APR 29, 2019

Lubang Besar Sukabumi: Merupakan Fenomena Alam Mistis atau Bukan?

Fenomena alam memang sering dikatikan dengan mistis, namun apakah yang baru-baru terjadi di Sukabumi merupakan sebuah mistis atau bukan? Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Baru-baru terjadi sebuah fenomena alam yang cukup membuat banyak orang kaget, karena memang kejadian alam ini terbilang jarang terjadi di Indonesia. Tepatnya tanggal 28 April 2019 di Sukabumi terdapat sebuah lubang besar dengan kedalaman sekitar 12 meter. Bukan hanya satu kali, namun hal ini ternyata sudah pernah terjadi pada tanggal 6 September 2018 silam di tempat yang sama.

Tepat terletak di Kampung Legoknyenang, RT 5 RW 2, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Banyak yang mengatakan pula kalau lubang misterius ini sering dikaitkan dengan hal-hal misteri. Dilansir dari news.detik.com, “Sekitar jam 04.00 WIB, terdengar ada suara gemuruh lalu dentuman. Saya sudah tebak pasti ada lubang lagi, saya mikir awalnya yang kemarin membesar, ternyata ada lubang baru”, kata Cece Sudirman (50) warga setempat.

Dari pengakuan warga tersebut, bisa dilihat kalau fenomena alam ini memang sangat membuat warga sekitar pun sedikit kebingungan, efek yang ditimbulkan ketika gemuruh, sebagian listrik warga langsung mati. Memilki diameter kurang lebih 16 meter dengan kedalaman 12 meter, bahkan kondisinya sudah mengancam gang jalan desa.

Pertanyaan yang sering muncul di benak seorang manusia, tentunya bagaimana hal ini bisa terjadi? Apakah benar ada hubungannya dengan hal-hal misteri? Karena bukan merupakan sebuah rahasia lagi, ketika sesuatu terjadi kepada alam baik yang merugikan atau tidak, seringkali hal-hal mistis pun akan mengekor di belakangnya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di dalam artikel ini akan membahas mengenai fenomena alam nan unik tersebut. Menimbulkan sebuah kebingunan memang meruapakan hal yang biasa, namun jangan sampai menyebarkan hal yang tidak benar yaa. Langsung saja simak beberapa informasi di bawah ini yaa bro!

Mengenal Istilah “Sinkhole

Lubang Besar Sukabumi: Merupakan Fenomena Alam Mistis atau Bukan?

Lubang Besar Sukabumi: Merupakan Fenomena Alam Mistis atau Bukan?  Credit: time.com

Fenomena alam yang terjadi di Sukabunmi baru-baru itu bukanlah sebuah kejadian yang tanpa sebab, bukan sesuatu yang tiba-tiba datang. Karena memang fenomena yang bisa membuat sebuah lubang dengan kedalaman 12 meter itu biasa juga disebut sinkhole.

Sinkhole sendiri merupakan pergerakan di bawah tanah yang mampu membuat sebuah dikarenakan sistem pengaliran atau pembuangan air yang kurang baik. Mudahnya, ketika sedang terjadi hujan yang besar, semua air dari hujan tersebut tinggal di dalam tanah sehingga bisa menciptakan sebuah kolam di bawah tanah.

Perlu diketahui kalau di dalam tanah itu sendiri terdapat beberapa partikel yang mampu menopang tanah agar selalu rata. Partikel-partikel tersebut bisa berupa batuan kars, gypsum, batuan gamping  serta batuan lainnya. Dengan adanya air yang tertibun di dalam tanah teryata bisa menyebabkan bebatuan tersebut terkikis bahkan bisa sampai habis atau hilang.

Proses pengikikisan tersebutlah yang bisa membuat sebuah lubang besar, karena memang sudah tidak ada lagi partikel yang bisa menahan atau menopang tanah di permukaan. Sehingga untuk menghindarinya memang diperlukannya sistem pengaliran air hujan yang baik agar airnya pun tidak tertimbun di satu titik.

Tipe-Tipe  ”Sinkhole”

Lubang Besar Sukabumi: Merupakan Fenomena Alam Mistis atau Bukan?

Lubang Besar Sukabumi: Merupakan Fenomena Alam Mistis atau Bukan?  Credit: newsweek.com

Setelah sudah mengetahui apa itu sinkhole, ternyata fenomena alam ini memiliki beberapa jenis yang perlu untuk lo ketahui loh. Ooo iyaa, jangan salah fenomena ini pernah kok terjadi di beberapa titik di dunia ini. Bahkan pernah juga terjadi di Jepang, Mesir, Rusia, Venezuela, Oman serta beberapa negara lainnya. Oo iyaa, pernah juga terjadi di Surabaya pada tahun 2018 silam.

Sinkhole sendiri memiliki tiga jenis yaitu Solution Sinkholes, Cover Collapse Sinkhole dan Cover Subsidence Sinkhole. Ketiga jenis tersebut ternyata memiliki perbedaan yang bisa lo lihat dari efek serta berapa lama fenomena ini bisa terjadi.

Ambil contoh saja untuk Sollution Sinkholes, sinkhole satu ini pun biasanya terjadi pada tanah yang memiliki permukaan tipis. Dan biasanya terjadi dengan kurun waktu yang cepat serta tidak memiliki lubang dengan kedalaman yang ekstrem.

Cover Collapse Sinkhole sendiri merupakan sinkhole yang terjadi ketika bebatuan yang menjadi partikel di dalam tanah sudah terimbun dengan tanah bumi. Ketika bebatuan tersebut mengalami erosi, patahan pun mulai membuat bebatuan tersebut terpisah. Ketika hal ini terjadi, maka permukaan pun juga iktu terpisah yang pada akhirnya bisa membuat sebuah lubang yang cukup besar. Sinkhole jenis ini pun biasanya terjadi hanya dengan hitungan menit loh.

Cover Subsidence Sinkhole sendiri terjadi karena sebuah proses yang cukup lama sehingga terjadilah lubang. Prosesnya pun hampir sama dengan jenis-jenis lainnya, yaitu karena hujan ataupun timbunan tanah yang mampu membuat batuan terkikis atau erusi. Namun memang waktunya sedikit lama, uniknya hanya menyebabkan lubang di atas permukaan tanah, tidak di bawahnya.

Tanda-Tanda Terjadinya “Sinkhole”

Lubang Besar Sukabumi: Merupakan Fenomena Alam Mistis atau Bukan?

Lubang Besar Sukabumi: Merupakan Fenomena Alam Mistis atau Bukan? Credit: wxyz.com

Dari beberapa kasus sinkhole di dunia, ternyata fenomena alam ini tidak terjadi semena-mena dengan waktu yang sebentar, bahkan ada yang terjadi perlahan-lahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Namun memang, ketika perenggangan terjadi biasanya permukaan tanah pun akan mudah untuk berlubang.

Tanda-tandanya pun bisa terlihat, bahkan lo akan cukup mudah untuk melihatnya. Seperti terlihatnya patahan pada pondasi rumah atau gedung, lalu patahan para permukaan tanah, terlihat depresi para permukaan tanah, pohon atau pagar yang tiba-tiba berjatuhan, pintu atau jendela yang sudah untuk dibuka dan yang terakhir tentunya terlihat sebuah lubang di permukaan.

**

Jadi bagaimana bro dengan inforamasi seputar fenomena alam yang terjadi di Sukabumi yang biasa disebut sinkhole? Semoga bisa menjadi hal yang akan membuka pengetahuan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestarian alam yaa, sebab lo tidak akan tahu kejadian alam apa yang akan terjadi di depannya kelak. Have a nice day!

 

Featured Image: masaginews.com

 

 


Please login to comment
11 COMMENTS
Amir Mahfudzi
April 29, 2019 at 3:49 PM

Ngeri juga ya


Moch Ikbal Almanda
April 29, 2019 at 9:28 PM

Save earth min!


Kristian Mustafa
April 30, 2019 at 1:36 PM

Faktor Alam


Fajar Satritama
April 30, 2019 at 10:26 PM

Tadinya kirain Goku


Reyhan agustian
May 1, 2019 at 12:50 PM

Lubang dan pergeseran tanah di sukabumi


iwansunardi
May 3, 2019 at 10:28 AM

ngeri sekali


Muhammad arifudin
May 6, 2019 at 9:26 AM

Kecemplung auto panik


Djedjep. Sungkono
May 11, 2019 at 3:53 PM

Fenomena yg sebenarnya cukup unik.. sinkhole


Johan Eko Prayogo
May 14, 2019 at 10:16 AM

SEREM JUGA EUH


dephy
May 22, 2019 at 9:20 PM

fenomena alam indonesia


Isrinatul Malikhah
June 9, 2019 at 10:07 AM

Ngeri juga