APR 15, 2019

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui!

Danau Tamblingan merupakan sebuah daya tarik wisata alam yang ada di Pulau Bali. Di dalam kawasannya pun terdapat beragam keindahan yang bisa lo nikmati. Enggak percaya? Simak saja infromasinya di bawah ini!


Jangan salah sangka kalau berlibur di Bali lo hanya bisa menikmati sebuah keindahan alam berupa pilihan pantai serta pegunungan saja, karena di kawasan Pulau Dewata ini lo bisa menikmati alam dengan daya tarik lainnya. Yaap, di pulau yang sudah terkenal secara mendunia ini, lo juga bisa melihat sebuah danau dengan panorama alam yang luar biasa, yakni Danau Tamblingan.

Sehingga ketika lo sedang berlibur ke Bali, kembangkanlah tempat tujuan wisata lo. Eksplorasi hingga ke Kabupaten Buleleng, karena di dalam kawasan tersebut terdapat danau nan indah ini. Yaap, Danau Tamblingan sendiri memang terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar.

Perlu diketahui pula kalau danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Serta diapit dengan hutan dan berada di kawasan dataran tinggi, sehingga suhu di kawasan danau ini pun cukup sejuk. Tentunya lo akan mendapatkan sebuah susasana wisata yang masih asri serta alami ketika berada di kawasan danau ini.

Danau Tamblingan sendiri juga memiliki daya tarik yang patut untuk lo ketahui sebelum tiba di sana. Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai daya tarik yang ada, langsung saja simak beberapa informasi seputar Danau Tamblingan di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat dan berguna yaa!

Mampu Membuat Diri Lo Lebih Tenang

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui!

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui! Credit: balihellotravel.com

Terkadang kehidupan di kota besar membuat diri lo sendiri penuh dengan rasa kepenatan atau stress. Tak heran apabila banyak wisata-wisata alam di Indonesia yang menjadi pelarian. Danau Tamblingan merupakan tempat yang tepat untuk lo bisa menjauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Pada saat memasuki kawasan ini, lo akan langsung sadar akan keindahannya. Mulai dari udara yang lo hirup hingga hamparan panorama alam yang membuat hati langsung tenang. Yaap, danau ini pun juga memiliki suasana yang relatif sepi

Belum lagi dengan pura yang ada di dalam kawasannya, seakan-akan menjadi sebuah latar belakang yang membantu suasana serta keindahannya pun semakin memukau. Danau Tamblingan ini memang memiliki sebuah sentuhan magis terhadap para pengunjungnya.

Pegunungan dan Perairan yang Menyatu

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui!

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui! Credit: /balihellotravel.com

Pemandangan alam yang indah pun menjadi sebuah alasan yang cukup kuat mengapa banyak orang yang sangat betah bila berkunjung ke Danau Tamblingan. Bagaimana tidak, lo akan melihat sebuah keharmonisan alam berupa perpaduan antara pegunungan dan perairan.

Mengunjungi danau ini pun tak akan sia-sia begitu saja, sebab dari setiap orang yang sudah berada di danau ini pun sangat puas dengan keindahannya. Belum lagi dengan kesejukan yang datang dari pepohonan yang membuat udara di sekitar danau pun sangat sejuk.

Danau Tamblingan yang dingin di malam hari, selalu basah dari embun dedaunan pohon. Hal tersebut pun sangat mendukung suasana alami di Danau Tamblingan dan menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak dari wisatawan asing datang ke danau ini.

Kawasan Wisata Religi

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui!

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui! Credit: flickr.com

Ini merupakan daya tarik lainnya dari Danau Tamblingan, kawasan wisata alam nan sejuk serta alami ini juga merupakan kawasan wisata religi. Tak heran apabila lo bisa menemukan beragam pura di dalamnya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu menjaga perilaku lo yaa.

Pura yang ada di Danau Tamblingan sendiri juga cukup banyak loh, kurang lebih terdapat 11 pura. Pura-pura tersebut ialah Pura Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Ulun Danu dan Sang Hyang Kangin, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Gubug, Pura Naga Loka, Pura Terta Mengening, Pura Embang, Pura Pengukiran, Pura Batulepang dan Pura Tukang Timbang.

Kehadiran dari pura-pura tersebut seakan menambah suasana di kawasan di danau ini pun semakin memukau. Sensasi magisnya pun semakin menebal, oleh sebab itu tinggalkan semua rasa gundah yang lo miliki pada saat berada di danau ini.

Danau dengan Bentuknya yang Unik

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui!

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui! Credit: villabossibali.com

Selain dari beberapa daya tarik di atas, danau ini ternyta memiliki bentuknya yang cukup unik loh bro. Hal tersebut pun dikarenakan danau ini tercatat sebagai satu dari tiga danau kembar di Bali. Seperti apa yang sudah diketahui kalau danau ini terbentuk karena letusan kaldera beberapa abad lalu, sehingga menjadikannya seperti apa yang bisa lo lihat hari ini.

Pesona yang dimiliki oleh danau ini pun sudah tak perlu lo rugikan kembali, sehingga buat lo yang memiliki hobi fotografi, jangan lupa untuk membawa kamera lo agar lo bisa mengabadikan momen-momen indah ketika berada di sana.

Belum lagi dengan sifat ramah yang dimiliki oleh masyarakat sekitar yang mampu membuat lo jauh lebih nyaman ketika berlibur ke Danau Tamblingan. Tak heran apabila banyak dari para wisatawa yang ingin sekali untuk kembali menikmati suasana serta keindahan yang ada di Danau Tamblingan.

Sejarah Danau Tamblingan

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui!

Wisata Pulau Bali: 5 Daya Tarik dari Danau Tamblingan yang Perlu untuk Lo Ketahui! Credit: c.mi.com

Danau nan indah ini juga memilikki sejarah yang cukup panjang, karena dari namanya sendiri juga memiliki arti yang cukup dalam loh bro. Tamblingan sendiri diambil dari kata”tamba” yang berarti obat dan ”elingan” yang berarti kemampuan spiritual.

Menurut cerita pada zaman dahulu kala di kawasan desa sekitar danau terjadi wabah penyakit epidemic, yaitu sebuah penyakit yang menyerang manusia dan dapat menular dengan cepat. Hingga akhirnya seseorang di desa tersebut disucikan turun ke danau untuk mencari obat.

Beliau pun mengambil air dari Danau Tamblingan disertai doa yang dibacanya hingga akhirnya penduduk desa bisa sembuh dengan meminunm air danau tersebut. Tak heran apabila danau ini merupakan tempat wisata religi karena sejarah dibaliknya.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Danau Tamblingan di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: baligetaway.co.id


Please login to comment
4 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 15, 2019 at 5:35 PM

Jadi pengen ke bali lagi


Agung nugroho
April 16, 2019 at 5:33 AM

Coba waktu kebali kesini


Rifa Sanjaya
May 12, 2019 at 1:21 AM

Udara dinginnya itu seakan bukan sedang di bali


Muhammad arifudin
May 19, 2019 at 12:15 PM

Gaskeun gaes