APR 29, 2019

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak!

Pontianak merupakan sebuah kota di kawasan Kalimantan Barat yang memiliki beragam keindahan. Penasaran? Lihat saja beberapa informasinya di bawah ini!


Berbicara mengeni wisata yang ada di Kota Pontianak, lo akan mendapatkan sebuah pengalaman berarti di dalam hidup lo. Selain terletak persis di bawah Garis Khatulistiwa, kota ini juga memiliki beragam pilihan spot-spot wisata yang patut untuk lo datangi. Mulai dari gedung-gedung bersejarah hingga kebudayaan masyarakat kota tersebut yang memang sangat unik serta beragam.

Berada di kawasan kota ini berarti lo akan menyaksikan dua sungai besar yang indah, yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Bahkan kedua sungai tersebut tergambar dalam logo kota. Kedua sungai besar itu memang mengalir di tengah-tengah kota nan indah ini. Memang suhu di kota ini pun sangat panas, namun keindahannya akan membuat hati lo adem nih bro.

Daripada lo semakin penasaran mengenai pilihan-pilihan spot wisata yang ada di Kota Pontianak, langsung saja simak beberapa informasi di bawah ini agar lo bisa memilih sendiri kira-kira spot yang ingin lo kunjungi pertama kali ketika berada di kota tersebut yang mana. Selamat membaca!

Spot Wisata di Kota Pontianak – Tugu Khatulistiwa

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak!

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak! Credit: anekatempatwisata.com

Ibu kota Provinsi Kalimantan Barat ini memang sangat terkenal dengan Garis Khatuliswa, hingga terdapat sebuah tugu yang memang dibangun untuk mengingat posisi kota ini. Bahkan tugu ini pun menjadi kebanggaan warga kota ini.

Tugu ini pun berada sekitar 3 km dari pusat kota, Tugu utama terdiri dari empat pilar kayu belian, dua pilar bagian belakang lebih tinggi dari pilar bagian depan. Selain itu, ada tulisan Evenaar di antara dua pilar belakang.

Bukan hanya sekedar tugu, cuman terdapat pula museum yang berisikan informasi seputar Gari Khatulistiwa atau biasa juga disebut garis imajinasi bumi. Di kawasan tugu ini juga terdapat toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan tugu ini,

Lo tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke kawasan tugu ini alias gratis. Ooo iyaa, waktu yang paling tepat untuk datang ke lokasi tugu ini ialah pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September karena pada kurun waktu tersebut terjadi fenomena alam yang menarik.

Fenomena alam tersebut ialah posisi matahari yang berada tepat di atas Garis Khatulistiwa sehingga semua benda yang berada di atas garis ini tidak akan memiliki bayangan. Dan hal tersebut pun menjadi daya tari utama dari Tugu Khatulistiwa.

Spot Wisata di Kota Pontianak – Keraton Kadriah

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak!

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak! Credit: destinasipariwisata.com

Mau melihat kebudayaan yang melekat di masyarakat Kota Pontianak? Ini merupakan tempat yang tepat untuk lo kunjungi. Karena lo akan melihat bagaimana kehidupan atau peradaban kota ini dari zaman dahulu.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadire yang merupakan sultan pertama Kesultanan Pontianak ini memang merupakan daya tarik pariwisata yang ada di kota ini. Tepat terletak di Jalan Tritura, Pontianak, bangunan ini pun didominasi oleh warna kuning dan terbuat dari kayu belian. Kayu belian sendiri memang terkenal di Kalimantan sebagai kayu besi karena kekuatannya.

Tepat di halaman dari istana ini, lo akan melihat meriam kuno peningalan Jepang dan Portugis. Sedangkan di dalam bangunan, lo juga bisa menemukan Singgasan Sultan dan Permaisuri, lengkap dengan foto-foto, pakaian sultan dan berbagai koleksi milik sultan. Salah satu koleksi yang unik ialah sebuah Al Quran yang ditulis tangn sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqqadrie. Sehingga kalau lo sedang berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mengunjungi Keraton Kadriah yaa.

Spot Wisata di Kota Pontianak – Rumah Betang Radakng

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak!

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak! Credit: rizkyjayarentcar.com

Berikutnya spot wisata yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di Kota Pontianak ialah Rumah Betang Radakng. Rumah ini merupakan replica rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat yang sengaja dibangun oleh pemerintah kota di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak.

Uniknya lagi rumah adat ini ternyata memecahkan rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Karena panjang dari rumah ini bisa mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter. Ciri-ciri dari ruma ini berbentuk rumah panggung panjang.

Alasan mengapa rumah ini sangat panjang, karena di dalam kebudayaan Suku Dayak, semakin banyak anggota keluarga maka semakin panjang rumah, karena para Suku Dayak memilih hidup bersama semua anggota keluarganya di dalam satu rumah.

Rumah Betang sendiri juga terdiri dari tiga bagian, yaitu teras atau pante, ruang selasar yang biasa digunakan untuk berkumpul seluruh anggota keluarga dan ruang tidur atau bilik yang merupakan ruang pribadi setiap kepala keluarga.

Rumah yang berbahan kayu ulin dan dihiasi dengan ukiran dan lukisan khas Dayak. Rumah ini juga sering dijadikan tempat latihan menari dan pertunjukan seni lainnya. Tak heran apabila lo ingin melilhat keindahan dari kebudayaan di Kota Pontianak, jangan lupa untuk mengunjungi rumah ini yaa.

Spot Wisata di Kota Pontianak – Pantai Pasir Panjang

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak!

4 Spot Wisata yang Patut Untuk Lo Kunjungi Ketika Berkunjung ke Kota Pontianak! Credit: tanahnusantara.com

Keindahan alam bisa juga lo nikmati ketika berada di kawasan Kota Pontianak, tepatnya berada di Kecamatan Tujuhbelas. Pemandangan khas pantai bisa lo temukan, belum lagi dengan hamparan pasir putih, air yang jernih kebiruan hingga deretan pohon di sekitarnya.

Selain itu juga ada beberapa aktivitas yang bisa lo lakukan apabila berada di kawasan pantai ini, mulai dari duduk-duduk santai hingga bermain voli, berenang, memancing hingga berselancar. Fasilitas di pantai ini pun tergolong lengkap. Namun untuk masuk ke dalam kawasan pantai ini, lo akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000,- per orang.

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar spot-spot wisata yang ada di Kota Pontianak? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestariannya. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan yang ada di Indonesia yaa!

Source: anekatempatwisata.com

 

Featured Image: /twitter.com/

 


Please login to comment
10 COMMENTS
Rifa Sanjaya
April 29, 2019 at 7:31 PM

keren bgt fenomena tanpa bayangannya


SITI ANISAH, SPD
April 29, 2019 at 9:13 PM

tetap menarik kalo


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
April 29, 2019 at 9:57 PM

Kota khatulistiwa


Reyhan agustian
April 30, 2019 at 7:22 AM

Tuh kan ngiler


Ari Hendra Laksono
April 30, 2019 at 8:50 AM

sama jakarta lebih panas mana min?


Ranggi Apriando
April 30, 2019 at 10:50 AM

wihhh kerennn


Amir Mahfudzi
April 30, 2019 at 12:19 PM

Bisa jadi referensi nihh


Fikih Adzani
April 30, 2019 at 9:58 PM

serem jon hhaaa


Reyhan agustian
May 1, 2019 at 12:48 PM

Juara deh


Muhammad arifudin
May 2, 2019 at 12:02 PM

Pantainya gak kalah keren