Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini!

Cuma di Taman Nasional Wasur Papua lo bisa menemukan lima hal seru dan menarik ini. Eits, penasaran apa sih lima hal tersebut? Sila simak bahasan ini ya!

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini!

Intan Permata dari timur. Setidaknya frasa barusan menggambarkan bagaimana kondisi alam di Papua. Indah, lestari – dan masih jarang terjamah oleh tangan-tangan modern. Bicara soal spot petualangan di Papua, tidak hanya sebatas Raja Ampat saja, tapi juga Taman Nasional Wasur.

Keindahan alam yang ada di taman nasional ini cukup lengkap. Mulai dari panorama pantai, hutan bakau, hutan hujan tropis, sampai pegunungan – semuanya ada di sini. Segala panorama dan kondisi alam di Papua juga diisi oleh berbagai keanekaragaman hayati.

Mulai dari berkembang biaknya para satwa di sana yang mayoritas endemik, serta lebatnya tetumbuhan serta pohon-pohon besar yang tumbuh bebas tanpa takut untuk ditebang karena membuka lahan, menjadi daya tarik tersendiri untuk Taman Nasional Wasur Papua.

Rasanya, untuk melengkapi perjalanan lo di Indonesia timur ini, Taman Nasional Wasur Papua mesti masuk ke dalam daftar perjalanan lo di tahun 2019. Mengapa? Tentu lo tidak ingin ketinggalan menikmati segala hal seru dan menarik di sana kan?

Eits, penasaran akan segala hal seru dan menarik yang bisa lo temui saat berada di taman nasional tersebut? Siapkan kopi, kudapan dan teman lainnya – lalu sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui segala hal menarik dan seru tersebut, bro!

Eksplorasi Tanpa Batas di Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini!

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini! credit: nusatravelguide.com

Mengapa dinyatakan eksplorasi tanpa batas di Taman Nasional Wasur Papua? Perlu lo ketahui nih bro kalau taman nasional ini adalah salah satu lahan basah besar yang masih alami – dan terbesar di Asia. Luas dari taman nasional ini mencapai 413.800 hektar.

Kurang lebih – 70% dari bagian wilayah tersebut merupakan padang sabana. Dan sisanya adalah vegetasi tanah atau lahan basah seperti hutan rawa-rawa, hutan monsoon, hutan pantai, dan juga hutan bakau. di Taman Nasional Wasur Papua, khususnya vegetasi hutan pantai – didominasi oleh hutan bakau serta spesies Terminalia dan Melaleuca.

Predikat Serengeti Papua

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini!

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini! credit: histori.id

Eits ada yang tahu apa arti dari Serengeti Papua tersebut? Predikat ini diberikan oleh WWF yang saat penelitiannya – menemukan setidaknya ada 390 jenis burung di kawasan Taman Nasional Wasur Papua. Temuan masif ini menyatakan jika taman nasional ini termasuk wilayah yang paling kaya jenis satwa burungnya.

Diteliti lebih lanjut – beberapa jenis burung tersebut ada yang merupakan endemik dari Papua, dan ada juga yang tengah melakukan migrasi dari Benua Australia. Sebut saja Burung Junai yang kerap kali ditemukan di kawasan ini yang tengah beristirahat karena tengah migrasi dari Australia Utara.

Burung Kakatua, Burung Nuri sampai Burung Surga atau Burung Cendrawasih – lengkap ada di kawasan Taman Nasional Wasur Papua tersebut. Mereka dengan bebas berkembang biak di sana. Namun, untuk tiga burung tersebut, biasanya mudah ditemukan di vegetasi padang sabana yang luas.

Gundukan Tanah Setinggi 5 Meter yang Aneh

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini!

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini! credit: travel.detik.com

Buat lo yang baru saja berpetualang jauh ke Papua dan ke Taman Nasional Wasur ini, tentu lo akan menemukan hal yang menarik sekaligus aneh. Untuk petualang awam, tentu gundukan tanah setinggi 5 meter ini yang biasanya ditemukan di padang sabana cukup aneh buat lo.

Akan tetapi – tidak perlu aneh bro. Gundukan tanah tersebut adalah musamus, atau rumah semut dan rumah rayap. Gundukan ini terbuat dari rumput kering serta lumpur dan direkatkan oleh liur dari rayap dan semut tersebut.

Hebatnya – pemandangan atau fenomena alam ini tidak dapat ditemukan diseluruh dunia, lho. Hanya sebagian daerah saja termasuk Taman Nasional Wasur Papua ini. Wah cukup membanggakan sebagai salah satu daya tarik dari taman nasional ini ya.

6 Tipe Ekosistem di Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini!

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini! credit: regional.kompas.com

Nah, hal seru keempat yang bisa lo temukan di Taman Nasional Wasur Papua ini adalah keanekaragaman vegetasi. Disebutkan – setidaknya ada enam tipe ekosistem atau vegetasi yang ada di taman nasional ini.

Pertama, Ekosistem rawa yang bisa ditemukan di daerah Waam dan Samleber, kedua ekosistem rawa berair tawar permanen yang terdapat di daerah Danau Rawa Biru, Ukra, Maar, dan Kankania.

Lalu ketiga ada ekosistem pesisir air tawar di daerah Mbo, Okilur, Rawa Pilmul dan Rawa Badek, keempat ekosistem daratan berair tawar yang bisa lo temui di sepanjang jalan Trans Irian, kelima ekosistem pesisir air payau, dan terakhir ekosistem daratan berair payau yang bisa ditemukan di wilayah Wasur, dan Kampung Sota.

Ikan Arwana Irian – Spesies Langka!

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini!

Taman Nasional Wasur Papua: 5 Hal yang Bisa Lo Temui di Permata Dari Timur Ini! credit: hewan.id

Nah, tadi disebutkan Danau Rawa Biru – di sana lo akan bertemu dengan habitat asli dari ikan arwana jenis irian. Tubuhnya yang tidak memanjang, mempunyai warna yang cukup gelap – jika beruntung, lo bisa menemukan corak batik di sisi sirip bagian bawah tubuhnya.

Ikan arwana ini termasuk menjadi komoditi para kolektor – statusnya yang masih aman untuk dikembangbiakan menjadi salah satu alasan masih diperbolehkannya jual beli jenis ikan predator yang satu ini.

Wah bagaimana nih bro? Dari lima hal seru dan menarik yang hanya bisa lo temui di Taman Nasional Wasur Papua, apakah sudah cukup menggugah naluri petualangan lo untuk mendatangi spot petualangan tersebut?

 

Source

Feature Image - iklantravel.com

Wilderness Beginner Extreme jungle trekking solo traveling solo backpacker

5 COMMENTS

SHARE
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Sarang semut.
Amir Mahfudzi
Nice info
Rifa Sanjaya
amazing bgt
Muhammad arifudin
Burungnya bagus
Isrinatul Malikhah
Nice info