Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian?

Ketika melakukan pendakian, banyak hal yang tidak terduga seringkali terjadi, salah satunya ialah dengan stok air bersih. Nah, apakah meminum air hujan itu aman? Temuakan saja jawabannya di bawah ini!

Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian?

Ketika melakukan sebuah ekspedisi atau pendakian ke sebuah gunung, tentunya salah satunya komponen penting yang harus selalu ada ialah stok air minum. Sebab, jika terkena dehidrasi ketika berada di alam bebas merupakan bahaya besar yang akan menimpa lo. Namun apakah yang harus lo lakukan ketika sedang di keadaan kepepet dan stok air minum lo sudah habis? Air hujan sering menjadi solusi terakhir untuk mensiasatinya.

Namun apakah air hujan itu sendiri aman untuk dikonsumsi dan apakah cukup aman untuk masih ke dalam tubuh lo? Yaap, hal ini pun seringkali menjadi sebuah dilemma bagi seorang petualang, sebab tidak semua rencana atau cara antisipasi yang sudah lo buat itu akan berjalan lancar.

Apalagi ketika lo berada di hutan belantara yang tidak mempunyai sumber air bersih. Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas seputar informasi mengenai air hujan. Karena memang sering muncul dibenak banyak orang kalau air hujan itu jorok serta tidak baik untuk dikonsumsi, apakah hal itu benar?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tak ada salahnya untuk lo melihat beberapa fakta menarik mengenai air hujan ketika lo berada di alam bebas. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa poin-poin penting di bawah ini yang perlu untuk lo ketahui.

Apakah Air Hujan Sejorok yang Lo Bayangkan?

Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian?

Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian?  Credit: hellosehat.com

Pertanyaan ini pun sangat sering muncul ketika lo sedang melakukan ekspedisi sendiri di sebuah pegunungan dan kondisi sedang tidak mengenakan. Padahal asupan air putih itu sangat penting untuk terus membuat badan lo kembali segar serta bisa melanjutkan pendakian.

Ketika hujan sedang turun tentunya merupakan sebuah anugerah baik untuk diri lo sendiri maupun lingkungan yang ada di sekitar lo. Perlu untuk diketahui pula kalau air hujan secara alami bersifat asam dengan pH rata-rata sekitar 5,6. Ternyata hal tersebut tidak berbahaya bagi tubuh.

Air minum itu sendiri bahkan jarang memiliki pH netral karena mengandung berbagai mineral terlarut, oleh sebab itu sebagian besar air hujan aman untuk lo minum. Namun tidak dipungkiri kalau air hujan itu senditi tidak sepenuhnya bersih.

Terdapat bakteri dan mungkin debu serta zat lainnya. Sedangkan untuk tingkat polusi, jamur dan konteminan lainnya biasanya rendah. Kembali lagi, bila berbicara dengan polusi, lo bisa melihat apakah di tempat lo melakukan pendakian atau petualang memiliki polusi yang tinggi?

Bila tidak, kemungkinan besar lo aman untuk meminum hujan di kawasan tersebut. Memang terkadang lo harus melakuakan gambling untuk bisa terus bertahan hidup di alam bebas. Sehingga meminum air hujan di tempat atau kawasan rendah polusi terbilang aman.

Bagaimana Cara Agar Membuat Air Hujan Lebih Aman Untuk Lo Konsumsi?

Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian?

Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian? Credit: worldwaterreserve.com

Meminum air hujan di kawasan alam yang terbuka itu bisa lebih aman asalkan lo memiliki sebuah wadah yang bersih, sehingga langkah awal yang harus lo perhatikan ialah memiliki wadah bersih tersebut. Kalau misalkan ada botol bersih atau mangkok bersih bisa untuk lo gunakan.

Air hujan sendiri bisa ditampung di wadah bersih tersebut. Nah, ketika sudah tertampung, pastikan untuk biarkan air hujan itu selama satu jam agar partikel berat yang terdapat di dalamnya menempel di dasar dari wadah yang lo gunakan.

Dengan begitu bisa menghambat pertumbuhan sebagian besar mikroorganisme yang dikandungnya. Setelah itu, ada dua langkah penting yang patut untuk lo lakukan untuk meningkatkan kualitas air hujan, yaitu dengan merebus dan menyaringnya.

Merebus air hujan yang telah ditampung sampai mendidih akan membunuh bakteri. Walaupun air hujan pada dasarnya aman untuk dikonsumsi, dengan merebusnya akan membuat lo merasa jauh lebih tenang untuk mengkonsumsinya.

Menggunakan penyaring di wadah yang gunakan juga bisa menyraing zat-zat kimia, debu, jamur dan kontaminan lainnya. Kembali lagi, agar lo lebih lega ketika mengkonsumsi air hujan ini. Kebersihan merupakan kunci utamanya bro.

Kapan Air Hujan Tidak Aman untuk Dikonsumsi?

Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian?

Apakah Meminum Air Hujan Itu Aman Ketika Melakukan Pendakian?  Credit: videoblocks.com/

Pertanyaan ini juga sering sekali muncul di benak lo bukan? Yaap, memang terkadang rasa tidak nyaman ketika meminum air hujan pun selalu muncul. Nah, untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, lo harus tahu, kapan air huan tersebut tidak aman untuk lo konsumsi.

Jangan pernah meminum air hujan ketika berada di kawasan pabrik atau kawasan industri, hal ini disebabkan oleh banyak pengaruh oleh pemindahan air di atmosfer bumi dan lautan. Nah, di kawasan industri atau pabrik memiliki udara yang sebagian besar sudah terkontaminasi oleh zat-zat radioaktif berbahaya. Sehingga sangat tidak disarankan yaa.

Air yang sudah tergenang di sebuah tempat atau terdapat pada tanaman juga tidak boleh lo minum yaa. Karena airnya sudah tercampur dengan kotoran yang ada di permukaan tanaman atau benda tersebut. Sehingga ketika berada di pegunungan, selalu utamakan air hujan yang turun dari langit yaa.

Kembali lagi, jangan pernah meminum air hujan yang tertampung di wadah yang kotor, karena memang kunci dari semua ini ialah kebersihan. Bisa dibayangkan dong kalau lo tepat meminum air hujan dari wadah kotor tersebut bro.

**

Jadi bagaiamana mengenai informasi seputar mengkonsumsi air hujan? Semoga bisa menjadi salah satu solusi lo ketika sedang berada di keadaaan yang mepet yaa. Kunci utama ialah kebersihan, karena bisa sangat vital untuk ketahanan tubuh ketika sedang pendakian. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi alam di dalam kehidupan lo yaa!

Source

 

 

Featured Image: themanual.com

 

Beginner hiking

13 COMMENTS

SHARE
Info babus
Info yg bermanfaat
Nice info gan
Aman2 aja kok, bener bgt tuh, tampung trus endapin dulu trus direbus. . .
Info bermanfaat
Mantap kali
Nice inpo
Aman kok. Ga usah manja
Info yg bagus, jadi tambah pengetahuan
thanks infonya