APR 11, 2019

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran!

Layaknya bunga sakura yang bermekaran, terumbu karang di Taman Nasional Kepulauan Togean juga ikut mekar! Penasaran seperti apa kabarnya? Sila simak bahasan kali ini!


Deretan taman nasional tengah menjadi daya tarik para petualang, nih. Salah satunya yang diramalkan akan dikunjungi banyak orang adalah Taman Nasional Togean. Hal tersebut dikarenakan oleh keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Ditambah, terumbu karang serta koralnya tengah bermekaran sekarang!

Kepulauan Togean yang berlokasi di Kabupaten Tojo Unauna, Provinsi Sulawesi Tengah adalah salah satu taman nasional yang ada di Indonesia yang terbilang unik. Keunikannya terletak di kawasannya sendiri yang berbentuk sebuah kepulauan.

Nah, kali ini Taman Nasional Kepulauan Togean tengah sedang bergembira. Pasalnya, ada hal menarik yang terjadi akhir-akhir ini. Hal tersebut adalah ‘bermekarannya’ terumbu karang serta koral yang sudah ditanam sejak satu tahun yang lalu.

Hal ini didukung oleh pernyataan dari Ir Bustang sebagai Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean – menyatakan jika karang-karang serta koral tersebut sudah ditransplantasi sejak setahun yang lalu dan sekarang ini tengah memasuki pertumbuhan ke 10 cm dan 20 cm.

Menurutnya, perkembangan terumbu karang serta deretan koral tersebut tetap tergantung dengan jenis-jenis yang ada di sana. Tentu, hal tersebut adalah fakta yang menarik untuk diketahui. Diramalkan, para petualang tidak akan menyiakan kesempatan ini untuk melihat langsung.

Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Togean

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran!

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran! credit: skyscanner.co.id

Petualang mana sih yang tidak tahu akan keindahan alam bawah laut kepulauan Togean? Kalau ada petualang yang belum tahu, berarti perjalanan yang ia sudah lalu belum terlalu jauh, nih! Keindahan alam bawah laut di sini sudah tidak diragukan lagi.

Terlebih, sekarang ini – seperti yang sudah diketahui bersama dan disebutkan di atas sebelumnya – jika karang-karang yang baru saja ditanam satu tahun yang lalu, tengah masuk ke masa puncaknya. ‘Bermekarannya’ terumbu karang serta koral ini menjadi daya tarik yang besar bagi para petualang, lho.

Dua Titik Transplantasi Terumbu karang

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran!

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran! credit: indonesiakaya.com

Masih dari orang yang sama – ia juga menyebutkan setidaknya ada dua titik penanaman di Taman Nasional Togean. Satu ada di sekitar Pangempa dan satu lagi di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Jumlah yang ditanam di titik pertama mencapai 40 substrat dan di titik kedua mencapai 240 substrat. Penanaman ini tentu mempunyai tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah pelestarian terumbu karang yang sudah rusak.

Seperti yang diketahui, terumbu karang serta deretan koral, selain menjadi daya tarik para petualang untuk menikmati keindahan alam bawah laut, juga menjadi tempat berkembang biaknya ikan-ikan kecil serta berbagai biota laut lainnya.

58.400 Bibit Terumbu Karang dari 2017

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran!

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran! credit: gocelebes.com

Setidaknya – di Taman Nasional Kepulauan Togean dari tahun 2017 yang lalu – sudah ada 58.400 terumbu karang yang ditanam di sana. Jumlah tersebut mencapai ratusan jenis terumbu karang serta koral yang dilindungi.

Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean juga menyatakan jika spesies-spesies terumbu karang serta koral yang dilindungi tersebut dijamin kelestarian dan keamanannya di taman nasional ini. Hal ini terkait dengan keseriusan Balai tersebut untuk mengurusi kelestarian keindahan alam di Kepulauan Togean.

Deretan Biota Eksotis di Kepulauan Togean

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran!

Taman Nasional Togean: Terumbu Karang Serta Koralnya Mulai Bermekaran! credit: lifestyle.okezone.com

Tidak hanya terumbu karang serta koral yang menjadi fokus utama dari usaha pelestarian keindahan alam bawah laut yang dilakukan oleh petugas balai Taman Nasional Kepulauan Togean, tetapi juga satwa laut atau biota-biota laut yang ada di sekitaran sana.

Setidaknya, deretan biota laut yang ada di Kepulauan Togean termasuk biota yang dilindungi dan masuk ke kelas yang eksotis. Sebut saja penyu sisik dan penyu belimbing, biawak togean, kepiting kenari, kima, ikan dugong-dugong, lumba-lumba, kuda laut serta berbagai jenis ikan napoleon jadi fokus mereka juga.

Oleh karena itu, usaha ini bisa dibilang sebagai perbaikan ekosistem yang ada di Taman Nasional Kepulauan Togean. Mengingat beberapa wilayah di taman nasional ini telah ditetapkan menjadi spot petualangan dan wisata yang diprioritaskan.

Spot-spot tersebut dianggap sebagai deretan kawasan wisata strategis nasional oleh Kementerian Pariwisata.

Wah bagaimana nih bro? Taman Nasional Kepulauan Togean ternyata keindahan alamnya tidak main-main ya. Tentu, sehabis baca bahasan ini – bisa jadi lo memasukan taman nasional ini ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo.

Oh iya bro, kalau lo mengetahui kabar terbaru dari Taman Nasional Kepulauan Togean ini, dan belum disebutkan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Jadi, para petualang yang lain, juga bisa ikut tahu kabar terbaru dari taman nasional yang eksotis tersebut!

 

Source

Feature Image - sabigaju.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Agung nugroho
April 11, 2019 at 11:30 PM

Wow amazing


Amir Mahfudzi
April 12, 2019 at 8:05 AM

Keindahan yg harus dijaga


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 12, 2019 at 9:57 PM

Taman laut terindah