APR 24, 2019

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Siapa bilang kalau hiking tidak bisa dilakukan di tengah kota-kota besar? Buat petualang, di mana saja adalah spot petualangan mereka! Berikut ulasan mendalam soal Urban Hiking, sila disimak, bro!


Rutinitas yang padat tentu membuat banyak petualang yang mengadu nasibnya di kota, rindu dengan suasana alam bebas. Rasanya, panorama alam asli hanya jadi angan yang belum tentu bisa direalisasikan.

Oleh karena itu, banyak para petualang kota, yang akhirnya mencuri-curi waktu untuk bisa memuaskan hasrat mereka untuk berpetualang. Namun, kendalanya adalah kebutuhan waktu yang panjang, serta stamina dan tenaga yang banyak terkuras.

Alhasil, jika dipaksakan – bukannya malah menyegarkan, banyak petualang yang kecapaian, dan malah tidak fokus dalam kembalinya mereka ke rutinitas. Dengan resiko yang seperti itu, panorama serta keindahan alam yang ada di luar sana, hanya sebatas di depan komputer jinjing saja.

Tapi tenang, untuk mengobati rasa rindu dengan alam bebas, tren petualangan tahun 2019 ini, menghadirkan tipe petualangan baru. Tipe petualangan baru ini cukup diminati oleh banyak petualang kota. Bahkan untuk mereka yang belum pernah ke luar atau pergi ke alam bebas pun, mau mengikuti dan mencoba tren ini.

Urban Hiking adalah tren petualangan 2019 yang dimaksud. Urban Hiking diklaim banyak petualang kota mampu untuk mengobati rasa rindu mereka dengan alam bebas. Bagaimana bisa ya? Eits, kalau lo juga sudah penasaran, tenang – sila siapkan kopi, kudapan dan teman lainnya untuk menemani lo menyimak bahasan kali ini.

Spot Hiking Konvensional yang Ada di Indonesia

Sebelum mengetahui apa itu Urban Hiking, ada baiknya lo mengetahui bahwa sebenarnya Indonesia ini mempunyai spot hiking yang mempunyai keindahan alam luar biasa lengkap. Tidak heran, jika salah satu acuan para petualang, baik petualang dari dalam negeri atau mancanegara – Lonely Planet, menyatakan setidaknya ada 7 spot trekking dan hiking terbaik di Indonesia.

Lembah Baliem

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan. credit: phinemo.com

Adalah salah satu spot trekking dan hiking yang cukup jadi incaran banyak petualang. Menyusuri perbukitan hijau, masuk ke dalam hutan, dan menyebrang beberapa sungai – tentu menjadi kesenangan sendiri para petualang.

Ditambah, nuansa tradisional yang kental oleh keberadaan Suku Dani yang tinggal di sana. Buat sebagian petualang, trekking dan hiking di Lembah Baliem – Papua, adalah hal yang menyenangkan.

Taman Nasional Gunung Leuser

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan. credit: leuserconservation.org

Siapa yang tidak kenal dengan taman nasional yang menjadi salah satu geopark terpenting di dunia. Trekking dan hiking di sini memungkinkan diri lo untuk bertemu dengan berbagai tumbuhan langka serta satwa liar yang endemik.

Kawah Ijen

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan. credit: tripsavvy.com

Fenomena api birunya mampu menarik banyak perhatian para petualang yang berada di dunia ini. Saking tidak mau ketinggalannya, banyak dari mereka yang trekking dan hiking untuk melihat fenomena itu dari dini hari.

Gunung Rinjani

Menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia, gunung yang cukup sakral untuk umat Hindu ini merupakan salah satu spot trekking dan hiking terbaik di Indonesia. Pemandangan serta keindahan alamnya yang lengkap menjadi daya tarik utama di sini.

Gunung Agung

Berada di Bali – tidak melulu harus ke pantai. Gunung Agung di sana merupakan salah satu spot trekking dan hiking terbaik di Indonesia. Namun, sebelum ke sana, pastikan umat Hindu tidak sedang merayakan atau beribadah di pura-pura yang ada di kaki Gunung Agung tersebut.

Pulau Mentawai

Pulau yang terpisah dari pulau besar seperti Sumatera ini dikabarkan mempunyai flora dan fauna yang cukup unik. Fauna yang cukup terkenal dari Pulau Mentawai ini adalah siamang kerdil. Untuk ketemu dengan satwa endemik itu, lo mesti trekking dan hiking di sana.

Gunung Sibayak

Berada di Sumatera Utara – gunung ini adalah salah satu gunung dengan jalur pendakian yang cukup sulit jika diguyur hujan. Treknya yang mudah basah dan menjadi licin ini tentu menjadi tantangan tersendiri buat lo yang ingin trekking dan hiking di sini.

TAPI MOHON MAAF, LO MESTI MELUPAKAN DERETAN SPOT TREKKING DAN HIKING DI ATAS.

 

Selamat Datang di Urban Hiking!

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan. credit: hisour.com

Tidak dilupakan sepenuhnya, bro. Namun, Urban Hiking tidak membutuhkan spot-spot seperti di atas. Mengapa, karena dari definisinya sendiri, Urban Hiking adalah trekking dan hiking di dalam kota. Urban Hiking sederhananya mengadopsi berbagai aktivitas yang dilakukan selama pendakian, terkecuali berkemah.

Berdasarkan CNN Travel Indonesia – menyatakan jika Urban Hiking ini dipopulerkan pertama kali pada tahun 2004 oleh Koeppel. Koeppel, warga Amerika Serikat – tepatnya bermukim di Los Angeles, menceritakan pengalamannya yang tiap akhir pekan mendaki gunung dan kembali lagi berutinitas pada hari biasa adalah hal yang menguras waktu dan tenaga.

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan. credit: runnerbeantours.com

Sadar akan hal tersebut, jadilah ia mengadopsi berbagai aktivitas yang ia lakukan selama pendakian, ia terapkan di spot-spot dekat lingkungannya. Rute andalan Koeppel saat Urban Hiking adalah taman kota, lokasi bersejarah, dan tempat-tempat terpencil yang tidak jauh dari kota ia tinggal.

Sepertinya spot-spot yang biasa dilewati oleh Koeppel saat Urban Hiking juga ada di kota-kota besar di Indonesia. Seperti contohnya kota Jakarta – jika mengadopsi rute Koeppel – lo bisa juga melakukan Urban Hiking dengan rute berbagai taman kota, seperti Taman Suropati, mampir ke Museum Fatahillah di Kota Tua, dan berakhir di beberapa kedai kopi yang ada di pinggiran kota Jakarta.

Urban Hikingbagi para peminatnya dianggap sebagai aktivitas yang lebih menghemat biaya, waktu dan tenaga. Soalnya, Urban Hiking tidak akan mempertemukan lo dengan kesusahan atau kesulitan yang biasa lo temukan di spot-spot alam bebas yang sudah disebutkan di atas sebelumnya.

Urban Hiking ini cenderung mengambil jalan kaki, atau trekking serta hiking (jika lo menaiki-menuruni tangga) dari hiking di alam bebas, dan diterapkan di kota-kota besar atau kota metropolitan. Cukup berbeda bukan dengan kondisi hiking di alam bebas?

Lalu Mengapa Urban Hiking ini Diminati Banyak Petualang?

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan. credit: tripsavvy.com

Jika idealnya berpetualang mesti di alam bebas, maka rasionalnya berpetualang bisa di mana saja, termasuk menyusuri sudut-sudut kota. Asal, seperti Urban Hiking yang benar-benar menerapkan beberapa aktivitas hiking di alam bebas, yaitu berjalan kaki full.

Deretan Jawaban Untuk Menjawab Pertanyaan Sebelumnya!

Jika lo makin penasaran mengapa banyak petualang yang akhirnya meminati Urban Hiking ini – berikut setidaknya – empat alasan mengapa mereka, para petualang, menghendaki Urban Hiking sebagai obat, atau pelipur lara rindu dari pertemuan dengan alam bebas.

  1. Urban Hiking adalah aktivitas ramah lingkungan dan murah. Para petualang, tidak mesti mengeluarkan budget berlebih atau biaya khusus untuk menyokong keinginan mereka untuk trekking dan hiking.
  2. Urban Hiking adalah akitivitas yang mendidik. Hal ini terkait dengan rute-rute para Urban Hikers yang mendapati museum, atau tempat bersejarah lain sebagai salah satu spot eksotis yang bisa mereka datangi.
  3. Urban Hiking adalah tipe petualangan yang mudah untuk dilakukan. Selain itu, memang lo tidak akan menemui kesulitan-kesulitan yang biasa lo temukan jika benar hiking di gunung atau alam bebas. Jika lapar, di Urban Hiking – lo tidak mesti memasak atau menyiapkan makanannya sendiri, karena lo bisa saja melipir ke restoran atau warung makan terdekat dari rute trekking atau hiking lo tersebut.
  4. Urban Hiking adalah aktivitas sosial. Hal ini terkait dengan bertemunya lo dengan banyak orang. Bisa jadi, setelah lo menyelesaikan rute yang sudah lo buat – lo bisa bertemu dengan mereka kembali di restoran atau bar.

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan

Mengulas Istilah Urban Hiking: Definisi, Keuntungan, dan Prospek ke Depan. credit: rotterdampages.com

Kemudahan, adalah sebuah hal yang banyak dicari orang. Tidak terkecuali para petualang. Memang, sedikit keluar dari idealisme mereka, namun – Urban Hiking cukup rasional untuk para petualang yang selalu terbentur dengan masalah rutinitas dan waktu yang padat.

Urban Hiking setidaknya menolong dan mengobati rasa rindu mereka dengan berjalan menyusuri trek. Tentu, perbedaannya ada di spot-spot atau hal-hal yang mereka lihat. Akan tetapi, jika dilihat dari empat alasan di atas, diperkirakan Urban Hiking akan jadi tipe petualangan yang cocok untuk mereka yang terjebak di tengah-tengah kota dengan segala rutinitasnya.

Alam Bebas Tetap Menunggu Lo, Nih!

Walau begitu, petualangan di alam bebas tidak bisa lo lupakan begitu saja, bro. Jika memang ada waktu yang cukup serta budget yang memadai, sila berangkat bro! Setidaknya, ada tujuh spot trekking dan hiking terbaik di Indonesia yang sudah disebutkan di atas, yang menunggu lo untuk ditaklukan.

Wah bagaimana nih bro? Sudah mengerti soal Urban Hiking? Tipe petualangan makin hari makin berkembang seiring kondisi lingkungan yang berubah dan teknologi yang semakin maju, tergantung bagaimana diri lo sendiri menyikapinya. Setuju?

 

Feature Image - teva.com


Please login to comment
15 COMMENTS
Amir Mahfudzi
April 24, 2019 at 1:38 PM

Nice info broo


Agung nugroho
April 25, 2019 at 9:52 AM

Info yg bermanfaat


Frida Fatah
April 25, 2019 at 5:34 PM

Bisa dicoba nih, nice info bro


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 25, 2019 at 10:18 PM

Oh gtu ya. Thx infonya


Moch. Baydzofi Al Habib
April 26, 2019 at 1:01 PM

Whew out of the box juga, bisa bisa


Perdana Lilo Adriansyah
April 26, 2019 at 1:02 PM

Nice info


Reyhan agustian
April 26, 2019 at 2:04 PM

Test nyok


frendy santono
April 26, 2019 at 2:13 PM

Kawah ijen manteb thu...


M Zumarul Aula
April 27, 2019 at 5:32 AM

bisa jadi solusi ni


Muhammad arifudin
April 27, 2019 at 8:51 PM

Bagus tu kawah ijen


Fajar Satritama
April 28, 2019 at 7:52 AM

Solusi yang keren


Neita
May 2, 2019 at 10:34 AM

Wah ini traveling gue banget ni bro


Johan Eko Prayogo
May 13, 2019 at 2:23 AM

sabi nih dicoba


fauji alamsyah
May 23, 2019 at 9:29 AM

info yang bagus nih,perlu di coba


dephy
May 23, 2019 at 12:41 PM

Jalan-jalan diakhir pekan