APR 13, 2019

5 Cara Terbaik Nikmati Keindahan Pantai Krokoh, Yogyakarta

Salah satu pantai di daerah Gunungkidul yang patut dijajal wisatawan adalah Pantai Krokoh. Pantai paling timur di Yogyakarta ini menyajikan panorama indah dan suasana sejuk. Bagaimana cara terbaik untuk menyelami keindahan Pantai Krokoh? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!.


Ketika berlibur ke Yogyakarta, lo bisa menemukan banyak obyek wisata pantai indah di daerah Gunungkidul. Banyak wisatawan terpesona dengan pantai-pantai di sana lantaran memiliki air laut jernih dan pasir putih.Salah satu pantai di daerah Gunungkidul yang patut dijajal wisatawan adalah Pantai Krokoh.

Pantai indah ini bisa lo jumpai di Desa Songbayu, Kecamatan Girlsubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai paling timur di Yogyakarta ini kabarnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah. Bagaimana cara terbaik untuk menikmati keindahan pantai ini secara maksimal? Simak 5 cara berikut ini ya bro!

1. Menyiapkan Kondisi Tubuh Sebaik Mungkin

5 Cara Terbaik Nikmati Keindahan Pantai Krokoh, Yogyakarta. Photo Credit: kompas.com

Jika berangkat dari pusat Yogyakarta, lo bisa menempuh Pantai Krokoh dalam jarak sekitar 94 kilometer. Pantai ini juga bisa ditempuh dalam jarak 90 kilometer oleh wisatawan bila berangkat dari Kota Surakarta. Sebagian besar orang kabarnya menghabiskan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam untuk bisa sampai ke sini.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa perjalanan menuju Pantai Krokoh terbilang agak lama. Oleh sebab itu, wisatawan baiknya menyiapkan fisik sebaik mungkin sebelum memulai perjalanan ke pantai ini. Hal ini ditujukan agar lo tidak kelelahan saat berkendara sehinga dapat tiba ke tempat tujuan dengan selamat.

Jadi, persiapkan kondisi fisik semaksimal mungkin menjelang hari keberanfkatan. Lo dianjurkan mengambil waktu tidur yang cukup supaya tidak merasa letih ketika hendak memulai perjalanan ke Pantai Krokoh. Pokoknya, tetap utamakan keselamatan sebelum berangkat ya bro!

2. Berenang atau Bermain Air dengan Hati-hati

5 Cara Terbaik Nikmati Keindahan Pantai Krokoh, Yogyakarta. Photo Credit: menggapaiangkasa.com

Bermain air merupakan salah satu kegiatan seru untuk dilakukan wisatawan di pantai. Ketika menyambangi Pantai Krokoh, lo bisa meluangkan waktu santai dengan berendam di air lautnya yang begitu jernih. Melakukan hal ini tentu akan mengalihkan lo dari stres dan rasa penat saat liburan.

Pantai Krokoh diketahui belum memiliki fasilitas lengkap kepada wisatawan. Jika diperhatikan, pantai ini masih nampak alami lantaran belum dipenuhi banyak bangunan di sekitarnya. Sejauh ini, pembangunan baru pantai ini hanyalah berupa akses jalan cor yang baru dibuka pada bulan Maret lalu.

Menyikapi hal tersebut, lo dianjurkan untuk selalu berhati-hati selama berenang atau bermain air di sekitar pantai ini. Pasalnya, wisatawan bakal susah mencari pertolongan secara langsung jika mengalami kecelakaan seperti tenggelam. Jadi, jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berlibur di Pantai Krokoh ya bro!

3. Menaiki Kendaraan Pribadi

5 Cara Terbaik Nikmati Keindahan Pantai Krokoh, Yogyakarta. Photo Credit: jarangpanas.com

Wisatawan disarankan mendatangi Pantai Krokoh dengan menaiki transportasi pribadi. Mengapa demikian? Pantai Krokoh diketahui terletak di daerah agak terpencil sehingga tidak ada transportasi umum yang langsung mengarah ke sini. Dengan demikian, menaiki kendaraan pribadi bakal memudahkan perjalanan lo untuk menuju pantai ini.

Selain itu, kondisi sebagian jalan menuju Pantai Krokoh tidak rata dan penuh lubang. Meski demikian, jalan tersebut masih bisa dilintasi mobil secara aman. Saat berkendara ke sini, lo perlu mewaspadai jalannya yang terbuat cor dan cukup sempit,

4.  Menyambangi Pantai di Pagi Hari

5 Cara Terbaik Nikmati Keindahan Pantai Krokoh, Yogyakarta. Photo Credit: bookprimera.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Krokoh adalah pagi hari. Kala itu, lo bisa puas menikmati suasana pantai dengan cuaca yang cerah dan tidak terlalu panas. Apabila berminat datang ke Pantai Krokoh, wisatawan baiknya tiba sebelum pukul 10.00 WIB untuk mendapat pengalaman memuaskan.

Ada banyak hal tak menyenangkan yang bakal dirasakan wisatawan saat datang  pada waktu siang. Pertama, cuaca akan menjadi sangat panas ketika cerah. Kedua, lo tidak akan nyaman berlama-lama di sekitar pantai karena matahari bersinar terlalu terik. Jika mendatangi Pantai Krokoh di atas pukul 10.00 WIB, wisatawan harus siap menahan panas matahari yang cukup menyengat.

Apabila tidak sempat mendatangi pantai ini di pagi hari, Wisatawan bisa mengganti waktu kunjungan di sore hari. Akan tetapi, perjalanan pulang akan penuh risiko berbahaya lantaran jalan-jalan pegunungan terbilang gelap. Oleh sebab itu, kunjungan sore direkomendasikan buat wisatawan yang ingin melaksanakan camping di sekitar Pantai Krokoh.

5. Berlibur ke Pantai Bersama Teman

5 Cara Terbaik Nikmati Keindahan Pantai Krokoh, Yogyakarta. Photo Credit: bisniswisata.co.id

Suasana Pantai Krokoh terbilang sepi jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Yogyakarta. Dengan demikian, pantai ini cocok didatangi wisatawan bersama teman agar suasana liburan menjadi lebih seru. Saat membawa teman ke Pantai Krokoh, lo bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan berfoto bersama.

Kehadiran teman tidak hanya akan terasa ketika lo bermain di Pantai Krokoh. Lo juga bakal mengandalkan bantuan mereka saat melakukan perjalanan menuju pantai ini. Jika merasa kelelahan saat menyetir, lo bisa meminta mereka untuk menjadi supir secara sementara. Bermanfaat sekali, bukan?

Berangkat bersama teman juga akan membuat perjalanan lo lebih seru dan aman. Selama di perjalanan, lo dapat memperbincangkan banyak hal bersama mereka sehingga mampu terhindar dari rasa bosan, kantuk, dan lelah. Jadi, jangan ragu untuk mengajak teman saat hendak berlibur ke sini ya bro! Kehadiran teman tentu akan membuat momen liburan lo terasa lebih berarti.

Demikian 5 cara terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Krokoh. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang berminat datang ke pantai ini dalam waktu dekat. Jangan lupa menerapkan 5 cara di atas ya bro! Selamat traveling!

Source

Feature Image - jejakkecilku


Please login to comment
4 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 13, 2019 at 10:47 PM

Buka nesting buka kompor rebus air bikin kopi. Mantap


Agung nugroho
April 14, 2019 at 10:22 PM

Bisa dicoba


Muhammad arifudin
April 15, 2019 at 6:12 PM

Langsung agenda kan


Amir Mahfudzi
April 21, 2019 at 8:56 AM

Bisa langsung gass