Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula!

Untuk bisa mencapai puncak ada sebuah gunung yang ingin lo taklukan memang bukan merupakan hal yang mudah, untuk itu agar lo bisa mengetahui bagaimana cara atau siasatnya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula!

Mendaki merupakan sebuah aktivitas yang memerlukan banyak keahlian, sebab nyawa lo merupakan taruhannya. Melewati jalur yang penuh dengan rintangan menjadi sebuah kebiasaan yang akan menjadi makanan lo ketika berada di gunung tujuan. Mengetahui teknik-teknik yang akan menopang lo untuk bisa berhasil mencapai puncak tentunya patut untuk dikuasai sebelum melakukan pendakian.

Mawas diri merupakan kunci utama untuk lo bisa selalu survive dari setiap melakukan pendakian. Mengapa? Karena setiap gunung itu memiliki beragam kesulitan yang terlihat dari banyak faktor selain dari jalurnya saja, dari suhu hingga cara untuk membuat tenda pun menjadi prioritas utamanya.

Bahkan mendaki gunung dengan ketinggian yang ekstrem pun memiliki tekniknya sendiri, bukan hanya itu saja, jangan salah sangka kalau gunung dengan ketinggian di bawah 4.000 meter di atas permukaan laut tidak memerlukan sebuah teknik yang perlu untuk dikuasai oleh para pendaki.

Segala faktor yang ada di dalam aktivitas ini pun harus dilakukan secara teoritis, jangan pernah memulai pendakian tanpa adanya bekal ilmu yang dapat menopang lo. Sebab sudah banyak sekali korban yang berjatuhan akibatnya. Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai teknik pendakian serta jenis-jenisnya.

Daripada lo semakin penasaran terhadap teknik atau jenis-jenis tersebut, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi panduan lo serta bermanfaat agar pendakian yang akan lo lakukan kelak menjadi aman serta berkesan di dalam hidup lo.

Teknik Pendakian – Ritme yang Stabil

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula!

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula! Credit: rei.com/

Teknik yang paling penting untuk lo ketahui ketika melakukan pendakian ialah dengan memiliki ritme yang selalu stabil, baik dari permulaan hingga sudah sampai pada puncak. Hal tersebut pun patut untuk dilakukan agar stamina lo tidak cepat turun atau bisa dikatakan pula agar lo tidak mudah kelelahan.

Ambil contoh saja seperti sebuah kendaraan, kalau sedang berada di kemacetan pasti bahan bakar yang digunakan pun lebih boros ketimbang berjalan di jalan tol yang kosong. Dengan melakukan pendakian lo secara konsisten maka tenaga yang digunakan pun juga akan stabil.

Memang untuk melakukan hal ini tidaklah mudah, untuk itu persiapkan kondisi fisik yang kuat beserta tahu cara mengatur nafas yang baik merupakan hal yang baik untuk lo ketahui. Dengan melakukan pelatihan jalan panjang dengan membawa beban berat menjadi sebuah solusi.

Teknik Pendakian – Perhatikan Barang Bawaan Lo

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula!

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula! Credit: .thehikinglife.com

Bukan berarti lo tidak boleh membawa barang yang berat, namun lebih utamakan bagaimana cara mengakali agar berat bawaan lo itu bisa terus lo pikul dengan tidak kehilangan kenyamanan. Karena memang kenyamanan dalam memikul beban ketika pendakian juga merupakan hal yang penting untuk lo perhatikan.

Menggunakan tas carrier atau tas yang memang dikhususkan untuk melakukan pendakian menjadi sebuah jawaban yang mudah untuk lo lakukan. Dan jangan lupa untuk memastikan tas yang akan lo gunakan memiliki bantalan yang tebal untuk bahu serta pinggang lo.

Jangan lupa pula untuk menyesuaikan erat pada setiap titik tumpu dari tas yang lo gunakan yaa. Pastikan pada titik bahu, sabuk pinggang dan stabilizer straps memiliki erat yang seimbang. Agar lo semua titik tersebut mendapatkan beban yang rata.

Teknik Pendakian – Gunakan Tongkat Daki

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula!

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula! Credit: montemlife.com

Jangan pernah memiliki pemikiran kalau lo menggunakan tongkat daki berarti lo kurang macho. Malah dengan menggunakan alat bantu ini, lo akan mendapatkan sebuah pendakian yang jauh lebih nyaman serta mampu membantu untuk membuat perjalanan lo stabil.

Menggunakan tongkat daki juga akan menopang lo untuk mengurangi beban pada tubuh lo, bahkan juga bisa membuat transfer beban dari kaki lo ke bagian tubuh atas pun lebih efisien. Sehingga beban yang akan lo bawa tidak semata-mata menumpuk di kaki lo.

Aturlah tinggi dari tongkat daki lo sesuai dengan tinggi badan lo. Pokoknya buatlah tongkat ini senyaman mungkin untuk digunakan. Memang dibutuhkan waktu untuk bisa membuat lo terbiasa menggunakan tongkat daki ini, sehingga lakukan latihan terlebih dahulu sebelum lo menggunakan tongkat ini bro.

**

Setelah lo sudah mengetahui beberapa teknik pendakian di atas, ternyata ada dua jenis cara pendakian yang memang sudah dilakukan banyak orang di dalam dunia ini. Bahkan kedua jenis pendakian yang akan dibahas ini pun sudah mencatatkan berhasil membawa para pendaki dunia menaklukan medan atau pegunungan tersulit sekalipun.

Daripada lo semaki penasaran, berikut beberapa pilihan jenis pendakian yang patut untuk lo ketahui agar menambah informasi yang bisa lo gunakan ketika melakukan aktivitas yang tergolong ektrem ini bro. Semoga bisa berguna yaa.

Jenis Pendakian – Himalayan

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula!

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula! Credit: quora.com

Namanya memang terinspirasi dari pendakian Pegunungan Himalaya yang terkenal itu, yaap, jenis pendakian ini biasa merupakan eskpedisi yang akan memakan waktu sangat lama. Bahkan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Biasanya jenis pendakian ini bisa dilihat dari pembentukan sebuah tim yang terbagi atas beberapa kelompok, sehingga melibatkan banyak orang. Antar kelompok pun akan saling mendukung satu sama lain untuk bisa mencapai puncak dari gunung yang akan dituju. Tentunya setiap kelompok mempunyai tugas yang berbeda-beda.

Ambil contoh saja, satu kelompok ditugaskan untuk berada di basecamp yang tugasnya untuk memantau cuaca dan mengkordinir kelompok lain, kelompok lainnya ditugaskan untuk berada di flying basecamp untuk menyediakan keperluan logistic dari kelompok lainnya dan satu kelompok memang khusus ditugaskan untuk melakukan pendakian sampai puncak gunung.

Apabila kelompok yang ditugaskan untuk mendaki sampai puncak gunung berhasil, maka keseluruhan kelompok bisa dikatakan sukses. Tentunya jenis pendakian ini biasanya dilakukan di pegunungan yang memiliki kesulitan cukup tinggi, kalau di Indonesia ialah pendakian ke Gunung Jaya Wijaya.

Jenis Pendakian – Alpine

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula!

Ini Merupakan Teknik dan Jenis Pendakian yang Patut Diketahui Oleh Para Pemula! Credit: hike-climb.com

Untuk jenis pendakian satu ini biasanya diterapkan pada gunung-gunung yang memiliki ketinggian di bawah 4.000 meter di atas permukaan laut dan tidak memakan waktu tempuh yang lama. Jenis pendakian ini pun sangat sering diterapkan pada gunung-gunung Indonesia.

Jenis pendakian ini dilakukan dengan membuat satu tim untuk sama-sama melakukan pendakian sampai puncak secara berbarengan, seluruh anggota dari tim tersebut pun harus sampai puncak secara bersama-sama, tanpa terkecuali.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar teknik dan jenis pendakian di atas? Semoga bisa menjadi salah satu referensi lo agar lo lebih mengetahui dunia pendakian yaa. Teruslah bersemangat dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam yang ada di dunia ini yaa!

 

 

Featured Image: pcta.org

In Depth Beginner hiking

4 COMMENTS

SHARE
Info yg bermanfaat
Jangan pakai celana jeans!
Nice info
Nice info