APR 23, 2019

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan!

Memilih berpetualang dengan kelompok? Tidak masalah bro! Ada baiknya sebelum memulai perjalanan dengan teman-teman lo, simak dulu 5 hal yang mesti lo ketahui saat berpetualang dengan kelompok!


Walau tren petualangan serta traveling tahun 2019 ini menyatakan jika tipe perjalanan solo traveling tengah naik daun, berpetualang dengan rombongan sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Berpetualang bersama rombongan masih menjadi pilihan banyak petualang Indonesia, lho!

Cukup jarang untuk para petualang Indonesia melakukan perjalanan seorang diri. Terlebih, target destinastinya yang cukup terpencil – seperti spot diving di Labuan Bajo, atau bahkan Gunung Kerinci di Jambi, yang notaben-nya mempunyai jalur pendakian ekstrem.

Tentu, mereka akan berpergian ke sana dengan rombongan. Rombongan yang biasanya berangkat akan berisi 5-10 petualang. Banyak sisi positif yang bisa diambil dari berpergian, atau melakukan petualangan dengan rombongan.

Misalnya, lo jadi lebih mengerti apa arti kerja sama, dan lebih paham bagaimana mengambil keputusan dari banyak kepala. Kalau begitu, lo sudah bisa nih berdiskusi atau bermusyawarah sampai menemukan hasil yang mufakat.

Tapi, perlu diingat – tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang tidak mengenakan selama melakukan perjalanan bersama rombongan. Oleh karena itu, di bahasan kali ini – lo akan diajak untuk mengetahui, setidaknya ada 5 tips, atau 5 hal yang mesti lo ketahui sebelum berangkat berpetualang bersama rombongan.

Eits, sudah semakin penasaran? Sabar bro, sekarang – sila siapkan kopi, beberapa kudapan dan teman lainnya, untuk menemani lo membaca bahasan kali ini.

Memilih Ketua Kelompok: Cari yang Bisa Memimpin Perjalanan!

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan!

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan! credit: braveangel.com

Cukup riskan untuk memilih ketua kelompok. Namun, biasanya – orang-orang yang bisa lo pilih jadi ketua kelompok perjalanan atau petualangan lo, bisa berdasarkan dari pengalamannya melanglang buana. Artinya, pilih orang yang akan dijadikan ketua kelompok, yang sudah mempunyai pengalaman banyak soal perjalanan.

Dari pengalaman-pengalaman tersebut, harusnya – ia akan mengetahui kalau berpergian bersama rombongan, tidak hanya menyenangkan segelintir orang, tapi harus semua orang yang ada di kelompok tersebut. Ada kepentingan bersama yang mesti di hargai terkait kebutuhan-kebutuhan tiap anggota.

Oleh karena itu, peranan ketua kelompok tentu berdasarkan tanggung jawab besar. Dan biasanya, tanggung jawab besar tersebut akan bisa dijalani dengan orang yang sudah berpengalaman banyak soal perjalanan.

Mengambil Keputusan dari Hasil Musyawarah Mufakat

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan!

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan! credit: getaway.co.za

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya – bahwa tiap anggota kelompok perjalanan, punya peranan-peranan serta hak-haknya yang perlu dihormati, dihargai dan didengarkan. Oleh karena itu, apapun keputusan yang dikeluarkan dari kelompok perjalanan tersebut, sebaiknya berasal dari musyarawah yang sehat.

Artinya, jika sekalipun ada perdebatan soal keputusan kelompok tersebut – si ketua kelompok bisa menengahi dan mengambil jalan tengah agar mendapatkan hasil yang mufakat. Minimal sebuah keputusan yang bersifat win-win solution.

Pembagian Tugas yang Disepakati Semua Anggota

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan!

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan! credit: visitvictoria.com

Layaknya keputusan yang berdasarkan musyawarah seluruh anggota kelompok petualangan, pembagian tugas juga mesti disepakati oleh semua anggota. Contoh paling sederhana dari hal yang satu ini adalah kelompok pendaki gunung.

Dari satu kelompok pendaki gunung, tentu ada yang kebagian mengurus administrasi, memeriksa perlengkapan pendakiannya, ada yang bertugas membawa tenda, dan perlengkapan yang mempunyai beban lumayan berat – tentu semua itu mesti berdasarkan kesepakatan bersama.

Hal ini tentu akan menghasilkan kerja sama yang baik, bro. Gotong royong saat berpetualang akan mengarahkan lo ke hasil yang terbaik. Yaitu, bisa menyenangkan semua anggota selama perjalanan dan petualangan tersebut.

Diskon Perjalanan? Sikat Bro!

Nah, dari pembagian tugas yang sudah disepakat oleh semua anggota – biasanya ada saja nih diskon-diskon yang bisa memotong biaya perjalanan lo. Nah, anggota kelompok petualang yang kebagian untuk mengurusi administrasi ini lah yang bertugas untuk memanfaatkan segala penawaran diskon tersebut.

Biasanya, diskon untuk rombongan lebih besar dibandingkan dengan mereka-mereka yang suka melakukan solo traveling. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan bermacam-macam diskon tersebut bro!

Buat Acara Hiburan di Sela Petualangan!

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan!

Tips Traveling: 5 Hal yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Pergi Sama Rombongan! credit: mozaic.mataharimall.com

Lalu – buat anggota kelompok petualangan yang kebagian tugas sebagai seksi acara – untuk memperkuat rasa petualangan lo semua, bisa banget diselipkan acara-acara hiburan dalam perjalanan lo, nih. Semisal, bernyanyi bersama dan sejenisnya.

Acara hiburan tersebut, percaya atau tidak – akan memperkuat rasa kebersamaan lo, nih. Nanti dengan sendirinya – masing-masing dari anggota petualangan tersebut mengakui dan merasakan andil tiap petualangan benar-benar terasa.

Jadi bagaimana nih bro? Pilihan untuk solo traveling atau mau berpetualang dalam kelompok sepertinya tidak masalah. Namun, jika lo memilih berpetualang dengan berkelompok – tidak masalah juga, asalkan lo sudah paham lima hal di atas, ya!

 

Source – blog.reservasi.com

Feature Image - grovelandmuseum.com


Please login to comment
11 COMMENTS
Gilang Ramadhan
April 23, 2019 at 7:46 PM

Nice info !!


Muhammad arifudin
April 24, 2019 at 8:08 PM

Bener juga sih


Amir Mahfudzi
April 25, 2019 at 3:54 PM

Harus kompak


M Imron Rosyadi
April 26, 2019 at 7:52 AM

Nice info


frendy santono
April 26, 2019 at 3:27 PM

Maknyoss


Reddy virgiawan
April 27, 2019 at 2:55 AM

Nice perjuangkan terus bro


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 27, 2019 at 9:30 AM

Nice infoo


Agung nugroho
April 28, 2019 at 6:06 AM

Info yg bermanfaat


Juang Pratama
April 28, 2019 at 6:23 AM

nice info


Juang Pratama
April 28, 2019 at 6:23 AM

nice info


Reyhan agustian
April 29, 2019 at 12:25 PM

Kurangin egoo