APR 15, 2019

Gua Batu Cermin Labuan Bajo: 5 Hal Seru yang Mesti Lo Ketahui Saat di Sana!

Gua Batu Cermin adalah salah satu spot petualangan eksotis yang ada di Labuan Bajo - Nusa Tenggara Timur dan punya 5 hal menarik dan seru! Penasaran apa saja hal menarik dan serunya? Sila simak di sini nih!


Caving adalah salah satu aktivitas petualangan yang membuat lo menyusuri gua-gua eksotis. Bicara soal gua yang eksotis, di Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, tidak hanya terdapat deretan pantai yang luar biasa indah saja, tetapi juga Gua Batu Cermin; spot petualangan yang sudah menunggu lo untuk didatangi.

Keindahan deretan pantai yang ada di Nusa Tenggara Timur, termasuk garis pantai yang ada di Pulau Komodo, adalah berbagai spot petualangan yang sudah umum dikunjungi oleh para petualang. Kalau lo haus akan keindahan lainnya, lo bisa datang ke Gua Batu Cermin.

Gua Batu Cermin tergolong ke spot petualangan yang eksotis, bro. Hal ini berdasarkan dengan kondisinya yang masih asri, serta masih jarang dikunjungi oleh para petualang. Maklum, mereka yang datang ke sana, sudah terlebih dahulu terhipnotis dengan deretan pantai yang indah.

Gapura kecil yang bertuliskan ‘Welcome to Batu Cermin’ menjadi penanda kalau lo sudah tidak jauh lagi dengan gua eksotis tersebut. Namun, sebelum masuk lebih dalam – lo mesti membayar tiket retribusi. Tiket untuk petualang lokal hanya seharga Rp 20 ribu, dan untuk petualang mancanegara seharga Rp 50 ribu.

Cukup terjangkau untuk hitungan tiket sebuah spot petualangan yang menjanjikan keindahan alam yang luar biasa dan eksotis. Eits, sudah makin penasaran ya bagaimana keindahan alam yang ada di Gua Batu Cermin tersebut?

Tenang bro, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui – setidaknya ada lima hal seru dan menarik yang mesti lo ketahui dan mesti lo temukan sendiri saat berpetualang di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur!

Kera Ekor Panjang: Penyambut Kedatangan Lo

Gua Batu Cermin Labuan Bajo:5 Hal Seru yang Mesti Lo Ketahui Saat di Sana! credit: 1001malam.com

Tidak perlu berharap lo akan disambut dengan mewah layaknya datang ke sebuah hotel berbintang lima ++ ya. Setelah berjalan kurang lebih 250 meter masuk ke dalam dari gapura kecil penanda pintu masuk dari Gua Batu Cermin, lo akan bertemu dengan beberapa ekor Kera Ekor Panjang.

Kera Ekor Panjang di pelataran Gua Batu Cermin hidup berkeliaran dengan bebas. Tapi tenang, kera-kera tersebut tidak akan mengganggu kedatangan lo. Tapi perlu diingat, walau tidak mengganggu, lo tidak perlu juga untuk memberi mereka makan secara sembarang ya!

Gua Batu Cermin: Dulu, Berada di Dasar Laut

Gua Batu Cermin Labuan Bajo:5 Hal Seru yang Mesti Lo Ketahui Saat di Sana! credit: nationalgeographic.grid.id

Lho, kenapa ini tidak lagi berada di dasar laut, ya? Tentu ada penjelasannya secara ilmiah dan panjang, bro. Tapi, tenang – singkat cerita, karena aktivitas gempa bumi yang terjadi di wilayah ini beberapa waktu silam, membuat posisi gua ini berubah yang sekarang lebih tinggi dari garis pantai yang ada di sana.

Sempat berada di dasar laut, Gua Batu Cermin juga mempunyai penjelasan tersendiri. Menurut para pemandu wisata di sana – dahulu ada seorang arkelog yang juga berprofesi sebagai pastor yang berasal dari Belanda bernama Theodore Verhoven. Theodore melakukan penelitian terkait keberadaan gua eksotis ini.

Penelitiannya menunjukan adanya temuan-temuan fosil beberapa biota laut yang makin menguatkan statement jika Gua Batu Cermin dahulunya berada di dalam laut. Selain itu, batuan karang yang berpori-pori sebagai dinding gua juga menguatkan hasil penelitian dari Theodore.

Bagian Dalam Gua Sengaja Tidak Diberi Penerangan

Gua Batu Cermin Labuan Bajo:5 Hal Seru yang Mesti Lo Ketahui Saat di Sana! credit: lifestyle.okezone.com

Itu mengapa lo diharuskan untuk membawa penerangan sendiri dari luar. Bisa senter, bisa lampu led chargable atau alat penerangan lainnya yang mudah dibawa-bawa. Hal ini mengacu kepada beberapa hasil penelitian dari para ahli, yang menyatakan suhu panas yang dihasilkan dari lampu atau penerangan lainnya, akan mempengaruhi serta mengubah suhu bebatuan yang ada di area tersebut.

Stalaktit yang menggantung di langit-langit Gua Batu Cermin membuat lo harus jalan jongkok saat caving di dalamnya. Tidak lama jalan jongkok, lo akan menemukan ruangan besar. Ruangan besar tersebut juga disebut sebagai ruang utama dari Gua Batu Cermin.

Temuan Fosil Penyu dan Terumbu Karang

Gua Batu Cermin Labuan Bajo:5 Hal Seru yang Mesti Lo Ketahui Saat di Sana! credit: mongabay.co.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, Gua Batu Cermin sebelumnya berada di dalam laut. Hal tersebut mengacu kepada temuan beberapa fosil biota laut di dinding serta langit-langit gua. Fosil penyu serta terumbu karang menguatkan pembuktian tersebut.

Deretan fosil tersebut hanya bisa dilihat dengan cara menyoroti dinding-dinding gua serta langit-langitnya. Deretan fosil tersebut masih alami menempel di sana.

Asal Pemberian Nama Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin Labuan Bajo:5 Hal Seru yang Mesti Lo Ketahui Saat di Sana! credit: travel.detik.com

Terlepas dari beberapa hal menarik di atas, ada satu hal menarik dan seru lainnya yang mesti lo ketahui nih. Hal tersebut yaitu asal-muasal pemberian nama dari Gua Batu Cermin. Di dalam gua tersebut, ada lorong yang ukurannya cukup luas.

Di lorong tersebut terdapat sebuah celah tebing di mana sinar matahari langsung masuk ke area tersebut. Nah, spot itu tanpa pencahayaan pun, ruangan atau lorong gua itu terlihat terang karena pantulan sinar matahari.

Dari lorong inilah nama Gua Batu Cermin berasal. Tanpa cahaya buatan, jika lo foto di lorong tersebut, sudah terang layaknya mendapat cahaya dari cermin.

Nah, dari lima hal seru dan menarik yang ada di Gua Batu Cermin, apakah sudah membuat lo berhasil penasaran untuk datang ke sana?

Oh iya, jika dari lo ada yang mengetahui hal menarik lainnya terkait Gua Batu Cermin dan belum dijelaskan di atas, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ya. Hal tersebut agar para petualang lainnya mengetahui informasi-informasi itu!

 

Source

Feature Image - lifestyle.okezone.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 15, 2019 at 5:35 PM

Indah nian


Muhammad arifudin
April 19, 2019 at 5:35 AM

Seru kayaknya