APR 25, 2019

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung

Menyiapkan peralatan pendakian secara matang adalah hal yang wajib lo lakukan sebelum berangkat ke gunung. Apa sajakah peralatan kecil yang tak boleh pendaki gunung? Cek jawabannya di bawah ya bro!


Mendekatkan diri ke alam dengan mendaki gunung bisa menjadi aktivitas seru untuk dilakukan pada masa liburan. Sebelum berangkat, lo perlu menyiapkan peralatan penting agar proses pendakian terhindar dari berbagai risiko buruk dan berlangsung aman, Dengan begitu, momen pendakian lo dapat berjalan lancar dan menyenangkan.

Apa sajakah peralatan kecil yang tak boleh dilupakan pendaki? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Pisau Lipat

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung. Photo Credit: tribunnews.com

Pisau lipat merupakan salah satu barang yang wajib dibawa pendaki bila hendak mendaki gunung dengan jalur pendakian yang jelas. Pasalnya, barang ini akan membantu perjalanan lo hingga tiba ke puncak. Selain pisau lipat, lo tidak dianjurkan membawa parang atau benda tajam lainnya ke gunung.

Wisatawan bisa menggunakan pisau lipat untuk berbagai keperluan, misalnya seperti menggali tanah ketika buang air besar. Dengan demikian, lo tentu tidak memasukkan sekop ke dalam barang bawaan. Pendaki juga dapat menggunakan pisau lipat untuk berlindung dari serangan hewan buas serta pengganti gunting.

2. Kantong Serbaguna atau Plastik

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung. Photo Credit: tokopedia.com

Pendaki dapat memanfaatkan kantong serbaguna sebagai tempat menaruh sampah sendiri. Dengan demikian, lo dapat menjaga kelestarian dan keindahan area gunung secara maksimal. Mantap sekali, bukan?

Sebelum berangkat mendaki, lo dianjurkan menyiapkan kantong yang terbuat dari bahan kedap air. Kantong tersebut nantinya juga bisa lo pakai untuk mengemas pakaian sebelum akhirnya diletakkan ke dalam keril. Oke, bro?

3. Peta Jalur Pendakian

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung. Photo Credit: theblueroom.com

Lo tidak boleh lupa memasukkan peta jalur pendakian ke dalam barang bawaan ketika hendak berangkat. Pasalnya, benda tersebut bakal menunjang kenyamanan pendaki selama berada di gunung. Lo bakal membutuhkan peta untuk mengetahui posisi diri serta jarak estimasi pendaki ke puncak.

Dengan membawa peta jalur pendakian, lo dapat meminimalisir risiko tersasar di tengah-tengah perjalanan. Jadi, pendaki baiknya sudah membawa peta yang disediakan di basecamp atau mengunduhnya melalui ponsel. Mengerti, bro?

4. Trekking Pole atau Tongkat

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung. Photo Credit: drakonoutdoors.com

Banyak orang beranggapan bahwa fungsi tongkat ini hanyalah membuat proses pendakian berjalan lebih mudah. Nyatanya, trekking pole juga memiliki sejumlah manfaat lain. Lo bisa menggunakan tongkat ini sebagai penguat tenda agar tidak terbang ketika badai datang.

Selain itu, trekking pole juga dapat dimanfaatkan pendaki sebagai kaki perpanjangan ketika menuruni gunung. Saat menggunakan trekking pole, lo sebaiknya memakai knee support atau deker kaki. Dengan begitu, pendaki bisa mengurangi risiko keseleo selama perjalanan.

5. Flysheet

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung

6 Peralatan Kecil yang Tak Boleh Dilupakan Pendaki Gunung. Photo Credit: jualhammockmurah.blogspot.com

Sebagian besar pendaki seringkali memandang remeh kegunaan flysheet usai mereka menyiapkan tenda. Faktanya, peralatan ini penting untuk dibawa pendaki selama berkelana di gunung. Mengapa begitu?

Pendaki bisa menggunakan flysheet untuk melapisi tenda bila badai datang. Selain itu, lo juga dapat memakai barang ini sebagai penahan angin. Dengan begitu, suhu di dalam tenda takkan terlalu dingin. Flysheet juga dapat dipakai pendaki untuk mendirikan tenda memasak secara lebih ringkas.

6. Tali Kecil

Peralatan mendaki lainnya yang perlu disiapkan sebelum berangkat adalah tali kecil. Lo bisa mengandalkan alat ini untuk menguatkan pemasangan tenda dan flysheet agar tidak terbang saat badai menerjang. Mantap sekali ‘kan, bro?

Pendaki juga bisa memanfaatkan tali kecil untuk menggantungkan sampah di keril. Dengan begitu, lo dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Bermanfaat sekali, bukan?

Demikian 6 peralatan kecil yang wajib lo bawa bila hendak mendaki gunung. Semoga bermanfaat buat lo yang berencana menjelajahi gunung dalam waktu dekat. Jaga kesehatan fisik dan tetap berhati-hati ya bro!

Source: detik.com

Feature Image - gizmodo.com.au


Please login to comment
6 COMMENTS
Juang Pratama
April 26, 2019 at 6:17 AM

nice info


M Imron Rosyadi
April 26, 2019 at 7:45 AM

Kecil yg riskan ya ini


Reyhan agustian
April 26, 2019 at 2:06 PM

Nice se naise


Amir Mahfudzi
April 27, 2019 at 8:56 AM

Belum punya alatnya semua


Rhamdani sulaeman
May 6, 2019 at 2:34 PM

nyari decker kaki yang enak sulit -_-


Wafiroel N
June 13, 2019 at 10:27 AM

patut dicatat