5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo

Area Gunung Bromo diketahui masih menjadi tempat favorit pendaki untuk menikmati panorama matahari terbenam. Hal-hal apa saja yang perlu dicermati para pendaki agar sukses berburu sunrise di Gunung Bromo? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo

Salah satu kegiatan favorit pendaki di sekitar Gunung Bromo adalah berburu pemandangan matahari terbit. Agar tidak melewatkan momen sakral dan indah ini, banyak pendaki memutuskan bangun pagi buta sehingga dapat tiba di spot yang dituju secara tepat waktu. Dengan begitu, keeelokan panorama sunrise dapat dinikmati secara maksimal.

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan pendaki agar sukses berburu sunrise di Gunung Bromo? Berikut adalah 5 tips menikmati panorama matahari terbit yang patut dicoba pendaki Bromo. Silakan dibaca ya bro!

1. Mengetahui Titik Terbaik untuk Mengamati Sunrise

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo. Photo Credit: .intrepidtravel.com

Penanjakan 1 diketahui menjadi salah satu spot favorit para pendaki Bromo untuk mengamati matahari terbit. Lo bisa menemukan tempat ini di kawasan Kabupaten Pasuruan, tepatnya pada ketinggian 2.770 mdpl. Begitu tiba di sana, pendaki dapat melihat keanggunan Gunung Bromo secara jelas.

Selain Bromo, gunung lainnya yang bisa lo saksikan dari Penanjakan 1 adalah Semeru. Meski begitu, lo mungkin tidak bisa melihatnya secara jelas lantaran letaknya cukup jauh. Menikmati keindahan gunung-gunung ini tentu akan menyegarkan kembali pikiran lo yang dilanda stres.

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati sunrise dari Penanjakan 1 saja. Lo juga bisa mengunjungi tempat-tempat lain yang menghadirkan pemandangan tak kalah indah seperti Bukit Kingkong dan Bukit Cinta. Usai puas melihat momen matahari terbit, wisatawan dapat melakukan aktivitas seru lain seperti mengambil foto berlatarbelakang Gunung Bromo yang memukau.

2. Bersiap Bangun Lebih Pagi dari Biasanya

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo. Photo Credit: shutterstock

Jika ingin menikmati pemandangan sunrise secara puas, lo disarankan sampai di Penanjakan 1 minimal pukul 03.30 atau 04.00 WIB. Hal ini patut diperhatikan setiap pelancong, terutama buat lo yang mengatur rencana pendakian di akhir pekan. Alasannya tidak lain karena jumlah pengunjung meningkat drastis pada hari sabtu dan minggu.

Oleh sebab itu, cobalah atur jadwal keberangkatan dari tempat penginapan secara matang. Wisatawan yang bermalam di kawasan Tosari biasanya menempuh perjalanan ke Penanjakan 1 selama 45 menit. Dengan demikian, lo sebaiknya berangkat pada pukul 02.30 atau 03.00 WIB.

Penentuan jam keberangkatan juga perlu diperhatikan wisatawan yang menginap di Malang. Mengingat Malang berjarak cukup jauh dari Penanjakan 1, lo disarankan memulai perjalanan sekitar pukul 00.00. Dengan begitu, lo dapat menikmati keindahan matahari terbit secara puas.

3. Menyiapkan Uang di dalam Dompet

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo. Photo Credit: usatoday.com

Wisatawan bakal merasa kesulitan jika berniat mencari ATM di sekitar wilayah Bromo. Oleh sebab itu, lo dianjurkan menyiapkan uang di dalam dompet sebelum berangkat. Hal ini ditujukan agar lo dapat mudah melakukan pembayaran untuk tiket masuk, minuman hangat, snack, dan lain-lain. Jika merasa lapar atau haus di tengah perjalanan, lo bisa mencari jajanan yang dijajakan warung di sekitar Penanjakan 1.

4. Memilih Jadwal Keberangkatan yang Tepat

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo. Photo Credit: adventureinyou.com

Musim kemarau diketahui menjadi waktu yang pas buat lo untuk melihat keindahan sunrise Bromo, yakni sekitar bulan Juli hingga September. Kala itu, cuaca biasanya terlihat lebih cerah sehingga lo dapat bebas memandang sunrise tanpa takut terhalang kabut.  Mantap betul bukan, bro?

Keindahan matahari terbit juga tak bisa lo nikmati secara maksimal bila kabut dan hujan turun. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyewa homestay dan jeep jauh sebelum hari keberangkatan. Kehadiran jeep akan lo butuhkan untuk menempuh perjalanan menuju view point sunrise Bromo. Pasalnya, mobil pribadi tidak bisa sembarangan melintasi daerah ini.

5. Menggunakan Pakaian yang Cocok

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo

5 Tips Jitu Menikmati Panorama Matahari Terbit di Gunung Bromo. Photo Credit: globalcastaway.com

Setiap pendaki perlu mengenakan pakaian yang pas dengan keadaan suhu Gunung Bromo. Bawalah sejumlah pakaian hangat karena suhu di sana cukup dingin. Lo bisa memakai jaket tebal, kaus kaki, sarung tangan, dan kupluk. Jangan lupa juga untuk mengenakan sepatu trekking agar perjalanan lo tetap berlangsung aman.

Demikian 5 tips menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang berencana pergi ke Bromo serta tertarik menikmati sunrise di sana. Selamat mencoba 5 tips di atas ya bro!

Source: detik.com

Feature Image -  rove.me

Wilderness Beginner hiking

17 COMMENTS

SHARE
Ilham Ridhwan Kharisma Yudha
Bromoooo. Sunrisenya epic
Rifa Sanjaya
Bagus buat wallpaper
Amir Mahfudzi
Nice info, next trip gass kesini
Agung nugroho
Jadi pengen kesini lgi
Nadif Ahmad Hasan
Ingin muncak
Kristian Mustafa
Cara beda menikmati Panorama Matahari
SITI ANISAH, SPD
Udah kebayang dinginnya udara disana
iwansunardi
nice info
dimas priyanggono
Jadi pengen ke bromo
Muhammad arifudin
Tujuan idaman