APR 16, 2019

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran!

Taman Nasional Gunung Palung adalah salah salah satu taman nasional yang eksotismenya masih terjaga dengan baik. Penasaran dengan segala keindahan alamnya di sana? Sila simak bahasannya di sini!


Ada satu hal yang mesti diketahui oleh banyak petualang, baik mereka yang ada di dalam negeri sendiri dan mancanegara – yaitu: Indonesia mempunyai deretan taman nasional yang keindahan alamnya luar biasa.

Taman nasional, pada dasarnya adalah sebuah kawasan yang berfungsi sebagai cagar alam, taman margasatwa, cagar budaya. Taman nasional juga berfungsi sebagai kawasan konservasi – di mana ada hal-hal yang mesti lo perhatikan dan tidak sembarang bertindak.

Hal tersebut tentu berdasarkan dengan fungsi-fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya. Nah, kali ini – lo akan diajak ke salah satu taman nasional yang cukup unik – serta memiliki keindahan alam yang cukup lengkap. Perkenalkan, bro – Taman Nasional Gunung Palung.

Berlokasi di Kalimantan Barat, Taman Nasional Gunung Palung adalah rumah bagi para satwa endemik, flora yang langka, dan berbagai ekosistem dan vegetasi yang mempunyai keindahan luar biasa. Luasnya yang mencapai 108.043,90 hektar, taman nasional ini mencakup beberapa wilayah seperti: Matan Hilir Utara, Simpang Hilir, Nanga Tayap, Sandai dan Sukadana.

Untuk ukuran luas seperti itu, wajar jika bentangan alam tersebut menjadi ‘lahan bermain’ bagi para petualang, ilmuwan dan sekaligus peneliti. Mengapa ilmuwan dan peneliti juga suka ke sana? Tentu, ada keunikan tersendiri yang membuat mereka tertarik ke sana, salah satunya adalah keberagaman hayati.

Eits, lo semakin penasaran ya bagaimana keseluruhan keindahan alam yang ada di Taman Nasional Gunung Palung? Tenang bro – dari cakupan wilayah yang segitu luasnya, berikut lima fakta menarik yang ada di Taman Nasional Gunung Palung yang benar bikin lo penasaran untuk langsung datang ke sana!

Satu Wilayah Berisikan Berbagai Tipe Ekosistem

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran!

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran! credit: kompasiana.com

Taman Nasional Gunung Palung, seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya – taman nasional ini berisikan dengan berbagai keindahan dan keunikan alam. Salah satu keunikan dan daya tariknya adalah satu wilayah yang bisa berisikan berbagai tipe ekosistem.

Percaya atau tidak – di Taman Nasional Gunung Palung ini lo bisa menemukan tipe ekosistem seperti hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan gambut, hutan hujan tropis, hutan hujan pegunungan dan vegetasi rheolife.

Eits, ada hutan hujan pegunungan? Ada bro – perlu lo ketahui, Gunung Palung yang berada di dalam taman nasional tersebut mempunyai ketinggian 1.116 mdpl yang memungkinkan wilayah tersebut mempunyai hutan hujan pegunungan.

Kemudian, wilayah Taman Nasional Gunung Palung juga menjadi pusat aliran sungai yang berujung ke pesisir pantai selatan dan barat Pulau Kalimantan. Setidaknya, ada tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) yang melewati taman nasional ini yaitu: Tulak, Pawan, dan Simpang.

Habitat Asli Ribuan Orang Utan

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran!

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran! credit: Tim Laman - lensa.fotokita.net

Keberagaman yang ada di Taman Nasional Gunung Palung ini tidak hanya soal vegetasi alamnya saja, tapi termasuk keberagaman satwa endemiknya. Nah, salah satu satwa endemik yang dilindungi oleh negara adalah orang utan.

Taman Nasional Gunung Palung setidaknya menjadi rumah yang nyaman bagi ribuan orang utan. Mereka hidup tersebar di area hutan dataran rendah, hutan pegunungan dan hutan rawa gambut. Sebaran wilayah hidup mereka juga mempengaruhi cara bertahan hidupnya.

Bekantan: Satwa Endemik yang Dilindungi

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran!

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran! credit: beritagar.id

Menjadi salah satu ikon dari tempat hiburan di Jakarta, Bekantan adalah satwa endemik Kalimantan yang hidup dengan bebas di Taman Nasional Gunung Palung. Bekantan di taman nasional ini bisa lo temukan di wilayah tepi sungai hutan rawa gambut dan hutan mangrove.

Rumah Untuk 450 Spesies Flora, Sebagian Besar Endemik

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran!

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran! credit: tngunungpalung.org

Taman Nasional Gunung Palung tidak hanya menjadi rumah yang nyaman bagi orang utan, bekantan dan berbagai satwa lainnya – tetapi juga menjadi rumah untuk 450 spesies tumbuhan yang sebagian besar hanya bisa lo temukan di taman nasional tersebut.

Pepohonan besar di taman nasional ini bahkan bisa tumbuh lebih dari 60 meter lho. Pepohonan di sini tumbu dengan dinamis. Artinya, pepohonan di sana akan bertunas, tumbuh, berkembang tinggi lalu mati dan akan mengulang ke langkah pertama tersebut.

TNGP Punya Objek Petualang Menarik

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran!

5 Fakta Menarik Taman Nasional Gunung Palung yang Dijamin Bikin Lo Penasaran! credit: mounture.com

Nah, sekarang waktunya lo mengetahui spot-spot eksotis yang ada di dalam Taman Nasional Gunung Palung, nih. Taman nasional yang satu ini diketahui mempunyai deretan pantai yang luar biasa eksotis. Sebut saja Pantai Pulau Datok yang masih jarang dikunjungi banyak petualang.

Selain pantai, terdapat air terjun yang juga tersembunyi dengan baik dibalik lebatnya hutan-hutan di taman nasional tersebut. Air Terjun Riam Berasap, berlokasi di hulu Sungai Siduk.

Wah bagaimana nih bro? Eksotisme dan keindahan alam yang luar biasa di Taman Nasional Gunung Palung benar-benar membuat lo penasaran dan ingin datang ke sana langsung, kan? Kalau iya, pastikan taman nasional ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan lo!

Oh iya, jika di antara lo ada yang mengetahui keindahan alam atau informasi apapun terkait Taman Nasional Gunung Palung yang belum disebutkan di atas, sila tambahkan info tersebut di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source

Feature Image - healthinharmony.org


Please login to comment
4 COMMENTS
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 16, 2019 at 10:41 PM

Wew orang utan


Amir Mahfudzi
April 18, 2019 at 9:22 AM

Kawasan yg perlu dilindungi


Muhammad arifudin
April 22, 2019 at 7:47 PM

Harus dijaga


Rifa Sanjaya
May 1, 2019 at 7:53 AM

paru paru dunia, mari sama sama kita jaga dan lestarikan