APR 23, 2019

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Kali ini giliran Janatan Ginting - salah satu pendaki Indonesia yang sudah berhasil menaklukan Gunung Everest serta puncak tertingginya, membagikan pengalamannya mendaki Gunung Argopuro. Penasaran dengan ceritanya? Sila simak bahasan kali ini ya!


Jika Gunung Semeru adalah yang tertinggi, Gunung Raung memiliki jalur terekstrim, maka Gunung Argopuro layak untuk didaki karena memiliki jalur terpanjang di Pulau Jawa lebih kurang 50 km jauhnya. Lelah pendakian selalu hilang melihat keindahan bentangan savana di Argopuro. Selain itu, ada juga edelweiss yang tingginya 2 meter-an.

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Sungai Qolbu di Savana Cikasur, tempat hewan-hewan seperti merak
dan ayam hutan mencari makan di pagi hari. credit: Janatan's Doc

Gunung Argopuro masih memiliki alam yang liar. Kalo beruntung, masih bisa melihat beberapa hewan liar seperti merak, ayam hutan, babi hutan, dan juga masih bisa mendengar suara kucing hutan. Merak masih bisa dilihat di sekitar savanna. Bermalamlah di Cikasur, merak berkeliaran di pagi hari mencari makan di sekitar sungai Qolbu.

Selain itu, ada surga Argopuro yang tersimpan seperti telaga, air panas dan air terjun. Namun, berdasarkan cerita masyarakat lokal di kaki Gunung Argopuro, pendaki tak boleh sembarangan ke sana apalagi mempublikasikan fotonya kecuali untuk orang-orang yang ingin melihat Gunung Argopuro dari sisi spiritualnya.  Gunung Argopuro memang banyak sisi misterinya. Seorang pecinta alam dari Mahitala ada yang hilang dan belum ditemukan sampai saat ini.

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Bekas pembangunan landasan pesawat terbang oleh Belanda di Savana Cikasur. credit: Janatan's Doc

Kisah sejarah pada masa penjajahan kolonial Belanda tentang daerah Savana Cikasur yang merupakan bekas pembangunan landasan pesawat terbang untuk mengangkut hasil bumi dan cerita masyarakat tentang hilangnya Dewi Rengganis dan 7 bidadarinya, menambah kesan misterius Gunung Argopuro. Dulu “kompeni” Belanda berencana membangun landasan pesawat terbang untuk mengangkut hasil bumi yang ada di Gunung Argopuro.

Selain kisah sejarah itu, dulu putri selir Prabu Brawijaya melarikan diri ke Gunung Argopuro. Di Puncak Rengganis kita masih bisa melihat peninggalan puing-puing bangunan seperti kerajaan. Di sisi lain Puncak Rengganis yang adalah Puncak Argopuro terdapat situs purbakala dalam bentuk arca.

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Bekas reruntuhan bangunan Kerajaan Dewi Rengganis, sekarang oleh masyarakat lokal diyakini
sebagai makam Dewi Rengganis dan pengawal setianya tapi, ada juga yang
meyakini makam Dewi Rengganis ada di Puncak Rengganis. credit: Janatan's Doc

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Pemandangan dari sekitaran Puncak Rengganis di pagi hari. credit: Janatan's Doc

Buat teman-teman yang baru mulai mendaki gunung, Gunung Argopuro sangat tepat digunakan untuk berlatih dan menguji manajemen pendakian. Normalnya, dibutuhkan sekitar 4-6 hari untuk mendakinya. Dua kali mendaki Argopuro, dua kali naik via Desa Baderan dan turun via Desa Bremi.

Pendakian Gunung Argopuro akan semakin lengkap ketika bisa bermalam di Danau Taman Hidup. Danau ini sering dihampiri oleh penduduk lokal Bremi sebagai tempat memancing ikan. Kalau teman-teman mendaki ke Gunung Argopuro, bermalam di sekitar danau dan memancing ikan untuk santapan makanan bisa menjadi pilihan, tapi bisa juga membelinya ke penduduk lokal yang sedang memancing di sekitar danau.

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Mendaki ketika kabut. credit: Janatan's Doc

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Danau Taman Hidup, Gunung Argopuro. credit: Janatan's Doc

Yuk kita jaga kelestarian alam Gunung Argopuro buat anak cucu. Ngga buang sampah sembarangan. Sampahnya dibawa turun. Ngga buat api sembarangan juga. Hal  lain yang bisa merusak sisi liar Gunung Argopuro adalah jika diberlakukannya manusia mengendarai sepeda motor di kawasan Gunung Argopuro. Hewan-hewan liar pasti akan pergi mencari kawasan baru untuk makan.

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Adalah seorang penggiat petualangan alam bebas, yang telah mengawali pengalamannya sejak ia tergabung pada organisasi pecinta alam Mahitala Universitas Katolik Parahyangan. Kegigihan dan kecintaannya pada petualangan alam bebas telah mengantarnya, pada usia yang masih muda di tahun 2011, berhasil menyelesaikan pendakian 7 puncak gunung tertinggi di 7 benua bersama dengan 3 orang pendaki Indonesia lainnya yang terhimpun di Mahitala – Unpar.

Prestasi ini mendudukkan dirinya sebagai salah satu pendaki pertama dari Indonesia yang berhasil meraih gelar “7 summiteer”. Selain tetap terus bertualang, ia memiliki ketertarikan untuk mendalami dunia pendidikan, khususnya yang berbasis outdoor activity. Hal ini yang membuat dalam masa aktifnya di Mahitala, ia pernah memperoleh tanggung jawab sebagai Komandan Pendidikan dan Latihan Dasar Mahitala. Ia meyakini bahwa pendidikan dengan media aktivitas di alam bebas adalah salah satu cara terbaik untuk mendidik seorang manusia.

Instagram: @janatanginting

 

Feature Image - Janatan Ginting's Doc


Please login to comment
9 COMMENTS
Kristian Mustafa
April 23, 2019 at 3:09 PM

Pengalaman yang mengasikkan


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 23, 2019 at 9:00 PM

Cikasur dan taman hidup. Alasan kenapa haryus ke argopuro


Amir Mahfudzi
April 24, 2019 at 1:34 PM

Susah cari waktu untuk mendakinya, lama bgt


Dwi Agus Prabowo
April 30, 2019 at 1:00 AM

Pingin jalur Argopuro serapat dulu tidak seperti sekarang seperti jalur trans Papua, memang motor bisa ngerusak struktur jalur pendakian Argopuro, tapi kelompok atau rombongan pendaki dalam jumlah besar juga berperan merusak struktur jalur pendakian ada baiknya untuk di beri batasan jumlah pendakian, demi kelestarian alam Argopuro


Neita
May 2, 2019 at 10:14 AM

Gue belom pernah naik gunung. Buat pendaki pemula kaya gue cocok kali ya jajal Gunung Argopuro dulu?


Alaq Madygar
May 3, 2019 at 1:54 PM

Good experience!!!


Rifa Sanjaya
May 5, 2019 at 12:29 AM

Keren bro.. apalagi pas cisentor ke cikasur atau sebaliknya..


Rhamdani sulaeman
May 6, 2019 at 2:54 PM

masuk list terakhir ini argopuro..


Rhamdani sulaeman
May 6, 2019 at 2:55 PM

coba prau dulu ajah..

Replying to comment above