Tertarik Pergi ke Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran? Simak 6 Tips di Bawah Ini Bro!

Bagaimana cara terbaik menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kandang secara maksimal? Silakan cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Tertarik Pergi ke Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran? Simak 6 Tips di Bawah Ini Bro!

Air Terjun Kedung Kandang diketahui menjadi salah satu objek wisata menarik yang bisa dijumpai di daerah Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya diketahui tidak terlalu jauh dari gunung api purba. Bagaimana cara menikmati keindahan air terjun ini secara maksimal? Berikut adalah 6 tips berlibur ke AIr Terjun Kedung Kandang. Silakan dicek ya bro!

1. Menyiapkan Kondisi Fisik Sebaik Mungkin

Ada beberapa hal yang mesti lo persiapkan sebelum berangkat ke Air Terjun Kedung Kandang, salah satunya adalah kondisi fisik yang prima. Dengan kondisi tubuh yang bugar, wisatawan bakal siap menempuh perjalanan dari area parkir hingga tiba ke titik air terjun dengan berjalan kaki. Jadi, jaga kesehatan fisik lo sebaik mungkin jelang hari keberangkatan ya bro!

Perjalanan menuju titik air terjun biasanya menghabiskan waktu kurang lebih 15-30 menit. Semua ditentukan oleh kecepatan wisatawan ketika berjalan kaki. Saat berjalan ke titik air terjun, wisatawan nantinya melewati jalan setapak yang menurun. Dengan demikian, lo harus sadar bahwa perjalanan kembali harus dilalui dengan berjalan melintasi jalan menanjak yang cukup melelahkan.

2. Memilih Waktu Kunjungan di Pagi Hari

Pemilihan waktu juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kenyamanan lo selama liburan. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kandang adalah pagi hari. Pasalnya, lo tidak akan merasa terlalu lelah saat berjalan menuju air terjun lantaran posisi matahari belum tinggi.

Jika berkunjung pada waktu siang hari, wisatawan bakal mudah merasa lelah akibat kepanasan di sepanjang perjalanan. Tenaga lo pun akan terkuras sebelum tiba di lokasi air terjun. Hal ini tentu akan membuat pengalaman liburan lo menjadi kurang berkesan. Setuju ‘kan, bro?

Oleh sebab itu, hindari waktu kunjungan di siang hari agar perjalanan lo tidak terasa melelahkan. Panasnya matahari siang juga akan membuat perjalanan kembali terasa berat, terutama saat melalui jalan menanjak. Di samping itu, cuaca daerah Air Terjun Kedung Kandang juga biasanya terlihat cerah di waktu pagi hari.

3. Berkunjung pada Musim Hujan

Air Terjun Kedung Kandang pas dikunjungi wisatawan dari Bulan Desember hingga April. Hal tersebut tak lepas dari karakteristik air terjun ini yang bersifat musiman. Dengan kata lain, aliran air terjun ini hanya bisa dinikmati wisatawan kala musim hujan datang. Oke, bro?

Wisatawan sebaiknya menghindari waktu kunjungan pada musim kemarau, yakni dari akhir Mei hingga pertengahan Oktober. Kala itu, deras aliran Air Terjun Kedung Kandang akan berkurang hingga kemudian mengering. Jadi, tentukan hari keberangkatan dengan mengecek bulan dan musim terlebih dahulu ya bro!

4. Memakai Pakaian Khusus untuk Kegiatan Outdoor

Wisatawan juga perlu memerhatikan pakaian yang dikenakan saat berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang. Pilihlah pakaian yang bisa memudahkan lo saat melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki menuju titik air terjun. Tujuannya tidak lain agar kenyamanan lo tidak terganggu di sepanjang perjalanan.

Pakailah alas kaki yang cocok untuk kegiatan di luar ruangan, contohnya seperti sandal gunung yang disertai sol bergerigi. Dengan memakai sandal tipe ini, lo bisa meminimalisir risiko tergelincir ketika menempuh jalan setapak yang terkadang licin. Oke, bro?

Mengenai baju, wisatawan disarankan mengenakan kaus yang mudah menyerap keringat. Bahan kaus ini cocok digunakan wisatawan kala melalui jalan setapak yang sering membuat badan berkeringat. Dengan mengenakan pakaian ini, lo tentu bisa mengeringkan keringat dengan cepat dan mudah.

5. Datang saat Cuaca sedang Cerah

Setelah hujan turun, aliran air terjun akan menjadi lebih deras dari biasanya. Meski demikian, lo tetap perlu ingat bahwa jalan yang terdiri atas tanah dan batu tidak cocok dilewati ketika hujan. Pasalnya, wisatawan bisa saja mengalami hal buruk akibat kondisi jalan yang becek dan licin.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan payung atau jas hujan agar lo siap menghadapi cuaca buruk. Bila hujan turun, dua barang tersebut akan lo butuhkan lantaran tempat berteduh di sekitar sana masih terbilang minim. Jadi, persiapkan pakaian atau peralatan sematang mungkin agar siap menghadapi cuaca buruk jika muncul sewaktu-waktu di tengah perjalanan. Oke, bro?

6. Tidak Membuang Sampah di Sekitar Air Terjun dan Jalan Setapak

Setiap pengunjung tentu bertanggung jawab dalam menjaga keindahan Air Terjun Kedung Kandang. Salah satu langkah sederhana untuk menjaga kebersihan wilayah air terjun ini adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar sana. Pasalnya, keelokan tempat wisata ini akan luntur saat satu sampah ditemukan menyangkut di aliran air terjun.

Selain titik air terjun, jalan setapak juga menjadi area yang harus bersih dari sampah. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang terletak di tengah persawahan warga. Dengan demikian, menjaga kebersihan di sepanjang jalan setapak adalah bentuk sikap hormat wisatawan terhadap warga yang tinggal sekitar Air Terjun Kedung Kandang.

Demikian 6 tips traveling ke Air Terjun Kandang Ngelanggeran. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang berencana ke sana dalam waktu dekat. Persiapkan barang bawaan sematang mungkin dan tetap berhati-hati di sepanjang perjalanan ya bro!

Source: kompas.com

Feature Image - pegipegi.com

Wilderness Beginner gunung kidul solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Amir Mahfudzi
Bisa jadi referensi, sangat bermanfaat
Kristian Mustafa
Keren Air Terjunnya.
Nadif Ahmad Hasan
Keren air terjunnya
Rizky AM
AIR TERJUNNYA SUPER SEKALI
Agung nugroho
Mantul air terjunya
Masni
Jaga kebersihan bro
Muhammad arifudin
Keren air terjunnya