APR 15, 2019

Terpilih Sebagai Lokasi Syuting, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Kian Terkenal di Kalangan Traveller

Banyak wisatawan tertarik mengunjungi sebuah tempat wisata usai menyaksikannya dari sebuah film. Obyek wisata mana sajakah yang popularitasnya meningkat di tanah air usai disorot dalam film? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Film seringkali mempopulerkan objek wisata yang mungkin sebelumnya tidak diketahui banyak orang. Banyak wisatawan tertarik mengunjungi sebuah tempat wisata usai menyaksikannya dari sebuah film. Obyek wisata mana sajakah yang popularitasnya meningkat di tanah air usai disorot dalam film? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Benteng Van der Wijck - The Raid 2 (2014)

Terpilih Sebagai Lokasi Syuting, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Kian Terkenal di Kalangan Traveller. Photo Credit: explorewisata.com

Jika menonton film The Raid 2 besutan Gareth Evans, lo tentu mengingat adegan pertarungan di dalam penjara yang begitu ciamik.  Nah, pengambilan adegan tersebut ternyata bertempat di Benteng Van der Wijck. Lo bisa menjumpai benteng ini di daerah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.

Bangunan klasik ini kabarnya sudah berdiri kokoh sejak tahun 1818. Proyek pembangunan benteng Van der Wijck dikepalai oleh Jenderal Van den Bosch. Tempat ini cocok dikunjungi wisatawan yang menyukai hal-hal seputar sejarah atau wisatawan yang ingin menyelami sejarah penjajahan Belanda di Indonesia.

Pembangunan benteng ini awalnya ditujukan untuk menguatkan pertahanan serta membatasai gerakan musuh di Kedu Selatan. Di dalam film The Raid 2, tempat ini melatari adegan pembuka yang melibatkan aktor ternama Indonesia seperti Iko Uwais dan Arifian Putra. Jangan lupa menyambangi benteng Van der Wijck ya bro!

2. Air Terjun Tanggedu – Susah Sinyal (2017)

Terpilih Sebagai Lokasi Syuting, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Kian Terkenal di Kalangan Traveller. Photo Credit: dolanyok.com

Banyak dari kalian tentu pernah menonton film garapan Ernest Prakasa ini, bukan? Salah satu daerah di Indonesia yang terpilih menjadi latar film Susah Sinyal adalah Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Obyek wisata khas Sumba yang tersorot dalam film ini adalah Air Terjun Tanggedu.

Air Terjun Tanggedu cocok dijadikan tempat liburan bagi wisatawan yang ingin lepas dari suasana perkotaan. Wisatawan bisa menjumpai air terjun ini di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jika berminat ke sini, lo harus siap melalui perjalanan jauh yang sedikit melelahkan.

Sesampainya di sini, lo bakal disambut panorama alam yang menyegarkan mata. Mendatangi destinasi wisata ini tentu akan mengalihkan pikiran lo dari penat dan stres. Apabila lo berangkat dari Waingapu, Air Terjun Tanggedu bisa ditempuh dalam jarak sekitar 45 kilometer. Luangkan waktu liburan ke sini ya bro!

3. Pantai Pasir Putih Cihara – Love For Sale (2018)

Terpilih Sebagai Lokasi Syuting, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Kian Terkenal di Kalangan Traveller. Photo Credit: sportourism.id

Pantai berpasir putih ini terpilih sebagai salah satu lokasi syuting film Love For Sale yang dibintangi Gading Marten dan Della Dartyan. Lo bisa menemukan Pantai Cihara di daerah Banten. Begitu tiba di sana, wisatawan akan disuguhi pemandangan pasir cantik yang memikat.

Selain itu, daerah pasir pantai ini juga disertai batu-batu karang mempesona. Di Pantai Cihara, wisatawan dapat menemukan cekungan berbentuk setengah lingkaran yang dapat dipilih sebagai tempat berenang. Keindahan pantai ini tentu tak boleh dilewatkan bagi lo yang sedang berlibur di Banten.

4. Gereja Ayam – AADC 2 (2016)

Terpilih Sebagai Lokasi Syuting, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Kian Terkenal di Kalangan Traveller. Photo Credit: wikipedia.org

Usai pemutaran film Ada Apa dengan Cinta (AADC) 2, gereja ini kian populer di kalangan wisatawan, Gereja Ayam merupakan salah satu destinasi wisata sejarah unik yang bisa lo jumpai di Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah. Apabila lo senang mengunjungi bangunan kuno, Gereja Ayam adalah tempat yang direkomendasikan.

Pada periode 1990-an, Gereja Ayam kabarnya sempat terabaikan. Kini, tempat ini kian ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Lo bisa menemukan Gereja Ayam di atas Bukit Rhema. Sudahkah lo menyambangi gereja ini?  

5. Observatorium Bosscha – Petualangan Sherina (2000)

Terpilih Sebagai Lokasi Syuting, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Kian Terkenal di Kalangan Traveller. Photo Credit: blogspot.com

Apakah lo termasuk orang-orang yang menyukai film Petualangan Sherina?  Salah satu adegan ikonik dari film ini adalah momen ketika Sherina dan Saddam bersembunyi di sebuah gedung untuk kabur dari kejaran penculik. Nama gedung tersebut adalah Observatorium Bosscha.

Observatorium Bosscha merupakan tempat meneropong bintang tertua di Indonesia. Lo bisa mengunjungi gedung ini di Lembang, Bandung. Saat masuk ke dalam sana, wisatawan dapat melihat sejumlah teleskop besar. Contohnya seperti Schimidt Bima Sakti, Cassegrai GOTO, Refraktor Bamberg, dan Refraktor Ganda Zeiss.

6. Kampung Tridi – Yowis Ben (2018)

Terpilih Sebagai Lokasi Syuting, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Kian Terkenal di Kalangan Traveller. Photo Credit: youtube.com

Banyak pihak menyamakan objek wisata ini dengan Kampong Glam di Singapura. Kampung Tridi diketahui melatari banyak adegan film Yowis Ben yang dibintangi Bayu Skak. Lo bisa bisa menemukan Kampung Tridi di daerah Malang, Jawa Timur.

Saat memasuki wilayah Kampung Tridi, lo bisa menjumpai ratusan rumah yang dihiasi gambar 3 dimensi di dekat Sungai Bratas. Gambar yang terpampang di rumah-rumah tersebut nampak nyata sehingga cocok dijadikan objek berfoto. Kawasan ini pas dikunjungi wisatawan yang gemar menyenangi tembok berhiaskan mural estetis.

Demikian 6 objek wisata yang kian populer usai terpilih sebagai lokasi syuting film. Mendatangi kelima tempat-tempat ini tentu akan membuat lo terbebas dari rasa penat dan bosan selama liburan. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo ingin liburan serta mengenang adegan-adegan ikonik dari beberapa film.

Source

Feature Image - instagram.com/denyhamdani


Please login to comment
2 COMMENTS
Amir Mahfudzi
April 15, 2019 at 4:30 PM

Boleh nih maen ke gereja ayam


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 15, 2019 at 5:36 PM

Gereja ayam yg paling viral