Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Sistem Tiket Elektronik yang akan diterapkan di jalur pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, kira-kira, menurut lo - apakah benar akan memudahkan para petualang dan pendaki?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berhasil menarik banyak perhatian para petualang, khususnya para pendaki gunung. Wajar, deretan gunung di Jawa Timur terkenal angker, berbahaya, dan keindahan alamnya yang luar biasa.

Jadi cukup jelas, dengan tiga hal di atas, Jawa Timur menjadi salah satu spot petualangan yang selalu masuk ke dalam daftar perjalanan para petualang. Buat lo yang berdomisili di Jawa Timur, sudah mendaki gunung apa saja, bro?

Bicara soal mendaki atau pendakian gunung di Jawa Timur, ada berita baru yang cukup mengejutkan. Jika sebelumnya untuk mendaki gunung lo mesti datang basecamp untuk mengurus administrasi dan regristasi ulang profil pendaki, sekarang menggunakan sistem tiket elektronik.

Sistem tiket elektronik ini sebenarnya sudah diberlakukan mulai 1 April 2019 kemarin. Dan pendakian gunung yang sudah menggunakan sistem ini adalah pendakian Gunung Argopuro serta Gunung Arjuno yang lewat jalur Tretes.

Fakta Menarik Soal Sistem Tiket Elektronik

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Ilustrasi. Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu? credit: bisniswisata.co.id

Nandang Pribadi, seperti yang dikutip dari travel.kompas.com – sebagai Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, menyatakan bahwa sistem tiket elektronik ini direalisasikan berdasarkan sejumlah alasan.

Alasan pertama adalah kemudahan bagi para petualang. Kemudahan ini akan mengacu kepada para petualang yang berasal dari luar kota, bahkan dari luar negeri; untuk bisa merencanakan serta mengatur perjalanan mereka ke pegunungan di Jawa Timur tersebut.

Alasan kedua yaitu, faktor efisiensi. Nandang menyatakan jika sistem tiket elektronik ini akan memangkas jumlah anggaran cetak blangko atau tiket kertas. Sistem ini juga akan mempercepat penyetoran ke kas negara.

Sementara ini – untuk uji coba dan melihat hasilnya serta bahan evaluasi – baru jalur tretes saja yang menerapkan sistem tiket elektronik ini. Jalur pendakian Gunung Arjuno yang lainnya belum termasuk. Sementara di jalur pendakian Gunung Argopuro, dua jalur pendakian resminya yaitu Pos Baderan dan Pos Bremi, sama-sama sudah menerapkan sistem tiket elektronik tersebut.

Selain Gunung Arjuno dan Gunung Argopuro

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu? credit: korinatour.co.id

Selain dua gunung di atas, kebijakan sistem tiket elektronik ini juga berlaku di beberapa spot petualangan lain yang berada di bawah naungan BBKSDA Jawa Timur seperti TWA Kawah Ijen, dan TWA Gunung Baung.

Nandang menambahkan jika di tengah perjalanan uji coba ini mengalami beberapa kegagalan yang malah akan menyulitkan para petualang atau pendaki, pihaknya tetap akan menyediakan tiket manual untuk mereka yang datang.

Sayang, soal sistem kuota yang juga akan diterapkan di beberapa gnung di Pulau Jawa, Nandang menyatakan belum bisa memastikan karena hal tersebut masih berada di dalam kajian pihaknya.

5 Deretan Gunung Eksotis di Jawa Timur

Selain Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno di Jawa Timur yang bisa masuk ke dalam daftar perjalanan lo, setidaknya ada lima deretan gunung eksotis lainnya yang bisa ikutan masuk, nih. Lima deret gunung ini punya eksotismenya masing-masing! Penasaran, sila simak bahasan ini terus, ya!

Gunung Ijen: Blue Fire, Fenomena Super Langka!

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu? credit: pesona.travel

Mempunyai tinggi kurang lebih 2.443 mdpl dan berlokasi di Banyuwangi, Gunung Ijen menjadi incaran banyak petualang dan pendaki. Dalam setahunnya, pasti banyak pendaki yang menaklukan puncak gunung ini.

Terlebih, soal fenomena api biru yang konon katanya hanya ada di Indonesia saja, berhasil menjadi magnet untuk menarik daya tarik para petualang dan pendaki. Tidak heran, Gunung Ijen seringkali dipenuhi oleh para petualang mancanegara yang penasaran dengan fenomena super langka tersebut.

Gunung Raung: Jalur Pendakian Paling Ekstrem!

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu? credit: wisataku.id

Dari deretan pegunungan di Pulau Jawa, rasanya – predikat jalur pendakian paling ekstrem mesti dicanangkan ke Gunung Raung. Via Kalibaru, lo akan meniti jalur dengan kanan-kiri jurang dalam, serta resiko kematian yang siap menghantui diri lo.

Puncak Sejatinya yang berada di ketinggian 3.322 mdpl – tentu butuh persiapan mental dan fisik yang luar biasa untuk mencapainya. Tidak heran, jika Gunung Raung menjadi rekomendasi pendaki yang sudah professional.

Gunung Lawu: Cukup Ramah Buat Pemula!

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu? credit: lifestyle.okezone.com

Terlepas dari Gunung Raung yang mempunyai jalur ekstrem untuk mencapai puncaknya, buat lo yang masih pemula, Gunung Lawu cukup jadi rekomendasinya. Walau mempunyai deretan dan segudang cerita angker penuh misteri, jalur pendakian lewat Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu bisa direkomendasikan untuk lo yang pemula.

Gunung Semeru: Siap Terhipnotis Dengan

Kecantikannya Ranu Kumbolo?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu? credit: ronapersadatour.com

Siapa yang tidak tahu soal Gunung Semeru yang mempunyai puncak bernama Puncak Mahameru? Terkenal lewat salah satu film petualangan di Indonesia, Gunung Semeru mempunyai salah satu daya tarik yang cukup magis: Ranu Kumbolo.

Danau penuh legenda ini jadi incaran banyak petualang, lho. Kecantikannya saat pagi hari merupakan pemandangan alam yang tidak ingin para petualang dan pendaki lewatkan. Pastikan lo bisa bangun pagi untuk mendapatkan fenomena alam yang indah di sana ya.

Gunung Kelud: Kecil-Kecil Cabe Rawit!

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu?

Sistem Tiket Elektronik di Jalur Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno, Sudah Tahu? credit: apakabardunia.com

Setelah erupsi dahsyat pada tahun 2014 lalu – Gunung Kelud menjadi salah satu gunung yang diincar banyak petualang untuk dijelajahi. Walau hanya setinggi 1.731 mdpl, Gunung Kelud mempunyai jalur pendakian yang cukup ekstrem, lho.

Salah satu tantangan yang cukup beresiko adalah tidak adanya sumber air di jalur pendakian gunung tersebut. Oleh karena itu, lo mesti membawa air yang cukup dan lo juga mesti pintar-pintar membagi air tersebut, ya!

Nah, bagaimana nih bro? Dari sistem tiket elektronik yang akan diterapkan di Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno – apakah benar akan memudahkan para petualang dan pendaki yang akan ke sana?

Oh iya, dari deretan gunung di Jawa Timur di atas – kira-kira, gunung yang mana lagi nih yang akan lo taklukan di tahun 2019 ini?

 

Source

Source

Feature Image - travelingyuk.com

Wilderness Beginner Extreme hiking jungle trekking climbing gunung lawu solo traveling solo backpacker

6 COMMENTS

SHARE
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Jauh lebih bagus. Biar ga membeludak. Bisa pakai sistem kuota
Agung nugroho
Ranukumbolo sangat menggiurkan
Amir Mahfudzi
Planing ke semeru yok
Muhammad arifudin
Ranu Kumbolo idaman para pendaki
MUNIRA
Banyak gunung di jawa
Isrinatul Malikhah
Ayo gas kan