambarawa. Nah, salah satu desa di sana yang jelas terkenal sampai mancanegara soal varian kopi terbaiknya adalah Kampung Kopi Banaran!

Bondowoso, Jawa Timur

7 Spot Petualangan Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Indonesia! credit: nasional.tempo.co

Dari Jawa Tengah, pindah ke Jawa Timur – wilayah Bondowoso adalah salah satu penghasil Kopi Luwak yang besar, lho. Kopi di sini juga cukup mempunyai cita rasa yang unik. Wajar, rasa unik tersebut sepertinya berasal dari di mana kebun kopi ini berada: dataran tinggi Kawah Ijen.

Perkebunan kopi yang mencapai 4.000 hektar ini tentu menjadi faktor mengapa Bondowoso jadi salah satu tempat atau wilayah penghasil kopi yang besar, termasuk Kopi Luwaknya!

Kintamani, Bali

Menyebrang ke pulau sebelah yaitu Pulau Bali – Bali tidak hanya terkenal karena keindahan alamnya saja. Deretan pantai dan berbagai fasilitas lengkap di sisiannya – membuat Pulau Dewata ini jadi salah satu tujuan utama banyak petualang dari mancanegara saat mengunjungi Indonesia.

Nah, selain itu kopi kintamani dan Kopi Luwaknya juga menjadi daya tarik yang kuat bagi para petualang dan pecinta kopi, lho. Oh iya, Kopi Luwak di sini juga diolah tidak hanya untuk diminum saja, melainkan bisa jadi aroma terapi.

Wah bagaimana nih bro? Dari tujuh spot yang ada di Indonesia di atas, lo mau mulai dari mana nih untuk eksplorasi kopinya? Semuanya punya Kopi Luwak sebagai signature-nya, lho. Kalau boleh saran, sila mulai dari dataran tinggi Gayo saja, bro!

 

Source

Feature Image - gauriyabalitours.com


Please login to comment
5 COMMENTS
Isrinatul Malikhah
April 10, 2019 at 8:21 PM

Ternyata Ambarawa jd penghasil luwak jg


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 10, 2019 at 9:20 PM

Bondowoso maknyus


Kristian Mustafa
April 12, 2019 at 2:31 PM

Binatang Luwak nya yang punya peranan penting dalam proses ini.


Amir Mahfudzi
April 15, 2019 at 9:09 PM

Wihh Ambarawa masuk sbg penghasil kopi luwak juga


Agung nugroho
April 15, 2019 at 9:19 PM

Sayangnya bukan pecinta kopi