APR 13, 2019

5 Hal-hal Kecil yang Sering Dilupakan Wisatawan saat Traveling ke Luar Negeri

Dibutuhkan persiapan matang untuk bisa puas menikmati waktu liburan di luar negeri. Saat sibuk mempersiapkan hal penting, wisatawan seringkali lupa membawa sejumlah hal kecil yang sebenarnya dibutuhkan selama liburan di negara asing. Apa sajakah itu? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ini ya!


Bila hendak berlibur ke luar negeri, lo tentu membutuhkan persiapan sematang mungkin. Hal ini dimaksudkan agar lo mampu menghadapi perbedaan cuaca, budaya, dan hal-hal lainnya di negara tujuan. Contoh hal-hal lain yang wajib disiapkan sebelum berangkat ke luar negeri adalah paspor, visa, tempat penginapan selama liburan, tiket keberangkatan, dan lain-lain.

Saat sibuk mempersiapkan hal penting, wisatawan seringkali lupa membawa sejumlah hal kecil yang sebenarnya dibutuhkan ketika traveling ke luar negeri. Apa sajakah hal-hal sepele yang sering dilupakan wisatawan ketika travel ke luar negeri? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Pemakaian Jaket dan Ikat Pinggang

Di dalam penerbangan internasional, wisatawan sebenarnya diperkenankan memakai jaket dan ikat pinggang. Meski begitu, lo sebaiknya tidak menggunakan dua barang tersebut ketika hendak melakukan penerbangan demi kenyamanan. Mengapa demikian?

Pasalnya, wisatawan nantinya diminta menanggalkan jam tangan, jaket, ikat pinggang, dan benda logam logam lainnya oleh petugas bandara di negara keberangkatan atau kedatangan. Melepaskan benda-benda ini tentu akan membuat perjalanan lo kurang terasa nyaman. Meski begitu, ada cara untuk mengantisipasi hal ini.

Wisatawan bisa menyimpan jaket dalam tas yang dibawa ke kabin agar bisa dipakai untuk menghangatkan badan di dalam pesawat. Jika tidak membawa jaket, lo juga dapat memakai pakaian tebal dengan lengan panjang yang terlihat berbeda dari jaket. Oke, bro?

2. Pulpen

Banyak dari lo mungkin beranggapan benda kecil ini tidak berguna di perjalanan. Faktanya, barang ini akan diperlukan wisatawan untuk mengisi formulir dari imigrasi. Oleh sebab itu, lo dianjurkan  menyimpan pulpen dalam tas yang akan dibawa ke dalam kabin pesawat.

Jika lupa membawa pulpen, wisatawan sebenarnya tak perlu merasa khawatir. Pasalnya, konter imigrasi umumnya menyediakan meja dan pulpen untuk penumpang yang hendak mengisi formulir. Akan tetapi, hal ini akan membuat lo melewati tahap pengecekan paspor lebih lama.

Dengan demikian, wisatawan baiknya membawa pulpen agar mampu mengisi formulir di dalam pesawat. Lo pun bisa langsung pergi menuju konter pemeriksaan imigrasi tanpa harus mengantre panjang. Jadi jangan lupa menyiapkan pulpen sebelum berangkat ya bro!

3. Uang Lokal

Lo sebaiknya mengobservasi mata uang negara tujuan sebelum tiba di sana. Jadi, kenalilah alat pembayaran yang dipakai warga setempat untuk bertransaksi dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini tentu juga akan memudahkan lo ketika membeli oleh-oleh selama liburan.

Selain itu, wisatawan juga perlu mengetahui jenis uang mana yang paling sering dipakai masyarakat di negara tujuan. Manfaat atas trik ini akan terasa ketika lo menyambangi negara luar seperti Kamboja. Di sana, masyarakat diketahui lebih sering melakukan jual beli menggunakan dollar. Padahal, mata uang lokal yang berlaku di sana adalah Riel Kamboja.

4. Memerhatikan Cairan yang Dibawa ke dalam Tas

Ketika pergi traveling, sebagian besar wisatawan seringkali memasukkan cairan soft lens, parfum, serta minyak angin ke dalam tas. Biasanya, barang-barang ini diletakkan dalam tas kecil agar mudah diambil ketika sedang diperlukan. Bila hendak menempuh penerbangan internasional, lo sebaiknya mengatur strategi khusus sebelum menaruh barang-barang ini le dalam tas.

Lo dianjurkan mengecek jumlah cairan yang dibawa jika hendak menempuh perjalanan luar negeri. Pastikan cairan yang hendak lo masukkan dalam kabin tidak melewati 100 mililiter dan tidak terdeteksi saat diperiksa oleh petugas. Pokoknya, selalu upayakan cairan berada dalam takaran yang pas.

Menyiapkan cairan terlalu banyak dalam barang bawaan akan menyulitkan perjalanan lo ke luar negeri. Jika lo tertangkap basah membawa cairan melebihi batas yang ditentukan, petugas tidak akan segan untuk mengambil dan membuang barang-barang tersebut secara langsung. Oleh sebab itu, bawalah cairan dalam jumlah cukup.

Lo juga bisa menaruh cairan ke dalam bagasi apabila ingin membawanya dalam jumlah banyak. Selain cairan, barang lainnya yang akan disita petugas bandara adalah benda-benda cair dan berbahaya. Agar barang bawaan tidak disita, lo sebaiknya menyimak prosedur penerbangan tentang barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa ke dalam kabin. Oke, bro?

5. Paket Internet

Internet tentu akan memudahkan perjalanan liburan wisatawan di luar negeri. Oleh sebab itu, lo sebaiknya menyiapkan paket internet dan kartu SIM lokal sebelum berangkat. Dengan begitu, lo bisa menggunakan akses internet untuk mencari objek wisata yang dikehendaki selama liburan.

Lo dapat mencari paket internet di negara tujuan. Jika tidak ingin mencarinya di luar negeri, lo bisa melakukan registrasi paket internet luar negeri di Indonesia. Melalui internet, wisatawan tentu dapat mudah menjalin komunikasi dengan teman atau keluarga secara mudah.

Selama liburan, lo juga sebaiknya tidak lupa memakai internet secara bijaksana. Gunakanlah internet seperlunya saja. Jika tempat yang lo kunjungi menyediakan wifi, manfaatkanlah fasilitas tersebut untuk menghemat biaya paket data pribadi. Pokoknya, pakailan paket internet secara bijak selama liburan ya bro!

Demikian hal-hal kecil yang sering dilupakan wisatawan saat hendak traveling ke luar negeri. Jangan lupa menyiapkan hal-hal di atas sebelum menempuh perjalanan internasional ya bro. Dengan begitu, perjalanan lo akan berjalan lancar tanpa terkena hambatan. Selamat liburan!

Source

Feature Image - cnn.com


Please login to comment
4 COMMENTS
gilang
April 13, 2019 at 7:01 PM

jadi pingin liburan


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 13, 2019 at 10:47 PM

Jadi pengen traveling


Kristian Mustafa
April 15, 2019 at 2:09 PM

Yang Paling penting jangan lupa Bahagia


Agung nugroho
April 17, 2019 at 8:18 AM

Gwe belom pernah ke luar negeri