APR 11, 2019

5 Kiat Ampuh Memperkecil Risiko Kena Jambret saat Traveling

Untuk menghindari aksi jambret saat traveling, lo perlu mengetahui beberapa hal penting agar momen liburan tetap berlangsung aman dan nyaman. Apa sajakah itu? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Ketika masa liburan tiba, wisatawan hendaknya tetap berhati-hati terhadap aksi kejahatan yang mungkin terjadi di waktu-waktu tertentu. Salah satu aksi kriminal yang patut diwaspadai wisatawan adalah penjambretan. Untuk menghindari aksi jambret, lo perlu mengetahui beberapa hal penting agar keamanan tetap terjaga selama liburan.

Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 tips untuk memperkecil risiko terkena jambret saat traveling. Silakan disimak ya bro!

1. Menyiapkan Uang Tunai Seperlunya Saja

Saat pergi traveling, lo tentu perlu menyiapkan uang tunai agar bisa menikmati fasilitas tempat wisata yang dituju. Tak hanya itu, anggaran traveling juga bisa dipakai wisatawan untuk menyewa transportasi umum. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa uang tunai menunjang keseruan pengalaman liburan para wisatawan.

Uang memang penting saat traveling, namun ada baiknya lo tetap mengatur jumlah yang dibawa demi alasan keamanan. Agar terhindar dari aksi penjambretan saat traveling, wisatawan baiknya membawa uang tunai seperlunya saja. Jadi, siapkan uang secukupnya saja untuk keperluan sehari-hari. Oke, bro?

Selain itu, wisatawan juga dianjurkan lebih sering menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk berbelanja selama travel. Hal ini tentu dimaksudkan agar lo tidak membawa uang tunai terlalu banyak di dalam dompet kecil. Jangan lupa juga untuk selalu memposisikan dompet di dalam kantong.

2. Memakai Tas serta Dompet yang Sesuai

Wisatawan juga perlu menentukan  jenis tas yang dibawa sesuai dengan kebutuhan. Pastikan tas yang lo bawa tidak terlalu besar agar mudah diangkut ketika traveling dengan motor atau berjalan kaki. Dengan begitu, lo bisa puas menikmati momen traveling tanpa merasa terbebani dengan barang bawaan.

Ada dua jenis tas yang bisa digunakan wisatawan untuk bepergian, yakni tas selempang atau tas ransel. Ketika berangkat traveling, cobalah untuk meletakkan tas di bagian depan. Dengan begitu, badan lo dapat lebih mudah terlindungi dari berbagai kemungkinan buruk.

Selain tas, perhatikan juga jenis dompet yang dibawa selama traveling. Lo disarankan membawa dompet kecil yang mudah dimasukkan ke dalam kantong celana agar terhindar dari jambret. Dompet kecil dan tipis tentu tidak akan mengundang perhatian apabila diletakkan di dalam kantong. Setuju ‘kan, bro?

3. Tidak Bermain Ponsel di Atas Motor

Banyak orang memilih motor sebagai transportasi ideal saat pergi ke suatu daerah wisata. Jika tengah menjadi penumpang motor, wisatawan sebaiknya tidak bermain ponsel. Upaya ini tentu ditujukan agar lo terhindar dari risiko terkena jambret di perjalanan.

Selama berada di atas motor, cobalah untuk menunda keinginan membuka situs jejaring sosial hingga tiba di tempat tujuan. Taruhlah ponsel ke dalam kantong jika tidak benar-benar membutuhkannya. Hal ini tidak lain agar lo dapat mencegah upaya penjambretan di perjalanan.

Bila lo hendak menggunakan ponsel, cobalah untuk menepi terlebih dahulu agar aman. Angkatlah ponsel untuk keperluan mendesak saja. Misalnya seperti saat mencari lokasi tujuan di peta atau mengangkat telepon dari pihak penting. Oke, bro?

4. Berhati-hati ketika Berjalan Kaki

Wisatawan baiknya mewaspadai segala hal buruk yang mungkin terjadi selama traveling. Aksi penjambretan dapat terjadi di mana saja, contohnya seperti tempat umum berupa pinggir jalan. Oleh sebab itu, jangan lupa bekali diri dengan peralatan keamanan agar momen traveling lo tetap berjalan lancar. Oke, bro?

Di samping itu, ada baiknya lo juga bersikap santai agar tidak memancing perhatian pelaku kriminal. Cobalah untuk tidak sering mengeluarkan ponsel ketika menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Sebisa mungkin buat diri lo tidak sibuk dengan ponsel agar bisa mengawasi keadaan sekitar.

Wisatawan baiknya menaruh ponsel di dalam tas atau kantong. Apabila ingin mengangkat ponsel sewaktu-waktu, cobalah untuk menepi sejenak terlebih dahulu. Carilah tempat yang dirasa aman untuk membuka ponsel agar lo terhindar dari hal-hal buruk. Oke bro?

5. Tidak Mengenakan Perhiasan yang Mencolok

Aksi penjambretan seringkali dialami mereka yang memakai perhiasan terlalu mencolok. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidak mengenakan perhiasan mencolok selama bepergian, terutama bagi wisatawan wanita. Hal ini tentu dapat meminimalisir risiko lo terkena jambret di perjalanan.

Jadi, cobalah memakai aksesoris yang dirasa perlu saja tanpa terkesan berlebihan. Sebelum berangkat, pakailah aksesoris yang tergolong biasa namun tetap mampu meningkatkan penampilan. Dengan begitu, lo tak perlu menyimpan rasa khawatir akan dirampok di tengah perjalanan.

6. Posisikan Kendaraan Pribadi di Tempat yang Aman

Motor seringkali menjadi kendaraan ideal bagi banyak wisatawan saat traveling. Menjelajahi tempat wisata dengan motor tentu akan menjadi hal seru untuk dilakukan selama liburan. Meski begitu, ada baiknya lo tetap waspada menaruh motor di posisi aman agar momen liburan lo tidak terganggu.

Pilihlah tas yang paling nyaman untuk dibawa saat berkendara. Hindari tas tote bag atau tas tenteng karena tali kedua tas tersebut mudah melorot dari bahu. Jangan lupa juga untuk tetap fokus selama berkendara agar terhindar dari kecelakaan, oke bro?

Demikian 6 kiat ampuh menghindari risiko kena jambret di perjalanan. Semoga informasi ini dapat membuat lo terhindar dari hal-hal buruk selama traveling. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati di perjalanan ya bro!

Source

Feature Image - nytimes.com


Please login to comment
5 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 11, 2019 at 3:19 PM

Nice info broh


Amir Mahfudzi
April 12, 2019 at 8:12 AM

Info yg bermanfaat


Muhammad arifudin
April 13, 2019 at 11:07 AM

Harus hati2


Agung nugroho
April 15, 2019 at 9:30 PM

Info yg bagus


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 17, 2019 at 4:35 PM

Nice info bro... Selalu waspada