MAY 2, 2019

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia!

Siap berpetualang ke Mandalika sembari nonton MotoGP? Eits, sabar dulu bro sampai 2021. Tapi bukan berarti lo tidak perlu tahu soal Sirkuit Mandalika, kan? Berikut 7 fakta terkaitnya!


Mandalika – sebelum saat ini, kawasan Mandalika adalah spot petualangan favorit karena kondisi alamnya yang masih sepi. Perpaduan antara perbukitan hijau dengan pantai lepas yang berpasir putih luas menghampar serta air lautnya yang biru jernih, siapa yang tidak ingin ke sini?

Tetapi sekarang ini Mandalika tengah menjadi pusat perhatian para petualang. Tidak hanya petualang dari dalam negeri saja, tetapi juga dari seluruh dunia. Pasalnya, kawasan Mandalika akhirnya berizin untuk mempunyai sirkuit kelas dunia untuk gelaran MotoGP.

Bagaimana bisa nih kawasan seperti Mandalika akan punya sirkuit untuk gelaran MotoGP dan bagaimana event sekelas MotoGP bisa akan hadir di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Barat tersebut? Apa yang terjadi sebelum pembangunan masif di Mandalika?

Bro, perlu lo ketahui, promotor dari MotoGP belum lama mendatangi Presiden RI yang kemudian berakhir dengan sebuah pernyataan bahwasanya MotoGP akan juga digelar di Indonesia dan dimulai pada tahun 2021 mendatang.

Tentu, buat lo para petualang yang juga suka dengan kompetisi internasional balap motor besar ini mesti bersabar karena gelaran tersebut akan dimulai ditahun 2021. Dan mengapa Mandalika? Usut punya usut, sesederhana Mandalika adalah kawasan petualangan, pariwisata yang potensinya besar.

Jika dibangun venue atau sirkuit untuk gelaran MotoGP yang kelasnya sudah internasional, mendunia – tentu akan banyak membawa dampak positif untuk Mandalika, dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Dengan adanya gelaran tersebut, tentu Mandalika akan jadi pusat perhatian dunia!

Nah, bicara soal Mandalika di Nusa Tenggara Barat serta gelaran MotoGP tersebut – lo mesti mengetahui nih setidaknya ada tujuh fakta yang terkait hal itu semua. Eits, penasaran apa saja? Sila seduh kopi dulu, siapkan kudapan dan teman lainnya, lalu sila simak bahasan kali ini, bro!

MotoGP Pertama di Indonesia: Tahun 1997

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia!

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia! credit: merahputih.com

Percaya atau tidak kalau Indonesia sudah pernah menggelar balap motor sekelas internasional itu pada tahun 1997, lho. Kala itu, sirkuit yang digunakan masih Sirkuit Sentul. Kala itu juga, kelas kapasitas motor-motornya juga masih 500cc.

Terkait hal tersebut juga, pada saat itu, juara dunia Sembilan kali Valentino Rossi tampil sebagai pemenang di kelas 125cc, Max Biaggi menang di kelas 250cc dan kelas tertinggi dimenangkan oleh Tadayuki Okada asal Jepang.

Eits, kalau lo mengetahui beberapa nama pembalap MotoGP yang disebutkan di atas, berarti lo sudah cukup berumur nih! Haha!

MotoGP Indonesia: Jadi Balapan Pertama di Jalan Raya!

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia!

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia! credit: ligaolahraga.com

Sirkuit Mandalika didesain dengan sedemikian rupa, bro. Selain memerhatikan standar internasional MotoGP, ternyata Sirkuit Mandalika juga mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti balap Formula 1 yang kerap digelar di Monako dan Singapura.

Jadi, kalau tengah tidak ada gelaran tersebut, sirukit tersebut sebagian akan digunakan sebagai jalan raya. Namun, jika tengah ada gelaran dan ada balapan, sirkuit tersebut berubah lagi menjadi arena balap yang luar biasa menantang.

Desain Sirkuit Mandalika

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia!

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia! credit: motorplus-online.com

Selain bisa beralih fungsi secara kondisional, desain Sirkuit Mandalika tergolong spesial dan cukup menantang bagi para pembalap. Memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan serta satu lintasan lurus, pembalap mesti memperhitungkan segalanya kembali nih untuk kemungkinan mereka memenangkan balapan tersebut.

Kemudian, untuk sarana penunjang, Sirkuit Mandalika dilengkapi dengan 40 garasi di area paddock yang akan digunakan untuk operasional tim-tim pembalap. Kemudian, untuk para penonton, setidaknya disediakan kursi sampai 93.200 buah! Tenang bro akan masih kebagian!

Pembangunan Mulai Tahun 2019 Ini

Begitu ditentukan, pembangunannya langsung dimulai. Hal tersebut terkait dengan tenggang waktu yang ada karena dijadwalkan, Sirkuit Mandalika akan langsung digunakan pada gelaran MotoGP di series dan tahun 2021. Jadi setidaknya pada tahun 2020, sirkuit tersebut sudah hampir selesai.

Nilai Pembangunan Mencapai Triliunan Rupiah

Pembangunan sirkuit MotoGP tersebut diperkirakan akan memakan biaya kurang lebih Rp 3 triliun. Namun, modal sebesar itu menjadi salah satu investasi terbaik Indonesia karena nanti akan banyak sekali petualang dari mancanegara, terlebih yang mau nonton MotoGP untuk datang ke Indonesia.

Artinya, devisa negara akan naik dan modal sebesar tersebut akan kembali lagi.

Selain MotoGP, WSBK Juga akan di Mandalika!

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia!

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia! credit: jawapos.com

Ternyata tidak hanya MotoGP saja lho yang akan diselenggarakan di Mandalika, tetapi juga WSBK. World Superbike adalah salah satu kompetisi bergengsi yang tarafnya sudah internasional.

Apakah Rossi Masih Bisa Berlaga?

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia!

Berpetualang ke Mandalika? Berikut 7 Fakta Terkait MotoGP Indonesia! credit: sports.okezone.com

Salah satu bintang ternama MotoGP, si Legenda Hidup Valentino Rossi, baru saja kemarin merayakan ulang tahunnya yang ke 40. Jika sudah di usia tersebut, besar kemungkinannya si The Doctor ini akan pension dari MotoGP. Wah, apakah ia akan sempat merasakan Sirkuit Mandalika?

Wah bagaimana nih bro? Tentu Mandalika akan masuk ke dalam daftar petualangan lo kan? Khususnya di tahun 2021 nanti bro!

 

Source – sport.detik.com

Feature Image - bola.kompas.com


Please login to comment
8 COMMENTS
Byan
May 2, 2019 at 2:58 PM

kereen beud


Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
May 2, 2019 at 10:14 PM

Lomboook. Bakal rame nih


Rifa Sanjaya
May 3, 2019 at 6:07 AM

Ngga sabar nunggu rilis perdana MotoGP di Mandalika


Amir Mahfudzi
May 3, 2019 at 6:49 AM

Semoga rossi belum pensiun di thn 2021


Nadif Ahmad Hasan
May 3, 2019 at 8:27 AM

Super banget


Nadif Ahmad Hasan
May 4, 2019 at 12:01 PM

Masya Allah


Rizky AM
May 4, 2019 at 5:07 PM

INDONESIA BISA BRO


dephy
May 22, 2019 at 9:19 PM

Sang Tuan Rumah