MAY 5, 2019

Danau Sano Nggoang: 4 Hal Menarik yang Bisa Lo Temukan Jika ke Sana!

Tidak hanya Pulau Komodo dan Pulau Padar saja yang eksotis di Flores. Konon ada danau purba yang berlokasi di Flores, Manggarai Barat yang keindahan alamnya luar biasa. Sudah pernah dengar soal Danau Sano Nggoang? Kalau belum, sila simak bahasan kali ini ya!


Pamor Labuan Bajo memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Spot petualangan yang berada di pesisir Flores tersebut adalah salah satu deret pantai indah yang ada di Indonesia. Tapi, selain di pesisir, potongan Surga yang ada di Flores tidak hanya Labuan Bajo, melainkan juga Danau Sano Nggoang.

Namanya cukup asing di pengetahuan para petualang. Cukup wajar, spot petualangan yang satu ini memang belum jadi destinasi utama mereka jika datang ke Flores. Tentu, mereka akan lari ke Labuan Bajo, Pulau Komodo, atau mungkin Pulau Padar.

Tapi, jika sudah mengetahui keindahan alam yang ada di Danau Sano Nggoang, mungkin mereka tidak jadi ke spot-spot mainstream tersebut. Jangan disepelekan, bro. Danau yang berada di tengah-tengah alam ala pegunungan Flores ini keindahan alamnya luar biasa.

Keindahan alam yang luar biasa ini masih terjaga alami dan asri. Tidak banyak campur tangan manusia di spot petualangan yang satu ini. Wajar, mungkin karena belum banyak yang mengetahui dan datang ke Danau Sano Nggoang ini.

Wah lo makin penasaran ya bagaimana keindahan alam yang ada di Danau Sano Nggoang ini? Tenang, sila seduh kopi dulu, siapkan kudapan yang cocok beserta teman lainnya dan sila simak bahasan kali ini yang akan mengulas empat hal menarik yang bisa lo temukan jika datang ke sana!

Danau Sano Nggoang: Danau Purba dengan Dalam 600 Meter

Danau Sano Nggoang: 4 Hal Menarik yang Bisa Lo Temukan Jika ke Sana!

Danau Sano Nggoang: 4 Hal Menarik yang Bisa Lo Temukan Jika ke Sana! credit: plasainformasi.com

Hanya berjarak 35 kilometer dari Labuan Bajo, Danau Sano Nggoang adalah salah satu danau purba yang ada di Indonesia. Danau ini terbilang asri dan masih alami. Fakta dan hal mengejutkannya, danau ini ternyata menjadi salah satu danau terdalam di dunia!

Predikat tersebut tentu berdasarkan angka sebagai data valid. Percaya atau tidak Danau Sano Nggoang mempunyai kedalaman mencapai 600 meter. Oleh karena itu, buat lo yang datang ke sana nanti, cukup mesti waspada dan berhati-hati jika tengah berperahu ke tengah danau tersebut.

Danau Sano Nggoang adalah salah satu danau yang menjadi warisan geologi di Pulau Flores. Hal ini berdasarkan dari proses terjadi dan awal mula danau ini muncul. Danau Sano Nggoang terbentuk dari aktivitas vulkanik yang terjadi jutaan tahun yang lalu.

Di salah satu sisi danau purba yang cantik ini, terdapat sumber mata air panas yang bisa dinikmati oleh masyakarat sekitar. Biasanya, mereka yang berada di Desa Wae Sano, memanfaatkan sumber air panas tersebut untuk berbagai tujuan.

Danau Sano Nggoang: Berdampingan Dengan Danau Victoria!

Danau Sano Nggoang: 4 Hal Menarik yang Bisa Lo Temukan Jika ke Sana!

Danau Sano Nggoang: 4 Hal Menarik yang Bisa Lo Temukan Jika ke Sana! credit: sportourism.id

Predikat salah satu danau terdalam di dunia membaut Danau Sano Nggoang turut berdampingan dengan Danau Victoria di Afrika dan Danau Baikal di Rusia. Dua danau yang disandingkan dengan Danau Sano Nggoang adalah deretan danau terdalam di dunia.

Luas kawasan Danau Sano Nggoang mencapai 5.500 hektar. Hal ini merupakan fakta menarik untuk para petualang dan peneliti yang doyan eksplorasi. Dengan luas seperti itu, tidak heran jika banyak petualang dan peneliti yang bolak-balik kawasan danau tersebut.

Bolak-baliknya para peneliti dan petualang tidak hanya berdasarkan dari keindahan alam yang ada di Danau Sano Nggoang saja. Ada hal yang lebih besar – lebih tepatnya banyak misteri yang belum terpecahkan yang ada di dalam Danau Sano Nggoang.

Danau Sano Nggoang: Eksplorasi Dengan Menunggang Kuda

Tidak seperti koboi-koboi yang ada di Texas, Amerika, sih – tapi menunggang kuda di kawasan Danau Sano Nggoang adalah salah satu hal yang menarik dan patut lo coba jika datang ke sana. Lanskap danau yang cukup luas akan membuat lo membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berpetualang di sana.

Oleh karena itu, menunggang kuda menjadi salah satu alternatif mempersingkat atau mengefektifkan waktu petualangan lo karena akan jadi lebih cepat.

Danau Sano Nggoang: Best Spot for Sunset!

Danau Sano Nggoang: 4 Hal Menarik yang Bisa Lo Temukan Jika ke Sana!

Danau Sano Nggoang: 4 Hal Menarik yang Bisa Lo Temukan Jika ke Sana! credit: florescharm.com

Selain pesisir pantai di Labuan Bajo, Pulau Padar dan beberapa spot eksotis lainnya di Flores, Danau Sano Nggoang adalah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan dan menikmati momen matahari terbenam.

Bayangkan jika lo sudah sampai di danau tersebut. Sudah mendirikan tenda, menyeduh kopi favorit, ditemani kudapan dan teman lainnya sembari menikmati momen matahari terbenam atau sunset – merupakan salah satu impian semua petualang!

Sepertinya perjalanan lo ke Danau Sano Nggoang tidak akan sia-sia dan sepertinya juga akan menagih nih bro. Ya lagipula, lokasinya yang dikelilingi oleh beragai spot petualangan eksotis, membuat lo akan mempunyai banyak pilihan untuk mendatangi yang mana dulu.

Wah, sudah ada yang siap-siap untuk berangkat ke Flores, nih? Bro, Flores tidak melulu soal Labuan Bajo, Pulau Komodo dan Pulau Padar – tetapi juga ada Danau Sano Nggoang yang siap untuk menemani waktu petualangan lo yang berharga itu!

 

Source – pegipegi.com

Feature Image - labuanbajotour.com


Please login to comment
11 COMMENTS
Ranggi Apriando
May 5, 2019 at 10:58 AM

nice info....


Fajar Satritama
May 5, 2019 at 11:56 AM

Nice info bro


Rizky AM
May 5, 2019 at 8:19 PM

DANAUNYA UNCCHH BRO


Rico Marselino
May 5, 2019 at 11:31 PM

Di dekat danau ini juga ada air terjun yg bagus, namanya cunca rami


Nadif Ahmad Hasan
May 6, 2019 at 7:49 AM

Nice info


Rifa Sanjaya
May 6, 2019 at 8:43 AM

Luar biasa kedalamannya..


Alaq Madygar
May 6, 2019 at 8:45 AM

Bangga Menjadi Bagian dari Tanah Ibu Pertiwi INDONESIA, yang kaya akan Sumber Daya Alam ..


SITI ANISAH, SPD
May 6, 2019 at 9:09 AM

Alternatif destinasi kalo ke NTT nih


Djedjep. Sungkono
May 6, 2019 at 9:32 AM

Luar biasa deh pokoknya


Amir Mahfudzi
May 6, 2019 at 10:19 AM

Ngeri juga kalo sampe terjebur di tengah danau


Rico Marselino
May 6, 2019 at 10:52 AM

Flores indah