APR 21, 2019

REKOMENDASI: Kopi Klotok dan 3 Tempat Ngopi di Yogyakarta yang Enggak Biasa!

Berpetualang di Yogyakarta rasanya belum resmi kalau belum ngopi di kopi klotok Kaliurang. Eits, ga cuma kopi klotok aja nih. Setidaknya ada tiga tempat ngopi di Yogyakarta yang mesti lo datangi. Penasaran di mana saja? Sila simak bahasan ini!


Yogyakarta, rasanya kota dengan signature dish –nya yang berupa gudeg, tidak henti-hentinya memberikan rasa kangen terhadap para petualang yang pernah singgah di sana. Suasana pedesaan, hamparan sawah hijau, paling enak dinikmati bersama kopi klotok!

Pernah dengan soal kopi klotok yang melegenda di Yogyakarta itu, bro? Yogyakarta memang terkenal dengan kota yang menyimpan berjuta spot petualangan yang eksotis. Mulai dari sudut-sudut kotanya, sampai alam bebas – Gunung Merapi, contohnya, merupakan bukti bahwa Yogyakarta mesti selalu masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo tiap tahunnya.

Terlepas dari deretan spot petualangannya yang eksotis, Yogyakarta punya cerita sendiri bagi para penikmat kopi. Khususnya, mereka yang suka mampir ke daerah Kaliurang, tentu tidak asing lagi dengan istilah kopi klotok.

Sebenarnya, kopi klotok itu, jenis minuman kopi yang seperti apa sih? Buat lo yang belum tahu, kopi klotok adalah kopi asal lampung, yang diracik dengan memasak bubuk kopi di dalam teko besi tanpa air. Gosong dong? Betul sekali!

Jika bubuk kopi yang dimasak di dalam teko tanpa air tersebut sudah mengeluarkan aroma gosong, barulah ditambah dengan air mendidih serta gula – jika lo yang tidak suka kopi manis, bisa minta agar tidak terlalu banyak memberi gulanya.

Artinya, kopi klotok adalah kopi tubruk biasa? Bisa iya, bisa tidak. Hal tersebut karena tidak ada kopi tubruk biasa yang diracik sedemikian rupa layaknya kopi klotok, kan? Rasanya pekat, menjadi candu bagi mereka yang suka bercerita panjang.

Terlebih, cerita mereka tersebut ditemani oleh kudapan khas tempat kopi klotok tersebut berada: pisang goreng hangat. Tentu, ditemani dengan teman yang lain, bro! Dijamin, ngopi kopi klotok di Kaliurang, akan membuat perjalanan serta petualangan lo di Yogyakarta, berbeda dari sebelumnya.

Nah, buat lo yang sudah tidak sabar untuk berangkat ke Yogyakarta, sila simak bahasan ini terlebih dahulu, yang akan membahas kopi klotok serta beberapa deret tempat ngopi lainnya, yang direkomendasikan untuk lo.

Sudah makin penasaran? Sila simak bahasan kali ini ya bro!

Kopi Klotok di Kaliurang

REKOMENDASI: Kopi Klotok dan 3 Tempat Ngopi di Yogyakarta yang Enggak Biasa!

REKOMENDASI: Kopi Klotok dan 3 Tempat Ngopi di Yogyakarta yang Enggak Biasa! credit: alvarotrans.com

Alamat lengkap dari kopi klotok ini adalah Jalan Kaliurang KM. 16, Pakem – Sleman, Yogyakarta. Buat lo yang ingin memesan tempat terlebih dahulu, atau setidaknya ingin memastikan kopi klotok buka pada hari kunjungan lo ke sana, sila telepon ke 0812 2221 1635.

Salah satu kenikmatan yang hakiki saat menyisip kopi klotok adalah saat sore hari. Di mana matahari sudah bersiap untuk kembali ke tempat peraduannya, langit sudah berubah warna jadi jingga, udara sejuk mulai merasuk ke jaket, kopi klotok jelas teman terbaik untuk saat itu.

Namun, buat lo yang ingin menjadikan kopi klotok sebagai pertanda baik dari awal perjalanan dan petualangan lo di Yogyakarta, ya sila datang saat pagi hari.

Klinik Kopi di Kaliurang

REKOMENDASI: Kopi Klotok dan 3 Tempat Ngopi di Yogyakarta yang Enggak Biasa!

REKOMENDASI: Kopi Klotok dan 3 Tempat Ngopi di Yogyakarta yang Enggak Biasa! credit: pegipegi.com

Masih di Kaliurang, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 7.8 Gang Madukoro, Sinduharjo – Ngaglik, Sleman – Yogyakarta – lo akan menemukan sebuah tempat ngopi yang tidak kalah pamor dengan kopi klotok, yaitu Klinik Kopi.

Eits, Klinik Kopi bukan tempat untuk mereka yang sakit ya, namun – Klinik Kopi, dengan namanya, hanya mau tampil beda dengan tempat ngopi di Yogyakarta lainnya. Mulai viral karena jadi salah satu tempat syuting film Indonesia, Klinik Kopi menghadirkan pengalaman kopi yang cukup berbeda.

Selain bisa ngopi dengan berbagai pilihan biji kopi yang lengkap, di sini – lo bisa mengetahui proses bagaimana perjalanan kopi dari petani sampai ke tangan barista yang menyeduhkan kopi tersebut untuk lo. Jadi, di sini, lo juga bisa menambah pengetahuan soal perkopian Indonesia, nih!

Kopi Joss – Angkringan Lik Man

REKOMENDASI: Kopi Klotok dan 3 Tempat Ngopi di Yogyakarta yang Enggak Biasa!

REKOMENDASI: Kopi Klotok dan 3 Tempat Ngopi di Yogyakarta yang Enggak Biasa! credit: travelingyuk.com

Legenda kopi di Yogyakarta tidak hanya kopi klotok saja, lho. Masih ada legenda kopi lain yang tidak kalah populer dengan kopi klotok. Sebut saja Angkringan Lik Man, yang menjadi tempat ngopi wajib didatangi oleh para petualang yang plesiran ke Yogyakarta.

Signature-nya adalah Kopi Joss. Kopi Joss adalah minuman kopi yang dicampur dengan arang kayu yang tengah membara. Dari situ, gelas kopi lo akan diwarnai dengan kepulan asap sampai wangi yang begitu menggugah selera ngopi lo.

Cukup unik, arang membara dicampur dengan kopi – konon katanya, ini merupakan salah satu cara detoksifikasi yang alami. Namun, sepertinya belum ada penelitian lebih lanjut soal ini. Tapi, terlepas dari hal tersebut, ngopi Joss di Angkringan Lik Man adalah kewajiban yang mesti lo laksanakan jika berada di Yogyakarta!

YATS Colony – Modern Coffee Shop

Siapa bilang jika Yogyakarta hanya menyediakan temapt-tempat tradisional untuk ngopi seperti kopi klotok dan kopi joss. YATS Colony hadir di Jalan Patangpuluhan No. 23 Wirobrajan – Yogyakarta – dan menyediakan konsep modern untuk ngopi.

Kopi yang disediakan di sini langsung didatangkan dari Coffee Smith yang berada di Jakarta. Selain suasananya yang nyaman. Ngopi di sini bisa berbonus foto-foto yang fotogenik untuk diunggah ke media sosial lo, nih!

Nah, dari empat tempat ngopi di Yogyakarta yang sudah disebutkan di atas, kira-kira, yang mana nih yang sudah menarik perhatian lo? Eits, tidak usah salah satunya – kalau lo berada di Yogyakarta – sila sambangi semua tempat ngopi tersebut, ya!

 

Source

Feature Image - alvarotrans.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Hengky kik
April 26, 2019 at 4:52 PM

suasana yang lain daripda yang lain , menu yang paling disukai sayur lodeh dengan telur dadarnya