APR 11, 2019

Ini Merupakan 5 Fakta yang Menjadi Daya Tarik dari Taman Laut Selat Pantar!

Kekayaan alam di Indonesia memang merupakan daya tarik yang sangat kuat, salah satunya ialah dengan keindahan alam lautnya. Nah, Taman Laut Selat Pantar menyimpan fakta-fakta menarik seputar keindahan tersebut. Enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Indonesia merupakan salah satu negara di dunia ini yang memiliki beragam keindahan alam nan memukau. Tak terkecuali kondisi alam bawah lautnya, banyak dari para penyelam dunia yang sudah mengakui Indonesia merupakan destinasi yang tepat untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Berbicara mengenai keindahan tersebut, tentu terdapat spot yang patut untuk lo kunjungi, yakni Taman Laut Selat Pantar.

Berbicara mengenai keindahan alam bawah laut, memang terdapat pilihan taman laut lainnya yang ada di Indonesia, namun Taman Laut Selat Pantar memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menarik banyak perhatian. Taman laut yang berada di wilayah Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki sebuah keunikan yang akan membuat lo terpukau.

Sebagai seorang penyelam atau diver, taman laut ini pun merupakan surga untuk lo bisa menemukan banyak sekali terumbu karang dan biota laut lainnya. Tak heran apabila taman laut ini merupakan destinasi wisata kebanggaan dari masyarakat Alor. Daripada lo semakin penarasan mengenai fakta-fakta menarik seputar Taman Laut Selat Pantai ini, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Fakta Seputar Taman Laut Selat Pantar – Surga Bagi Penikmat Diving

Ini Merupakan 5 Fakta yang Menjadi Daya Tarik dari Taman Laut Selat Pantar!

Suasana di Taman Laut Selat Pantar. Credit: youtube.com

Diving memang merupakan sebuah aktivitas yang memiliki banyak sekali penggemarnya, tak heran semakin hari, semakin banyak orang yang memiliki hobi ini. Nah, Taman Laut Selat Pantar ini sendiri bisa dikategorikan sebagai salah satu surga buat lo.

Bukan hanya sebuah isapan jempol belaka, alasan utama mengapa kawasan nan indah ini menjadi surga bagi para penyelam dikarenakan oleh terdapatnya spot-spot diving yang banyak serta memiliki kualitas yang patut untuk diacungkan jempol.

Kurang lebih terdapat 26 titik yang bisa lo salami ketika berada di taman laut ini, namun terdapat beberapa pilhan yang paling terkenal dan paling sering dikunjungi oleh para penyelam. Titik diving seperti Half Moon Bay, Peter’s Priza, Crocodile Rook dan Shark Close.

Fakta Seputar Taman Laut Selat Pantar – Berinteraksi dengan Ikan Hiu

Ini Merupakan 5 Fakta yang Menjadi Daya Tarik dari Taman Laut Selat Pantar!

Suasana di Taman Laut Selat Pantar. Credit: taufiqurokhman.com

Aktivitas ini merupakan salah satu keunikan dari Taman Laut Selat Pantar, selain memiliki keindahan alam yang memukau, ternyata berkunjung ke kawasan wisata ini lo juga bisa berinteraksi dengan para biota laut yang hidup di dalamnya.

Hal yang paling menarik perhatian banyak penyelam ialah dengan mudahnya lo bisa berinteraksi dengan ikan hiu. Yaap, ikan yang terkenal buas serta ganas ini, ternyata sangat berbeda sekali apabila lo menemukannya di kawasan Taman Laut Selat Pantar.

Anehnya ikan hiunya pun sangatlah ramah dan bersahabat, bukan hanya ikan hiu saja yang bisa lo temukan di sana, namun lo juga bisa melihat beberapa ekor lumba-lumba yang akan selalu menemani lo. Perlu untuk diketahui, lumba-lumba itu termasuk spesies yang sangat langka loh.

Fakta Seputar Taman Laut Selat Pantar – Bermacam-Macam Biota Laut

Ini Merupakan 5 Fakta yang Menjadi Daya Tarik dari Taman Laut Selat Pantar!

Suasana di Taman Laut Selat Pantar. Credit: travelingyuk.com

Biota laut yang ada di kawasan Taman Laut Selat Pantar sendiri memang tergolong cukup banyak, tak heran apabila terdapat beberapa pilihan jenis ikan hingga terumbu karang di kawasan ini. Belum lagi dengan deretan tumbuhan-tumbuhan laut berwarna ungu, hijau, kuning, cokelat, merah, abu-abu, jingga dan putih.

Mata lo akan dimanjakan dengan warna-warni dari kondisi biota laut yang ada di dalam kawasan taman laut ini. Selat Pantar juga dimeriahkan dengan ikan-ikan cantik, antara lain jenis Flasher, Alien dan Invaders. Ikan-ikan tersebut memiliki warna tubuh yang bervariasi, bahkan seekot ikan bisa memiliki 3-4 warna.

Lo juga bisa melihat rombongan ikan karang dan ikan pelagis ketika melakukan penyelaman di bawah sana. Tentu dari beberapa pilihan biota laut yang ada, mampu membuat keindahan dari taman laut ini semakin megah dan sulit untuk lo lupakan begitu saja.

Fakta Seputar Taman Laut Selat Pantar – Taman Laut yang Begitu Luas

Ini Merupakan 5 Fakta yang Menjadi Daya Tarik dari Taman Laut Selat Pantar!

Suasana di Taman Laut Selat Pantar. Credit: fotowisata.com

Daya tarik dari Taman Laut Selat Pantar bukan hanya sekedar dari keindahan alamnya saja, namun perlu untuk lo ketahui, ternyata ini merupakan salah satu taman laut yang cukup luas loh. Tak heran apabila lo akan benar-benar puas mengeksplorasi keindahan yang ada, asalkan lo punya waktu yang cukup banyak yaa.

Bayangkan saja, luas wilayah dari kawasan taman laut ini pun bisa mencapai 2.864,64 kilometer persegi dan berbatasan laut dengan Timor-Leste dan Kabupaten Maluku Barat Daya. Dari beberapa pendapat dari para pelancong atau penyelam yang sudah datang ke taman laut ini, diperlukan waktu sekitar 1 minggu untuk benar-benar bisa menikmati segala keindahannya.

Fakta Seputar Taman Laut Selat Pantar – Menuju Lokasi

Ini Merupakan 5 Fakta yang Menjadi Daya Tarik dari Taman Laut Selat Pantar!

Suasana di Taman Laut Selat Pantar. Credit: backpackerjakarta.com

Letak dari taman laut ini memang berada di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sehingga para pelancong atau pengunjung pun bisa memulai perjalanan dari Kupang dengan menggunakan kapal feri dengan tujuan Lanrantuka.

Kurang lebih waktu yang akan lo habiskan ketika melakukan perjalanan ke taman laut ini ialah 12 – 13 jam. Setelah itu harus menggunakan kapal yang lebih kecil ke Pelabuhan Kalabahi yang masuk juga ke dalam Kepulauan Alor. Ketika berada di kawasan Kalabahi lo bisa menemukan rumah makan dan tempat penginapan. Selain itu lo juga bisa mendapatkan cinderamata yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Selat Pantar.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Taman Laut Selat Pantar di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu bersemangat dan jangan berhenti berpetualang untuk melihat keindahan alam di Indonesia!

Source

 

 

Featured Image: 

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 11, 2019 at 3:18 PM

We belum punya lisensi diving


Agung nugroho
April 11, 2019 at 11:23 PM

Jadi pengen diving


Amir Mahfudzi
April 12, 2019 at 8:06 AM

Surga bagi pecinta diving